Warga menunjukan jumlah saldo bantuan prakerja gelombang sembilan usai mengikuti pelatihan prakerja secara daring di Kampung Kertasari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (28/9/2020). | ADENG BUSTOMI/ANTARA FOTO

Kisah Dalam Negeri

Kala Jokowi Alihkan Diskusi di Acara Alumni Kartu Prakerja

Presiden Jokowi menyebut akan terus melanjutkan program Kartu Prakerja hingga beberapa tahun ke depan.

OLEH DESSY SUCIATI SAPUTRI

Presiden Joko Widodo mendadak mengalihkan topik diskusi saat disinggung oleh salah satu peserta Alumni Kartu Prakerja terkait tidak lagi menjadi Presiden setelah 2024. Pada Jumat (17/6), Jokowi menghadiri acara Silaturahmi Alumni Penerima Kartu Prakerja di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat.

Adalah Pudensia, salah satu alumni penerima Kartu Prakerja dari Kabupaten Ende, Flores, NTT yang menyatakan langsung kepada Jokowi, bahwa dirinya berharap program tersebut dapat terus berlanjut meskipun nantinya bukan Jokowi lagi yang menjadi Presidennya. "Usulnya, maunya (kartu) Prakerja jangan sampai di sini, meskipun Bapak nantinya tidak jadi Presiden kita lagi, lanjut terus sampai seumur hidup," kata Pudencia.

Mendengar komentar Pudencia, ribuan penonton dari alumni hingga pejabat yang hadir langsung bersorak ramai. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun langsung menanggapi, "Rame ini...rame-rame...hati-hati. Sudah setop nanti rame lagi, ganti ke sini," ujarnya mengalihkan topik.

Seraya mengiyakan, Pudencia langsung mengalihkan topik dengan berterima kasih atas kunjungan Jokowi ke Kabupaten Ende, Flores, NTT. Tak hanya Pudencia, alumni program Kartu Prakerja lain juga berharap pemerintah memperpanjang program tersebut karena dianggap dapat membantu peningkatan kompetensi masyarakat salah satunya untuk mereka yang ingin berwirausaha.

"Program ini berguna, saya ambil pelatihan kemarin itu untuk penjualan online. Ilmunya bisa saya pakai," tutur Asep Saepudin, alumni Gelombang kedua Kartu Prakerja. Asep kini telah mempraktikkan ilmu yang didapatnya lewat Prakerja dengan membuka toko di salah satu platform belanja daring.

Hal serupa dikatakan Rina dari Jakarta, yang mengharapkan agar program itu diteruskan dengan jumlah peserta yang ditambah. Dia sendiri merasa puas dengan sistem Prakerja yang selama ini ia gunakan.

Ibu rumah tangga itu menyatakan bahwa kelas make-up yang dia ikuti telah mulai dipraktikkan dan berencana untuk mengembangkan ilmu tersebut di masa depan. "Harapannya cuma ya itu tadi setelah jadi alumni mungkin bisa didampingi untuk ke depannya," kata alumni Gelombang kesembilan Kartu Prakerja tersebut.

photo
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-10 di Jakarta, Sabtu (26/9/2020). Pemerintah resmi membuka pendaftaran untuk gelombang ke-10 program Kartu Prakerja yang dapat diakses di laman prakerja.go.id. - (SIGID KURNIAWAN/ANTARA FOTO)

Dilanjutkan

Presiden Jokowi menyebut akan terus melanjutkan program Kartu Prakerja hingga beberapa tahun ke depan. Menurutnya, program ini telah memberikan manfaat riil kepada para peserta yakni berupa peningkatan ketrampilan. 

 “Terus (berlanjut). Ini akan dilanjutkan akan diteruskan, termasuk tahun depan itu anggarannya sudah ada. Tahun depannya lagi, ada lagi. Anggarannya tanya ibu Menteri Keuangan,” kata Jokowi.

Berdasarkan survei BPS disebutkan bahwa 88,9 persen peserta Kartu Prakerja mengaku mendapatkan manfaat berupa ketrampilan yang lebih baik atau ketrampilan baru. Menurutnya, pada tahun berikutnya, pelatihan yang disediakan di program Kartu Prakerja ini juga akan semakin berkembang lagi, termasuk terkait urusan pangan dan juga energi.

photo
Warga mengakses laman website PraKerja di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (14/1/2022). Kementerian Keuangan mengalokasikan anggaran program Kartu Prakerja sebesar Rp11 triliun atau 4,3 persen dari anggaran perlindungan sosial 2022. - ( ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/nz)

Kendati demikian, Jokowi menegaskan, pemerintah akan melakukan evaluasi pelaksanaan program Kartu Prakerja terlebih dahulu. “Yang jelas dalam pengembangan SDM negara kita ini sangat baik, baik untuk upskilling, reskilling sangat baik dan dalam jumlah yang gede banget, 12,8 juta,” kata Jokowi.

Hingga saat ini, sebanyak 115 juta masyarakat telah mendaftar untuk mengikuti program Kartu Prakerja, namun yang terverifikasi sebanyak 84 juta, dan yang diterima sebanyak 12,8 juta.

“Ini angka yang tidak kecil 12,8 juta. Yang produktivitasnya meningkat, skillnya meningkat, pengalaman kerjanya karena pelatihan ini juga meningkat, 12,8 (juta),” kata Jokowi.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Amal Tersembunyi

Bagaimana dengan kita? Adakah amalan tersembunyi yang cukup hanya diri dan Allah yang tahu?

SELENGKAPNYA

Jabal Magnet, Fenomena Alam yang Bikin Penasaraan

Wadi al-Jinn berjarak sekitar 30 kilometer sebelah barat laut dari pusat Kota Madinah.

SELENGKAPNYA

Jokowi Penentu Pemimpin 2024

Jokowi menginginkan kontinuitas program yang tak bergantung pada figur semata.

SELENGKAPNYA