Petugas mempersiapkan beras untuk kebutuhan pasar murah Bulog di Banda Aceh, Aceh, Kamis (12/5/2022). | ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Kabar Utama

18 May 2022, 03:50 WIB

Warung Pangan BUMN Sediakan Minyak Goreng Rakyat 

Lutfi berharap program itu dapat memperbanyak ketersediaan minyak goreng curah.

JAKARTA -- Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama holding BUMN pangan, ID Food, membuat program Migor Rakyat untuk menyalurkan minyak goreng curah seharga Rp 14 ribu per liter. Penyediaan minyak goreng murah itu dilakukan melalui Warung Pangan, jaringan outlet ID Food yang sistem penjualannya dipantau melalui aplikasi digital. 

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, program tersebut sudah terdapat di 1.200 titik yang tersebar di Sumatra dan Jawa. Target selanjutnya akan dijalankan di Sulawesi. "Mudah-mudahan pekan depan sudah ada di 5.000 titik dan nanti akan menjadi 10 ribu titik di seluruh Indonesia," kata Lutfi di Jakarta, Selasa (17/5). 

Titik penjualan berada di dekat pasar tradisional atau daerah padat penduduk. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan minyak goreng murah tersebut.

Lutfi berharap program itu dapat memperbanyak ketersediaan minyak goreng curah dan mudah ditemui sehingga berdampak pada stabilitas harga, khususnya minyak curah. Jika stabilitas pasokan dan harga sudah sesuai keinginan pemerintah, langkah relaksasi kebijakan larangan ekspor minyak sawit akan dipertimbangkan. 

"Sekarang yang kita tekankan adalah ketersediaan dan keterjangkauan. Begitu harga stabil, nanti kita berbicara bagaimana relaksasi dari larangan ekspor ini," ujarnya. 

Direktur Komersial ID Food Ardiansyah Chaniago mengatakan, penjualan minyak goreng curah dipantau lewat sistem digital. Pembeli diharuskan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) dan dipindai. Masyarakat hanya bisa membeli maksimal 2 liter per hari. 

"Kita sudah lihat sebenarnya masyarakat tidak pernah lebih mengonsumsi minyak goreng, makanya kita tentukan 2 liter per hari," katanya. 

Menurut dia, karena data pembeli terekam dalam sistem, konsumen tidak akan dapat membeli minyak goreng di warung pangan lain. Itu untuk mencegah adanya panic buying dan penimbunan. 

Ke depan, kata Ardiansyah, data KTP pembeli akan diintegrasikan ke kartu keluarga. Tujuannya untuk mencegah setiap anggota keluarga membeli dengan KTP pada waktu bersamaan.

Harga jual dikunci Rp 14 ribu per liter. ID Food, kata Ardiansyah, dapat memonitor harga tersebut dari sistem. Penjual sudah diberikan margin Rp 1.000 per liter. Sebab, harga jual ID Food hanya Rp 13 ribu per liter.

"Stoknya juga bisa kita pantau. Misalkan stok biasanya 200 liter per hari, tiba-tiba sisa 50 liter, itu bisa kita minta pedagangnya untuk lakukan pemesanan," katanya. 

Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan mengatakan, aplikasi Warung Pangan diciptakan untuk memudahkan pedagang, pengecer, hingga konsumen dalam menjual dan membeli minyak goreng. 

Fitur layanan minyak goreng ini tersedia di mitra Warung Pangan yang dikelola anak usaha holding PT PPI dan PT RNI, produsen, distributor, dan asosiasi pedagang. Mitra tersebut akan menjual minyak goreng yang dikontrol lewat aplikasi sehingga terpantau oleh ID Food. 

“Jadi, melalui aplikasi ini, setiap pengecer minyak goreng curah akan didistribusikan 200 liter per hari dari ID Food. Kemudian, pengecer dapat menjual langsung ke konsumen, maksimal pembelian 2 liter minyak goreng curah untuk setiap konsumen per hari," kata Frans di Jakarta, Selasa (17/5). 

Frans melanjutkan, sistem aplikasi minyak goreng terintegrasi ini juga memiliki kemampuan monitoring ketersediaan stok minyak goreng di tingkat pedagang. Selain penyaluran melalui Warung Pangan, ID Food juga ikut membantu pendistribusian minyak goreng ke pasar bebas. Sejauh ini, pendistribusian sudah mencapai 39,8 juta liter.

