Sejumlah pemain Persib Bandung menjalani sesi latihan perdana di Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Batununggal, Kota Bandung, Selasa (17/5/2022). Tim Persib Bandung kembali menggelar latihan perdana untuk mengembalikan stamina dan kerja sama tim sebagai | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Olahraga

03 Jun 2022, 08:28 WIB

Nama Turnamen Pramusim Masih Digodok

Turnamen pramusim merupakan tindak lanjut dari drawing yang sudah dibuat.

BANDUNG -- Teka-teki tentang turnamen pramusim sudah mulai terurai. Organizing Committee turnamen pramusim memastikan titel turnamen akan hadir pada Senin (6/5) depan. 

Ketua Organizing Committee turnamen pramusim, Akhmad Hadian Lukita, mengakui ini merupakan tindak lanjut dari drawing yang sudah dibuat.

Sebelumnya, OC telah membagi 18 tim Liga 1 ke dalam empat grup untuk babak penyisihan. "Kemarin sudah drawing dan dalam waktu dekat ada launching, sifatnya lebih pada menginformasikan lebih detail soal apa nama pialanya, di mana tempatnya, siapa tuan rumahnya," kata Akhmad.

Akhmad mengakui jadwal turnamen pun akan sesuai dengan yang sudah dipaparkan, yakni kick off pada 11 Juni dan selesai pada 17 Juli mendatang. "Yang jelas kita sudah tahap mendekati kick off pada 11 Juni dan masih banyak yang belum diketahui oleh publik," ujar Akhmad. 

Format turnamen memang kembali lagi seperti pada saat sebelum pandemi Covid-19. Di mana akan dibagi empat grup selama babak penyisihan dan sistem kandang-tandang dalam babak semifinal hingga final nanti. 

OC turnamen pramusim, Sudjarno, mengakui, OC tengah menyelesaikan perizinan agar turnamen bisa dihadiri oleh penonton. Saat ini, OC mengurus perizinan dan meminta rekomendasi dari Kemenpora, Kemenkes, dan BNPB. "Dari izin besar ini, dioperasionalkan ke tuan rumah di empat kota ini," kata Sudjarno. 

Persib bersiap

Salah satu peserta turnamen ini, Persib Bandung, tengah menjalani pemusatan latihan untuk mengisi pramusim. Persib pun bersiap menghadapi tim asal Singapura, Tanjong Pagar, pada Sabtu (5/6) mendatang. 

Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, mengakui terus mempersiapkan tim untuk melawan Tanjong Pagar. Hal ini karena pelatih Persib, Robert Rene Alberts, masih sakit setibanya di Batam. "Kita lakukan secara bertahap, dua pekan lagi kami punya turnamen pramusim yang mana kita berada di grup yang isinya tim kuat," kata Yaya. 

"Kita buat secara bertahap, mulai dengan TC di Batam ini, apa yang sudah menjadi rencana kita masih berjalan dengan baik," ujar Yaya.

Persib sendiri baru menaklukkan Batam Selection dengan skor 10-0 pada Rabu (1/6) kemarin. Namun, seakan tidak puas, Yaya menyebut tim masih konsisten latihan dua kali sehari. 

"Selama dua pekan ini rencana kita berjalan dengan baik, dari fisik, latihan konsisten, dua kali satu hari, sampai akhirnya kita fokus untuk melawan Tanjong Pagar," kata Yaya. 

Yaya pun terbuka untuk melihat skuad terbaik yang diturunkan nanti. Saat ini, Persib memang masih mencari formula terbaik untuk skuad musim depan. "Kita mencari formula untuk persiapan kita di turnamen pramusim, kita tentu menggunakan pemain di skuad yang kami miliki sekarang," ujar Yaya. 

Yaya pun mengakui stadion yang sudah mulai diisi oleh penonton bisa memberikan kekuatan bagi tim. Setelah sekian lama bermain di stadion kosong, tentu Persib tak sabar untuk bermain lagi di hadapan penonton. 

"Selama persiapan pramusim ini, kali pertama kita dihadiri penonton. Kita sangat membutuhkan ini bagi pemain. Bermain di depan suporter memberikan motivasi bagi tim," kata Yaya. ';

Stephen Curry Bakar Semangat Para Juniornya Jelang Final NBA

Stephen Curry membagikan saran untuk berjuang di kejuaraan NBA pertama mereka.

SELENGKAPNYA

AC Monza Siap Guncang Seri A

Tangan dingin mantan pemilik AC Milan Silvio Berlusconi akan jadi kekuatan utama Monza.

SELENGKAPNYA

Taspen Perluas Akses Pembayaran Dana Pensiun

Erick Thohir menjunjuk IFG untuk mengelola dan memperbaiki tata kelola dana pensiun.

SELENGKAPNYA
×