Para pemain AC Monza | Youtube

Olahraga

03 Jun 2022, 08:13 WIB

AC Monza Siap Guncang Seri A

Tangan dingin mantan pemilik AC Milan Silvio Berlusconi akan jadi kekuatan utama Monza.

MONZA -- Sejarah tercipta untuk tim asal utara Italia, AC Monza, yang berhasil memastikan satu tempat di kompetisi Liga Italia Seri A untuk kampanye 2022/2023. Biancorossi menjadi tim ketiga setelah Cremonese dan Lecce yang menjuarai titel Seri B Italia.

Keberhasilan Monza menyudahi penantian panjang klub asal Lombardia itu mencatatkan sejarah untuk kali pertama mereka promosi ke kompetisi elite Negeri Pasta. Sejarah terukir setelah Monza mengalahkan rival lain, Pisa, lewat laga dramatis dengan skor 4-3 di partai final play-off Seri B, akhir pekan kemarin. Kemenangan itu menjadi awal mula dari ambisi besar Presiden Silvio Berlusconi membawa tim ini ke panggung yang lebih besar.

Berlusconi menilai keberhasilan Monza jelas maerupakan pencapaian yang sangat berarti bagi masyarakat setempat. Pasalnya, semenjak klub berdiri pada tahun 1912 silam, mereka baru mendapatkan promosi.

"Kami pikir kami akan berhasil tahun lalu, tapi kami tak beruntung. Namun, kali ini, kami berjuang hingga akhir musim. Itu tidak mudah, dan akhirnya kami berada di Seri A Italia," kata Berlusconi langsung kepada Sky Sport Italia, dikutip pada Rabu (1/6).

Penggemar Monza tumpah ruah di alun-alun kota, mereka menyambut gembira keberhasilan tim besutan Giovanni Stroppa lolos ke kompetisi Seri A. Tak sedikit tifosi yang menyanyikan lagu untuk Berlusconi, memohon untuk mencapai prestasi yang lebih besar musim depan, dengan membawa klub ke level Eropa.

"Mereka semua sangat senang dengan apa yang telah kami capai. Berada di Seri A, kami harus memenangkan scudetto dan pergi ke Liga Champions. Saya terbiasa menang sepanjang waktu, jadi mari kita lihat," sambung sang eks perdana menteri Italia.

Menariknya, ini menandai kembalinya Berlusconi ke altar sepak bola Liga Italia setelah lima tahun di pengasingan sejak ia mundur dari jabatan presiden AC Milan. Ambisi Berlusconi dengan Monza adalah membawa Biancorossi sukses seperti ketika ia menjadi orang nomor satu bersama I Rossoneri.

"Ini adalah tahun yang luar biasa, Milan juara Seri A Italia dan Monza dipromosikan ke Seri A," kata dia.

Berlusconi merupakan presiden yang dihormati oleh pendukung I Rossoneri. Selama 31 tahun menjabat sebagai orang nomor satu di Stadion San Siro, Berlusconi sukses menikmati 29 gelar, termasuk delapan gelar Liga Italia dan lima Liga Champions.

Bukan tidak mungkin nantinya Berlusconi bakal mempertaruhkan rasa emosionalnya ketika dua klub yang ia cinta bertemu pada gelaran Liga Italia mendatang. Demi memperkokoh skuad-nya, Berlusconi akan mendatangkan beberapa pemain berpengalaman dari kompetisi Liga Italia, seperti Andrea Petagna, Simone Verdi, Daniele Maldini, Mattia Caldara, Matteo Gabbia, serta Lorenzo Colombo.

Berlusconi mengakuisisi AC Monza pada 2018 silam. Ia membawa orang-orang terpercayanya semasa di Milan, seperti Adriano Galliani yang menjadi chairman klub.

Demi mewujudkan ambisinya, Berlusconi kerap membangun skuad mumpuni bagi Biancorossi hingga akhirnya berbuah hasil manis menggenggam tiket Seri A Italia untuk musim 2022/2023. Sejauh ini, prestasi yang cukup membanggakan untuk AC Monza adalah empat kali menjuarai Seri C dan empat kali Coppa Italia Seri C. ';

Skema Pajak Baru Dongkrak Pasar Sedan 

Segmen ini secara historis sangat terfokus di perkotaan dan untuk kalangan terbatas.

SELENGKAPNYA

Saudi Siap Terima Jamaah Haji

Suhu panas di Saudi menjadi tantangan besar pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

SELENGKAPNYA

AS ‘Diberondong’ Penembakan Massal

Kepolisian Tulsa belum mengungkap identitas pelaku penyerangan bersenjata ke Natalie Medical Building.

SELENGKAPNYA
×