Direktur Utama PT PPI Nina Sulistyowati menambahkan, PPI melalui platform Warung Pangan aktif mendistribusikan minyak goreng curah untuk melayani mitra Warung Pangan. "Kami memastikan saluran pendistribusian minyak goreng melalui UMKM-UMKM yang merupakan mitra Warung Pangan di berbagai kota, di mana dengan aplikasi WP ini juga dapat memonitor harga jual yang ditetapkan pemerintah sampai ke pengguna akhir," kata dia. 

Dia mengatakan, PPI juga telah dan akan terus melakukan sosialisasi dengan spanduk-spanduk bertanda khusus di mitra Warung Pangan. “Ini sebagai alat kontrol masyarakat bahwa benar masyarakat memperoleh dengan harga yang ditetapkan pemerintah,” katanya. 

photo
Massa aksi yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) melakukan aksi di depan Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (17/5/2022). Dalam aksinya, massa menuntut kepada pemerintah untuk melarang ekspor minyak goreng dan Crude Palm Oil (CPO) yang berdampak pada anjoloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit. - (Republika/Thoudy Badai)

BUMN lainnya, PT BGR Logistik Indonesia atau BGRLI, turut membantu distribusi minyak goreng. BGRLI memobilisasi 300 ton minyak goreng curah dan 800 ton gula kristal dari Kota Medan, Sumatra Utara, ke Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Komersial dan Operasi BGR Logistik Indonesia, Syailendra, mengatakan, BGRLI selaku agregator logistik dari holding ID Food berkomitmen menjalankan penugasan ini sebaik mungkin. Sebagai anak perusahaan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI yang merupakan anggota holding BUMN pangan, BGRLI menjalankan peran dalam kegiatan handling, mobilisasi, dan pengurusan dokumen dari Medan hingga gudang di Kupang.

"Sebanyak 36 kontainer, kami mobilisasi dari Medan ke Kupang yang selanjutnya akan diproses penyaluran dan penjualan kepada UMKM dan masyarakat di Kupang," ujar Syailendra, Selasa (17/5).

Syailendra mengatakan, pendistribusian minyak goreng dan gula untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng dan gula kristal bagi UMKM dan masyarakat NTT yang berbasis di kepulauan kecil.

Selain itu, distribusi tersebut untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir yang menginstruksikan pendistribusian bahan pangan ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan tol laut. Dalam pendistribusian tersebut, BGRLI bersinergi dengan anggota holding BUMN pangan lain dan Kementerian Perhubungan sebagai penyedia tol laut.

photo
Anggota Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak menggeledah salah satu rumah tersangka kasus ekspor ilegal minyak goreng di Jalan Rangkah VII, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (13/5/2022). Penggeledahan di rumah milik salah satu tersangka yang dipakai sebagai kantor itu pihak kepolisian membawa sejumlah dokumen serta unit komputer yang akan digunakan untuk kepentingan pengembangan penyidikan kasus ekspor ilegal minyak goreng kemasan seberat 121,985 ton. - (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.)

"BGRLI berperan menjalankan kegiatan pengangkutan, bongkar muat, hingga pengurusan dokumen mobilisasi gula kristal dari gudang PTPN II Medan sampai Pelabuhan Belawan, Medan, lalu melakukan kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tenau ke gudang BGRLI Cabang Kupang," ucap Syailendra.

Setibanya di Gudang BGRLI cabang Kupang, lanjut Syailendra, PT Nusindo dan PT PPI selaku penjual dan pemilik barang akan menyalurkan minyak goreng dan gula kepada UMKM dan masyarakat NTT.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan, ada beberapa wilayah Indonesia timur yang menjadi fokus pendistribusian minyak goreng dan gula pasir. 

"Selain Kupang, kita juga akan distribusikan minyak goreng ke wilayah Indonesia timur lainnya, termasuk Sorong dan Merauke. Jadi, kita berdayakan wilayah Indonesia timur sehingga perekonomiannya juga berkembang. Selain minyak goreng dan gula, bisa juga distribusi komoditas lain via tol laut, seperti beras dan jagung," ujar Arief.


Sri Lanka Kehabisan Bahan Bakar

Sri Lanka mengalami krisis terberat sejak kemerdekaannya pada 1948.

SELENGKAPNYA

Menag: Jangan Ada Kecurangan Siasati Aturan

Menag mencontohkan berbagai bentuk kecurangan yang harus diantisipasi.

SELENGKAPNYA

The Great Replacement Kaitkan Buffalo dan Christchurch

Pakar mengatakan semakin banyak anak muda kulit putih yang terinspirasi penembakan massal bermotif rasial.

SELENGKAPNYA
×