Penumpang usai menaiki MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Rabu (22/6/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggratiskan tarif moda transportasi MRT, Transjakarta dan LRT pada 22 Juni 2022 dalam rangka memeriahkan HUT ke-495 DKI Jakarta. Republika/ | Republika/Putra M. Akbar

Jakarta

Jalur Pedestrian Bawah Tanah Pertama Diresmikan

Jalur pedestrian bawah tanah pertama di Jakarta ini menunjukkan proses transformasi Ibu Kota.

JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meresmikan pembangunan jalan interkoneksi bawah tanah Thamrin Nine UOB-Stasiun Dukuh Atas BNI, Kamis (7/7). Anies mengatakan, pembangunan jalur pedestrian pertama di Jakarta itu makin menunjukkan transformasi Ibu Kota sebagai kota metropolitan yang beralih dari kendaraan pribadi ke moda transportasi publik.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin menunjukkan kepada semua, bahkan dunia, bahwa Jakarta dapat beralih menjadi kota yang lebih nyaman, produktif, dan berkelanjutan melalui pembangunan berorientasi transit," kata Anies saat ditemui di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (7/7).

Dia menjelaskan, dengan adanya terowongan pejalan kaki bawah tanah pertama di Jakarta dan Indonesia, bakal menjadi permulaan dari terwujudnya jaringan interkoneksi bawah tanah di rute MRT Jakarta. Tidak hanya memudahkan pola pergerakan manusia, kata dia, terowongan ini juga mengaktifkan ruang bawah tanah sebagai tempat produktif baru di Jakarta.

photo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ketiga kiri) bersama Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar (kiri), Komisaris Utama PT MRT Jakarta Muhammad Syaugi (kedua kiri), Presiden Komisaris Thamrin Nine Complex Indra Djati Sidi (kedua kanan), Direktur Utama PT Wisma Kartika Alvin Gozali (ketiga kanan), dan Global Markets Director UOB Indonesia Sonny Samuel (kanan) secara simbolis menekan tombol saat Pencanangan Pembangunan Lorong Interkoneksi Thamrin Nine-UOB dengan Stasiun Dukuh Atas MRT Jakarta di Jakarta, Kamis (7/7/2022). - (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

"Dengan pembangunan berorientasi transit, Jakarta bertransformasi dengan memprioritaskan pejalan kaki, pesepeda, transportasi publik, dan pengguna kendaraan rendah emisi," kata Anies.

Tak hanya itu, dia menjelaskan, integrasi yang mencakup antarmoda dan transportasi publik juga menjadi kunci dalam inovasi pembangunan. Nantinya, ada akses pejalan kaki sepanjang 80 meter dengan lebar lima meter yang dilengkapi fasilitas penunjang, seperti retail, storage room, eskalator, dan elevator.

Terowongan itu dibangun berdasarkan prinsip pengembangan kawasan berorientasi transit (TOD) yang universal, termasuk ramah terhadap penyandang disabilitas.

Rencana pembangunan jalur pedestrian itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang diteken Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud dan Direktur Utama (Dirut) PT Wisma Kartika Alvin Gozali, yang disaksikan Dirut PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar. Anies pun mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam mewujudkan proyek tersebut.

photo
Penumpang saat menaiki MRT di Jakarta, Rabu (22/6/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggratiskan tarif moda transportasi MRT, Transjakarta dan LRT pada 22 Juni 2022 dalam rangka memeriahkan HUT ke-495 DKI Jakarta. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia-Jakarta, Doti Windajani, menjelaskan, Jakarta layak disebut sebagai pelopor kawasan berorientasi transit karena kebutuhan wilayah dalam mengantisipasi kemacetan. Dia menyebutkan, komitmen Jakarta ditunjukkan melalui perbaikan infrastruktur transportasi, adaptasi perubahan iklim melalui penerapan low emission zone, serta pengaturan dan perbaikan tata ruang dan tata bangunan melalui urban regeneration dengan integrasi hunian, tempat kerja dan ruang sosial.

"Integrasi yang sudah baik bisa ditingkatkan, terutama detail area menuju ke Gedung UOB. Hadirnya terowongan juga merupakan hal yang baik, semoga nantinya lebih seamless ke arah Jalan Blora," kata Doti.

Pengamat tata kota Universitas Trisaksi, Yayat Supriatna, menilai, interkoneksi bawah tanah di jalur MRT Jakarta merupakan ide yang sangat menarik. Pasalnya, gagasan integrasi dengan pusat perbelanjaan atau perkantoran bisa memberikan nilai tambah pada pemanfaatan fungsi bangunan dan ridership penumpang MRT Jakarta.

"Pengalaman ini sudah dijalankan dengan (mal) Blok M, berupa integrasi Stasiun Blok M BCA dengan pusat perbelanjaan. Nilai tambah yang didapat adalah jumlah pengunjung meningkat, tenant mendapatkan keuntungan karena pendapatan usaha meningkat," kata Yayat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Anies Rasyid Baswedan (aniesbaswedan)

Terkoneksi gedung

Dirut PT MRT Jakarta William Sabandar menyatakan, sejumlah gedung bertingkat di sepanjang jalur MRT sangat berpotensi terkoneksi secara langsung dengan stasiun. Dia mencontohkan, Wisma Nusantara dan Hotel Pullman dapat tersambung dengan Stasiun Bundaran HI.

Contoh lainnya terkait Wisma Intiland terkoneksi dengan Stasiun Bendungan Hilir. "Lalu Menara Mandiri dengan Stasiun Istora Mandiri, dan yang sedang dibangun dan diresmikan bulan depan, yaitu Poins Square dan Stasiun Lebak Bulus," kata William

Menurut dia, pembangunan jalur pedestrian bawah juga menahbiskan Jakarta sedang menuju kota yang ramah transportasi publik. William meyakini, selain MRT, keuntungan juga bisa didapatkan oleh mereka yang ikut memanfaatkan layanan infrastruktur baru itu.

"Jaringan interkoneksi ini akan berdampak dua hal, yaitu kenaikan angka keberangkatan MRT Jakarta dan keberlanjutan pelaku ekonomi di sekitar stasiun MRT Jakarta, terutama peluang bertumbuh," ucap William. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Jabeur Melewati Batas

Sebagai atlet Muslim, Jabeur mengaku ada beberapa hal yang menghambatnya.

SELENGKAPNYA

Jamaah Siap Wukuf

Ada 182 jamaah risiko tinggi yang akan disafariwukufkan di Arafah.

SELENGKAPNYA

Ihram Kain Persaudaraan

Selama tiga hari itu, ihram akan menjadi kita yang sejati tanpa parfum dan seragam.

SELENGKAPNYA