Petugas medis bersiap menyuntikkan vaksin booster pada warga saat pelaksanaan layanan Mobil Keliling Vaksinasi COVID-19 di kawasan Ngarsopuro, Solo, Jawa Tengah, Ahad (15/5/2022). | ANTARAFOTO/Maulana Surya/YU

Nusantara

Sandiaga: Waspadai Sebaran Subvarian Omikron

Vaksinasi hingga booster serta protokol tetap perlu ditingkatkan.

DENPASAR -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta warga mewaspadai persebaran virus korona penyebab Covid-19 sub-varian omikron BA.4 dan BA.5. Karena penyebarannya, lanjut Sandiaga, sudah terdeteksi di wilayah Bali.

"Saya sampaikan, selalu kita harus menjaga momentum kebangkitan ini dengan memastikan kewaspadaan kita sesuai arahan pemerintah bagaimana varian baru ini harus kita sikapi agar pandemi tetap terkendali," kata Sandiaga, Senin (13/6).

Dia optimistis penularan Covid-19 bisa tetap terkendali jika warga disiplin menaati protokol kesehatan dan arahan pemerintah mengenai pencegahan penularan virus korona. Sandiaga menekankan pentingnya pengendalian penularan virus corona untuk mempertahankan pertumbuhan sektor usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang sudah membaik.

"Kita akan genjot di akhir tahun mudah-mudahan wisatawan Nusantara balik 100 persen seperti sebelum pandemi atau pada 2019 dan mudah-mudahan bisa mencapai 50 sampai 70 persen untuk (proporsi) wisatawan mancanegara," kata Sandiaga.

"Harapannya 1,1 juta lapangan kerja tercipta sebagai bagian dari kepulihan ekonomi kita," kata dia menambahkan.

Selama melakukan kunjungan kerja di Denpasar, Sandiaga menghadiri pembukaan Pesta Kesenian Bali dan mengapresiasi upaya untuk menggelar kembali pesta kesenian tersebut setelah dua tahun pandemi.

Subvarian virus korona omikron BA.4 dan BA.5 juga dinyatakan sudah masuk ke wilayah DKI Jakarta sejak 15 Mei 2022. Meski sudah hampir sebulan berselang, belum ditemukan lonjakan kasus dengan subvarian tersebut.

Tenaga Ahli Menteri Kesehatan, Andani Eka Putra, mengatakan, sejauh ini sudah ada empat kasus positif BA.4 dan BA.5 di DKI Jakarta. Kasus pertama adalah positif BA.5 dari sampel pasien yang masuk pada 15 Mei.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, pihaknya sejauh ini telah melakukan berbagai upaya pencegahan tersebut, meskipun bantuan warga dinilainya penting. “Tapi kesadaran warga itu sendiri juga penting,” kata Riza, Senin.

Dia mengatakan, upaya tersebut dilakukan  bekerja sama dengan Kemenkes. Menurut dia, Pemprov DKI sejauh ini juga sudah menyiapkan sarana prasarana tenaga kesehatan sosial. “Saat ini sudah memungkinkan ada kegiatan konser dan sebagainya kami minta panitia penyelenggara tetap jaga prokes,” lanjut dia.

Tak sampai di sana, vaksinasi hingga booster serta protokol tetap dinilainya juga perlu ditingkatkan. Politikus Partai Gerindra itu meminta warga untuk melakukan vaksinasi hingga dosis lengkap, yakni dosis ketiga atau booster.

“Ini sudah selesai libur Lebaran ada peningkatan (kasus Covid-19) untuk itu kami minta sekalipun sudah diperkenankan tidak menggunakan masker di ruang terbuka kami minta seluruh warga Jakarta khususnya agar tetap patuh, taat, disiplin bertanggung jawab," ujar Riza.

Kementerian Kesehatan menyebut jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada Ahad (12/6) bertambah 551 kasus. Dengan provinsi yang menyumbang penambahan kasus tertinggi adalah DKI Jakarta sebanyak 322 kasus.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Rumah di Bawah Rp 2 Miliar Gratis Pajak

Pemprov DKI membebaskan PBB-P2 bagi rumah dengan NJOP kurang dari Rp 2 miliar.

SELENGKAPNYA

Cara Alquran Hadapi Islamofobia

Kini, berabad-abad sesudah zaman Rasul SAW gerakan Islamofobia masih saja gencar.

SELENGKAPNYA

Antisipasi Ancaman Krisis Pangan Global

Diversifikasi ke pangan lokal menjadi salah satu solusi ancaman krisis pangan bagi Indonesia.

SELENGKAPNYA