Pemudik memeriksa kesehatannya di posko mudik BPJS Kesehatan di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Selasa (26/4/2022). BPJS Kesehatan mendirikan posko mudik saat arus mudik 2022 dibeberapa titik diantranya di Terminal Pulo Gebang, Rest Area Tol Cikampek KM 57 | Republika/Thoudy Badai

Bodetabek

Kota Tangerang Siapkan Delapan Posko Kesehatan Mudik

Posko kesehatan diharapkan mendukung kelancaran mudik.

TANGERANG — Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyiapkan posko kesehatan bagi pemudik yang didirikan di delapan titik jalur mudik di wilayah setempat. Posko tersebut disediakan selama 10 hari dari 29 April hingga 8 Mei 2022.

Delapan posko kesehatan tersebut, yakni Puskesmas Jatiuwung, Puskesmas Cikokol, Puskesmas Sukasari, Puskesmas Batuceper, Puskesmas Ciledug, dan Puskesmas Cipondoh. Dua posko lainnya ada di luar puskesmas, yakni Terminal Poris Plawad dan rest area Karang Tengah menuju Pelabuhan Merak.

"Dinkes juga menyiapkan 21 UGD puskesmas se-Kota Tangerang. Ini langkah antisipasi jika dibutuhkan penanganan atau tindakan yang lebih serius pada pasien atau pemudik, baik selama waktu mudik maupun balik," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni, Rabu (27/4).

Dini menuturkan, dengan adanya beberapa pos kesehatan tersebut, diharapkan dapat mendukung kelancaran mudik dan kondisi kesehatan para pemudik. Dia mengimbau para pemudik untuk dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan tersebut.

Pemudik yang merasa tubuhnya kurang sehat bisa memeriksakan kesehatannya di posko-posko tersebut. Hal itu terutama bagi para pemudik yang mengendarai mobil atau sepeda motor dengan menempuh jarak jauh.

"Posko kesehatan mudik dibuka secara gratis bagi siapa pun para pemudik, tak sekadar warga Kota Tangerang saja. Jadi, manfaatkan fasilitas kesehatan ini minimal untuk mengecek kesehatan tubuh. Sehingga, perjalanan mudik dapat berjalan lancar, aman, dan sehat sampai kota tujuan," ujarnya.

Jaminan aman

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Banjarmasin Kombes Pol Sabana A. Martosumito menjamin rasa aman dan nyaman pemudik Lebaran 2022 saat berada di pelabuhan untuk menumpang kapal menuju ke kampung halaman.

"Saya sudah perintahkan kapolsekdi pelabuhan ini agar mengerahkan anggota secara maksimal di kawasan pelabuhan selama arus mudik Lebaran 2022," kata dia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sabana menekankan kepada anggotanya beberapa hal yang perlu diperhatikan demi menjaga kenyamanan calon penumpang kapal laut di antaranya praktik calo tiket dan pungutan liar agar diberantas habis sehingga tidak ada masyarakat yang ingin mudik merasa dirugikan. "Saya tidak ingin mendengar ada masyarakat mengeluhkan soal ini, pastikan semuanya berjalan kondusif, aman, tertib, dan terkendali," tegasnya.

Kapolresta meminta jajarannya dapat bersinergi dengan semua unsur yang tergabung dalam Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Dia berharap tidak ada ego sektoral, namun justru saling menguatkan satu sama lain demi pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya para pemudik Lebaran 2022.

"Bagi pemudik diimbau agar selalu mengikuti arahan petugas dan pastikan membeli tiket di konter resmi operator atau bisa lewat pemesanan online," kata Sabana.

Menghadapi arus mudik tahun ini, ada empat armada kapal beroperasi di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, yakni dua armada milik PT Dharma Lautan Utama (KM Dharma Kartika lX dan KM Dharma Rucitra 1), kemudian dua armada milik PT Berlian Lautan Sejahtera (KM Niki Barokah dan KM Mila Utama).

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Merebut Waktu Mustajab

Ramadhan kesempatan terbaik untuk berdoa karena semua waktu di dalamnya adalah mustajab.

SELENGKAPNYA

Duel Eintracht Frankfurt Vs West Ham United

Perseteruan West Ham vs Frankfurt sudah terjadi sejak sebelum kick-off.

SELENGKAPNYA

Pemudik Diimbau Manfaatkan Jalur Alternatif

Jalur-jalur alternatif di Jabar masih belum banyak dimanfaatkan pemudik.

SELENGKAPNYA