Cristiano Ronaldo | EPA-EFE/ANDREW YATES

Olahraga

Bola Liar Rumor Kepindahan Ronaldo

Tekanan justru datang dari pelatih anyar Man United, Erik ten Hag.

MANCHESTER -- Kabar keinginan Cristiano Ronaldo untuk hengkang dari Manchester United (MU) menjadi salah satu rumor terpanas, setidaknya sejak jendela transfer musim panas 2022 resmi dibuka pada pertengahan bulan lalu.

Ambisi pengoleksi lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) itu untuk tetap merumput di Liga Champions menjadi alasan kemunculan rumor tersebut. Kendati masih mampu menjaga standar performa dengan torehan 24 gol dari 38 penampilan dalam semua ajang, Ronaldo harus rela melihat MU finis di posisi keenam Liga Primer Inggris musim lalu dan absen di Liga Champions musim depan.

Ronaldo pun berpotensi absen di kancah Liga Champions, turnamen yang selalu diikutinya sejak musim 2003/2004. Tidak mau kehilangan kesempatan itu, terutama pada periode akhir kariernya, peringkat ketiga top skorer Liga Primer Inggris musim ini tersebut meminta manajemen MU untuk menerima setiap pinangan yang datang terhadap dirinya.

Indikasi keinginan Ronaldo untuk hengkang dari Man United kian kuat karena ia belum bergabung bersama skuad Iblis Merah pada sesi latihan pembuka pramusim. Urusan keluarga disebut-sebut menjadi alasan absennya Ronaldo.

Di sisi lain, MU juga belum bisa memastikan apakah mantan bintang Real Madrid dan Juventus itu akan ambil bagian dalam tur pramusim yang mulai digelar di Thailand dan Australia pada sepanjang pekan depan. Permintaan Ronaldo untuk meninggalkan Stadion Old Trafford ini memang terasa mengejutkan bagi Iblis Merah.

Sebab, Ronaldo baru satu musim melakoni kesempatan kedua membela Man United dan masih memiliki sisa kontrak selama satu tahun, lengkap dengan opsi perpanjangan satu tahun. Manajemen MU merespons rumor dengan keengganan untuk melepas bintang timnas Portugal tersebut.

Namun, tekanan justru datang dari pelatih anyar Man United, Erik ten Hag. Pelatih asal Belanda itu kabarnya berharap manajemen MU untuk bisa segera mengambil keputusan soal kelanjutan kiprah Ronaldo.

"Ten Hag meminta manajemen klub untuk segera menemukan solusi atas situasi Ronaldo ini sesegera mungkin. Dengan begitu, Ten Hag benar-benar bisa menyusun rencana untuk skuad United pada musim 2022/2023, dengan atau tanpa kehadiran Ronaldo. Jika dia (Ronaldo) ingin hengkang, biarkan dia pergi," tulis laporan the Sun, seperti dilansir Marca, Kamis (7/7).

Dalam upaya penguatan skuad via kehadiran pemain anyar di jendela transfer, Man United memang begitu tertatih-tatih. MU belum juga mendatangkan pemain bintang.

Manajemen MU sepertinya masih kesulitan untuk bisa merekrut para pemain yang menjadi incaran Ten Hag. Kondisi ini tentu berpotensi mengganggu persiapan Ten Hag dalam melakoni debutnya menukangi MU pada musim depan.

photo
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo merayakan kemenangan setelah mencetak gol saat bertanding melawan Tottenham Hotspur di Manchester, Inggris, 12 Maret 2022. - (EPA-EFE/ANDREW YATES )

Terlepas dari kondisi tersebut, rumor kepindahan Ronaldo dari Man United terus menjadi bola liar. Sejumlah klub digadang-gadang siap menampung peraih lima titel Liga Champions dengan dua klub berbeda tersebut.

Chelsea, Bayern Muenchen, Paris Saint Germain (PSG), hingga Napoli masuk dalam pusaran rumor kepergian Ronaldo. Kendati begitu, satu per satu mulai menunjukkan sinyal keengganan merekrut Ronaldo dengan berbagai alasan masing-masing.

Namun, bola liar kabar kepindahan Ronaldo itu tidak serta-merta berhenti. Bola liar itu terus bergulir hingga menyasar klub-klub raksasa asal Spanyol. Agen Ronaldo, Jorge Mendes, disebut-sebut telah menawarkan kliennya itu kepada Presiden Barcelona, Joan Laporta.

Rasanya sulit membayangkan Ronaldo, yang mengukir kesuksesan bersama Real Madrid dan telah memecahkan berbagai rekor individu bersama Los Blancos, akan mengenakan seragam Barcelona, yang merupakan rival utama Real Madrid.

 

Berbagai klub tersebut memenuhi kriteria dasar untuk bisa mendatangkan Ronaldo, yaitu tampil di Liga Champions musim depan. Namun, dalam deretan klub tersebut, Chelsea yang memiliki peluang terbesar untuk mendatangkan Ronaldo. Salah satu pemilik the Blues, Todd Boehly, kabarnya terbuka dengan kemungkinan tersebut.

Jurnalis sepak bola asal Portugal, Nuno Luz, menilai Mendes dihadapkan dengan tantangan berat. Ronaldo, kata Nuno Luz, mulai kehabisan opsi soal pilihan klubnya pada musim depan.

''Tak mudah mencari klub yang bisa memberikan ruang bagi Ronaldo. Selain itu, tidak banyak klub yang bisa memenuhi aspek finansial dari perekrutan Ronaldo,'' ujar Luz menjelaskan kepada Radio Marca.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Apri/Fadia, Ginting, dan Rinov/Mentari Tembus Babak 16 Besar

Beberapa wakil Indonesia sudah tersingkir pada babak awal.

SELENGKAPNYA

Tugas Berat Galtier

CEO PSG Nasser Al-Khelaifi, mengaku senang bisa mendatangkan Galtier.

SELENGKAPNYA

PSIS Lebih Diunggulkan Vs Arema FC

PSIS tak akan melewatkan keunggulan sebagai tuan rumah.

SELENGKAPNYA