Pemain Manchester City Gabriel Jesus berupaya menjemput bola. | EPA-EFE/PETER POWELL

Olahraga

13 May 2022, 04:39 WIB

Manchester City Dekati Gelar Juara

Guardiola mengatakan Manchester City hanya perlu empat poin untuk menjadi juara.

MANCHESTER -- Kevin de Bruyne menjadi bintang dalam kemenangan Manchester City 5-1 atas Wolverhampton Wanderers, Kamis (12/5) dini hari WIB. Playmaker berpaspor Belgia itu mencetak empat gol dalam kemenangan di Molineux dan membuat the Citizens kembali unggul tiga poin di puncak klasemen Liga Primer Inggris dari Liverpool.

Keunggulan poin itu kian mendekatkan City untuk mempertahankan gelar juara Liga Inggris. Dengan dua laga tersisa, City hanya butuh satu kali hasil imbang sambil berharap Liverpool gagal memenangkan sisa laga yang harus dijalaninya. Namun, agar lebih aman, City harus mengemas empat poin dari dua laga tersisa yang harus diladeninya dengan melawan West Ham United pada Ahad (15/5) serta Aston Villa di Etihad.

"Kami perlu empat poin untuk menjadi juara dan kami akan berusaha dan meraih tiga poin pertama pada Ahad (akhir pekan ini)," kata pelatih City, Pep Guardiola, sebagaimana dikutip dari Sky Sport seusai pertandingan.

City saat ini juga tercatat menjadi tim Inggris pertama yang menang dalam lima pertandingan beruntun dengan margin tiga gol atau lebih. Selain itu, secara keseluruhan City telah menorehkan agregat 22-1 dalam lima pertandingan terakhir di liga, yang membuat mereka menjadi tim dengan pencetak gol terbanyak, bukan hanya di Liga Inggris, melainkan juga di lima liga top Eropa.

Terkait dengan kontribusi dari de Bruyne, Guardiola meyakini bahwa kata sempurna saja tak cukup untuk menyanjung anak asuhnya tersebut. Gelandang asal Belgia itu mencetak caturgol setelah mencetak gol keempatnya pada babak kedua, mengikuti trigol yang ia torehkan hanya dalam kurun waktu 24 menit pertama pertandingan.

"Apa yang bisa saya bilang? Pada paruh kedua musim ini, dia sungguh lebih dari sempurna," kata Guardiola selepas pertandingan, dikutip dari situs resmi City.

"Saya sangat kecewa dia gagal mencetak gol kelimanya dan hanya membentur tiang gawang!" ujarnya sembari berkelakar.

Guardiola menyoroti bahwa De Bruyne selama ini lebih dikenal sebagai pemain yang mencatatkan banyak assist, tapi musim ini karakternya sedikit berubah dan mencetak lebih banyak gol. Musim ini secara keseluruhan di semua kompetisi, De Bruyne telah mengoleksi 19 gol lebih banyak dari assist yang berjumlah 13 buah.

Di antara gol-gol tersebut, De Bruyne berhasil mencetak gol penentu kemenangan 1-0 atas Chelsea di Liga Inggris pada 15 Januari dan 4-3 melawan Real Madrid pada leg pertama semifinal Liga Champions.

"Saya merasa sangat senang untuknya. Mencetak empat gol dalam fase yang menentukan musim seperti sekarang adalah hal penting," ujar Guardiola.

De Bruyne saat ini tercatat sebagai top skorer City di Liga Inggris dengan 15 gol, meski statusnya bukan striker. Catatan ini juga menjadi rekor gol pribadinya dalam satu musim.

Pemain berusia 30 tahun itu juga kerap mencetak gol dalam laga besar, seperti saat melawan Liverpool dan saat mengalahkan Chelsea 1-0 pada Januari lalu. Peningkatan produktivitas De Bruyne ini juga berkat arahan Guardiola, yang memintanya untuk terus berada atau paling dekat dengan kotak penalti untuk kemudian mencetak gol.

''Musim ini adalah tahun di mana dia melakukan lebih baik dan lebih baik lagi. Semoga dia terus melanjutkan (performanya), bukan hanya tahun ini, tapi juga dalam sisa kariernya,'' kata Guardiola menyanjung.

Diterpa cedera

Di sisi lain, Guardiola mulai mengeluhkan kondisi skuadyang mulai pincang dengan cederanya sejumlah pemain bertahan. Ruben Dias, John Stone, dan Kyle Walker dipastikan absen sampai akhir musim.

Sementara, Fernandinho mengalami masalah pada ototnya. Aymeric Laporte juga ternyata mengalami sedikit benturan pada lututnya. Kondisi ini memunculkan kekhawatiran Guardiola. Apalagi, Liga Inggris masih menyisakan dua laga lagi.

''Sepertinya itu tidak terlihat bagus. Kami hanya punya waktu empat hari, jadi kami akan melihat bagaimana mereka pulih untuk laga Ahad. Kami perlu empat poin untuk menjadi juara dan kami akan berusaha dan mendapatkan tiga poin pertama pada Ahad,'' kata Guardiola.

Namun, dengan situasi skuad-nya saat ini, Guardiola mengakui pertandingan Ahad melawan West Ham akan berjalan sulit. Masalah di lini pertahanan City dianggapnya bukan perkara enteng. Sebab, ia bisa saja tidak punya pemain untuk menghentikan penyerang West Ham, seperti Antonio, Bowen, dan Lanzini.

''Kami akan berusaha menemukan solusinya dan kami akan pergi ke sana untuk memenangkan pertandingan,'' kata Guardiola.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester City (mancity)


PBB Himpun Fakta Pembunuhan Abu Akleh

Israel menarik dugaan bahwa Abu Akleh gugur akibat tembakan dari militan Palestina

SELENGKAPNYA

Kematian Diduga Hepatitis Akut Bertambah

Kemenkes masih melakukan investigasi terkait penyebab penyakit hepatitis akut misterius.

SELENGKAPNYA

Kemenag Lobi Saudi Perluas Fast Track

Kemenag telah mengirimkan surat balasan dari Kerajaan Saudi untuk pengecekan persiapan haji.

SELENGKAPNYA
×