Perumda Sarana Jaya dirikan Taman Baca di Menara Samawa, Kamis 9/6/2022). | Istimewa/Sarana Jaya

Jakarta

Taman Baca Samawa untuk Anak-Anak Suka Membaca

Taman Baca Samawa anak-anaknya dapat mengurangi kegandrungan terhadap gadget.

 

OLEH ALI MANSUR

Ratusan anak-anak memenuhi selasar rumah susun Menara Samawa yang terletak di Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Rabu (8/6). Mereka tampak bersukacita menyambut kehadiran taman baca yang selama ini dinantikan oleh penduduk rumah susun Menara Samawa.

Saking senangnya, ada beberapa anak yang mayoritas masih berusia di bawah 10 tahun hendak masuk taman bacaan yang masih disegel pita. Interior taman bacaan itu didesain minimalis, sementara buku-buku bacaan untuk anak-anak tertata rapi di rak kaca. Selain itu, terdapat bean bag atau bantal kursi yang membuat nyaman pengunjung taman bacaan tersebut.

Taman Baca Samawa itu didirikan oleh Perumda Pembangunan Sarana Jaya melalui program corporate social responsibility atau CSR. Taman baca tersebut didirikan untuk meningkatkan minat baca dan literasi anak-anak.

Febi, seorang anak yang masih berusia tujuh tahun, tampak gembira saat mendatangi Taman Baca Samawa. Dia mengaku akan mengunjungi taman baca Samawa setiap hari. Febi berjanji bakal rajin membaca agar cita-citanya menjadi dokter tercapai. "(Baca) setiap hari, pengin jadi dokter," kata Febi dengan riang.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Hana. Anak perempuan berusia 10 tahun itu mengaku senang membaca. Sehingga, Taman Baca Samawa tersebut bakal menjadi tempat yang akan sering dikunjungi. Hana berharap, dengan rajin membaca, dirinya bisa menjadi pintar dan dapat membanggakan orang tuanya. "Seneng banget, kan saya suka baca," ujar Hana.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SaranaJaya (perumdasaranajaya)

Sekretaris Perusahan PT Sarana Jaya Yadi Robby berharap taman baca yang diberi nama Taman Baca Samawa itu bisa menjadi tempat belajar dan berinteraksi anak-anak sekaligus meningkatkan budaya baca, terutama anak-anak penghuni Menara Samawa. Hal itu disampaikan Yadi dalam sambutannya, saat meresmikan Taman Baca Samawa dengan tema "Jadi Luar Biasa dengan Membaca".

"Keberadaan Taman Baca Samawa harapannya juga bisa difungsikan untuk mendukung kegiatan belajar dan interaksi adik-adik yang ada di Menara Samawa, baik secara daring maupun luring," ujar Yadi di Menara Samawa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (8/6).

Selain itu, Yadi berharap kehadiran taman baca ini akan menjadi awal hadirnya taman baca yang lainnya. Meski demikian, ia meminta agar penduduk Menara Samawa bisa menjaga dan memelihara taman baca tersebut sehingga taman baca tersebut dapat difungsikan dengan maksimal.

"Ke depan, kami berharap adanya rasa memiliki dari seluruh penduduk Menara Samawa dalam memelihara dan menjaga, terutama untuk kebersihan, memelihara taman baca ini sehingga dapat terus berdaya guna untuk kita semua," ujar Yadi.

Untuk pengelolahan taman baca Samawa ini, kata Yadi, akan dibentuk tim oleh paguyuban rumah susun Samawa. Menurut dia, jumlah anak di rumah susun Menara Samawa cukup banyak, bahkan yang hadir di peresmian taman baca ada sekitar 300 anak hadir. Menurut dia, usia anak di rumah susun Menara Samawa tidak terpaut jauh sehingga kehadiran taman baca sangat tepat.

photo
Perumda Sarana Jaya dirikan Taman Baca di Menara Samawa, Kamis (9/6/2022). - (Istimewa/Sarana Jaya)

"Daripada anak-anak berkumpul tidak ada manfaat, kalau kita buka taman baca dan nanti dikelola oleh ibu-ibu Samawa untuk kepentingan anak-anak mereka, sebelum masuk sekolah atau mereka bisa bercerita di sini," kata Yadi.

Ketua Paguyuban Rumah Susun Menara Samawa Ichsan mengaku senang dengan hadirnya Taman Baca Samawa di lingkungannya. Menurut dia, PT Sarana Jaya sangat membantu dalam memenuhi fasilitas di rumah susun Menara Jaya. Sebelumnya, PT Sarana Jaya juga memberikan bantuan pembangunan hidroponik urban farming dan bantuan sembako pada saat pandemi Covid-19.

"Kami warga Menara Samawa kami memberi mengapresiasi. Artinya, kami sudah tiga kali dibantu oleh teman-teman dari Sarana Jaya," kata Ichsan.

Menurut Ichsan, sebenarnya taman baca ini merupakan salah satu dari program besar Paguyuban Rumah Susun Samawa. Ia berharap, sebagai orang tua, dengan hadirnya taman baca ini dapat menambah literasi dan menumbuhkan serta meningkatkan minat baca, khusus anak-anak yang menjadi generasi penerus bangsa.

"Saya berharap taman baca ini bisa menjadi ikon dari Jakarta Timur, khususnya di Menara Samawa ini," kata Ichsan.

Kehadiran taman baca juga disyukuri oleh orang tua dari anak-anak yang berada di rumah susun Menara Samawa. Diharapkan dengan adanya Taman Baca Samawa anak-anaknya dapat mengurangi kegandrungan terhadap gadget. Dia juga berharap taman baca bisa meningkatkan interaksi sesama anak-anak di rumah susun Samawa.

Kreasi IoT dari Madrasah Aliyah

Siswa madrasah aliyah dari berbagai daerah unjuk kreativitas membangun solusi digital berbasis IoT.

SELENGKAPNYA

Pertanda Kebangkitan Italia

Kemenangan Italia atas Hungaria menjadi momentum penting untuk bangkit.

SELENGKAPNYA

Kemuliaan Mengendalikan Amarah

Ini bukti bahwa amarah karena Allah SWT dibolehkan, asal jangan sampai berlebihan.

SELENGKAPNYA