Menteri BUMN Erick Thohir memberikan motivasi kepada para petugas bandara saat melakukan kunjungan ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (26/4/2022). Dalam kunjungannya Erick Thohir memberikan motivasi dan semangat kepada petugas | ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Jakarta

Mudik Gratis BUMN Alihkan Ribuan Pemotor 

Program mudik gratis BUMN merupakan bentuk mudik yang aman, bertanggung jawab, dan sehat.

JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melepas program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Selasa (26/4). Erick mencatat ada sekitar 388 unit sepeda motor dan 1.100 penumpang yang mengikuti program mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Menyapa peserta mudik gratis sepeda motor naik kapal laut dan awak kapal yang bertugas di KM Dobondolo yang siang ini berangkat menuju Semarang dan Surabaya dari PT Pelabuhan Tanjung Priok," ujar Erick dalam akun Instagram, @erickthohir.

Program mudik gratis ini merupakan kerja sama antara Kementerian BUMN, PT Pelni, dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Erick sekaligus meninjau kondisi kapal dan juga berdiskusi dengan para penumpang.

Dia senang dengan antusiasme para penumpang yang hendak kembali ke kampung halaman. "Selalu jaga protokol kesehatan, hati-hati di jalan, semoga selamat sampai tujuan," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar program mudik gratis dengan tema “Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022”. Erick mengatakan, mudik dengan moda transportasi bus dan kereta api ini akan mengantarkan kurang lebih 40 ribu pemudik yang dimulai sejak 27 April sampai 1 Mei 2022.

Program tersebut menyediakan sedikitnya 500 unit bus dan 15 ribu seat KA yang didukung 25 perusahaan BUMN dan dikoordinasi PT Jasa Raharja. Menurut Erick, ”Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022” merupakan program istimewa,” ujarnya.

 
Kekompakan sinergi antar-BUMN yang melayani warga pemudik menjadi semangat yang membangun semangat berbangsa dan bernegara.
ERICK THOHIR, Menteri BUMN.
 

Menurut Erick, program ini merupakan bentuk mudik aman, bertanggung jawab, dan sehat. Aman karena mengalihkan puluhan ribu pengguna kendaraan, terutama sepeda motor dari jalan raya ke moda transportasi umum, seperti bus dan kereta api, yang terkoordinasi. Sehat karena para pemudik telah melengkapi diri mereka masing-masing dengan vaksinasi Covid-19 dosis tiga atau booster.

Pemberangkatan mudik gratis dengan moda bus dilaksanakan pada 27 April 2022 di parkir timur Gelora Bung Karno, Senayan. Sementara, pemberangkatan menggunakan moda kereta api dimulai 27 April hingga 1 April 2022 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota.

Erick mengapresiasi para pemudik yang mengikuti program “Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022”. Menurut dia, program ini tidak hanya gratis, tetapi juga memberikan rasa aman dan sehat.

"Terima kasih kepada para pemudik yang telah membantu program pemerintah mencegah penularan Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan,” kata Erick.

photo
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah), Dirut PT Pelni Tri Andayani (kanan) berbincang kepada pemudik saat melepas kapal mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (26/4/2022). Mudik gratis sepeda motor tahun 2022 diinisiasi Kementerian Perhubungan dengan Kementerian BUMN. Tercatat Sebanyak 1.109 penumpang dan 388 sepeda motor mengunakan KM Dobonsolo. Foto; Tahta Aidilla/Republika. - (Tahta Aidilla/Republika)

Posko angkutan Lebaran

Kemenhub membuka Pos Koordinasi (Posko) Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2022. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, keberadaan posko tersebut dibutuhkan untuk mengoordinasikan penyelenggaraan angkutan Lebaran di seluruh wilayah Indonesia secara terpadu.

Posko ini dinilainya begitu penting untuk mengomunikasikan dan mengoordinasikan penyelenggaraan mudik pada tahun ini. “Mengingat animo masyarakat untuk mudik pada tahun ini sangat tinggi,” ujar Budi.

Posko tersebut akan menghimpun data pergerakan transportasi umum dan penumpang serta kendaran pribadi. Budi menyebut, informasi tersebut penting untuk disampaikan agar masyarakat bisa lebih merencanakan perjalanannya dan menghindari kepadatan pada puncak mudik 28-20 April 2022.

Dia mengatakan, hampir di semua sektor sudah menunjukkan peningkatan pergerakan penumpang. Untuk angkutan kereta api, saat ini sudah 1,5 juta penumpang dari total delapan juta yang diprediksi mudik menggunakan kereta api. “Ini yang memang kami harapkan, yaitu masyarakat untuk mudik lebih awal,” ujar Budi.

Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022 di Kemenhub akan dibuka selama 16 hari hingga 10 Mei 2022. Posko tersebut diikuti oleh berbagai instansi, di antaranya Kemenhub, Korps Lalu Lintas Polri, BMKG, KNKT, BNPB, PT KAI, PT Jasa Marga, PT Jasa Raharga, PT Angkasa Pura, PT ASDP Indonesia Ferry, dan PT Pertamina.

Melalui posko tersebut, dapat dipantau pergerakan arus kendaraan di simpul-simpul transportasi, yaitu di 48 terminal, 16 pelabuhan penyeberangan, 50 bandara, 51 pelabuhan, sembilan daerah operasi (daops) kereta api, dan empat divisi regional (divre) kereta api. Selain itu, dapat dipantau juga sejumlah titik di jalan nasional nontol maupun tol melalui CCTV. 

photo
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), Dirut PT Pelni Tri Andayani, Dirut PT Pelindo Arif Suhartono, Sekretaris KBUMN Susyanto, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha (dari kiri) bertepuktangan saat melepas kapal mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (26/4/2022). Mudik gratis sepeda motor tahun 2022 diinisiasi Kementerian Perhubungan dengan Kementerian BUMN. Tercatat Sebanyak 1.109 penumpang dan 388 sepeda motor mengunakan KM Dobonsolo. Foto; Tahta Aidilla/Republika. - (Tahta Aidilla/Republika)
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Akun resmi Kementerian BUMN RI (kementerianbumn)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Zaid bin Tsabit, Sekretaris Rasulullah nan Cerdas

Zaid menguasai bahasa Ibrani, baik lisan maupun tulisan.

SELENGKAPNYA

Langkah Elon Musk Bisa Batasi Buzzer

Keputusan Elon Musk dalam penghapusan bot spam akan menghambat kinerja para buzzer.

SELENGKAPNYA

Erick Thohir Saingi Sandiaga di Bursa Capres 

Erick berada di empat besar dalam kategori menteri dan kementerian yang berkinerja paling baik berdasarkan hasil survei.

SELENGKAPNYA