Aktivitas pengerjaan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Kawasan Papanggo, Tangjung Priuk, Jakarta Utara, Selasa (21/12). Stadion terbesar di Asia yang dirancang sesuai standar Federation Internationale de Football Association (FIFA) tersebut | Republika/Thoudy Badai

Jakarta

22 Apr 2022, 10:46 WIB

JIS akan Digunakan Shalat Idul Fitri

JIS bisa menampung hingga 8.000 jamaah. 

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dipastikan shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS) Tanjung Priok, Jakarta Utara. Menurut Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta Aceng Zaini, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan dan rangkaian guna pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri di JIS.

“Kalau Pak Anies pastinya datang pas shalat Idul Fitri,” kata Aceng kepada awak media, Kamis (21/4).

Meski demikian, dia menyebut jika Anies masih melihat situasional untuk hadir di Festival Rangkaian Takbiran JIS. Sebab, menurut dia, dalam rangkaian acara itu tidak ada seremonial, hanya penampilan dari masing-masing kota. “Kalau di Festival Takbiran Pak Anies situasional,” ujarnya.

Aceng menjelaskan, rangkaian acara malam takbiran sudah sesuai dengan hasil rapat sebelumnya. Dijadwalkan, masing-masing wilayah akan menampilkan kreasi beduk di JIS dari pukul 19.30 WIB hingga 22.00 WIB. “Acaranya akan disesuaikan, tidak terlalu lama, dua jam saja. Delegasi dari enam kota kabupaten DKI Jakarta. Waktunya dua jam, karena itu batas maksimalnya,” kata dia.

Menurut Aceng, hal itu dilakukan untuk menambah semarak malam Idul Fitri di DKI Jakarta. Lokasinya, kata dia, berada di JIS bagian ramp barat. Lokasi takbiran juga menjadi lokasi yang tempat digelarnya shalat Idul Fitri.

Aceng mengatakan, JIS mampu menampung hingga 8.000 jamaah. Menurut dia, kapasitas itu akan meliputi lokasi ramp barat dan ramp timur.

Kan awalnya 5.000 hingga 6.000. Tapi kalau membeludak, kita bisa geser sampai belakang nyambung ke ramp timur. Maksimalnya 8.000, kita antisipasi saja,” kata Aceng. 

Bagi masyarakat yang hendak melakukan ibadah di JIS, Aceng mengatakan, ada seribu kapasitas parkir kendaraan roda dua yang disiapkan pihaknya. Sementara mobil ada 1.900 dan 12 lainnya VIP.

Menyoal tingginya animo masyarakat, Aceng juga menyarankan warga yang hendak datang untuk menggunakan transportasi umum. Dia menyebut halte Transjakarta juga telah disiapkan lebih jauh untuk melayani penumpang pada hari pelaksanaannya.

Di sekeliling JIS, dia melanjutkan, pihaknya bekerja sama dengan PAM Jaya untuk menyiapkan beberapa titik tempat wudhu. Pengecekan dan pemasangan titik tempat wudhu akan dilakukan mulai pekan depan.

“Mobil toilet juga kita siapkan delapan hingga sepuluh unit. Karena ada 6.000 hingga 8.000 orang, sementara toilet di dalam kan harus naik dulu, agak jauh,” katanya.

Soft Lauching

Sebelumnya, JIS telah dipergunakan untuk menggelar laga antara Barcelona dan Atletico Madrid dalam turnamen Internasional Youth Championship (IYC) 2022, Selasa (19/4) lalu. Laga ini menjadi rangkaian soft launching JIS sebelum akhirnya segera diresmikan. 

Namun, kini saat rangkaian launching dimulai, masyarakat Jakarta menanti babak baru. Warga DKI menanti potensi dan torehan sejarah dari stadion kebanggaan yang digadang-gadang menjadi satu di antara yang termegah di dunia itu. “Lihat dari TV sama berita, JIS luar biasa megah," ujar Febi (26 tahun) warga Jakarta Selatan.

Dia menilai, tahap pembangunan JIS hingga hasilnya kini terlihat membuktikan JIS patut dinilai sebagai bangunan megah di DKI. Dia berharap, dengan pembangunan megah stadion itu, bisa membawa nama Jakarta dan sepak bola Indonesia semakin baik. Warga Jakarta lainnya, Tohari (32), menyambut baik soft launching JIS yang digelar bersamaan final IYC antara Barcelona U-18 vs Atletico Madrid U-18.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta International Stadium (jakintstadium)

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, penyelesaian pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara menjadi satu bukti kebesaran bangsa Indonesia. Menurut dia, dengan adanya JIS saat ini, bisa membantu mempersembahkan karya kolosal di Jakarta kepada dunia. “JIS setara dengan karya terbaik di dunia,” kata Anies saat soft launching JIS.

Dia menambahkan, dengan adanya pembangunan JIS, semakin menegaskan posisi Jakarta di kancah global. Stadion itu pula, kata Anies, akan mampu memberikan sejarah penting bagi bangsa Indonesia ke depannya. “JIS berdiri menyiapkan negerinya menjadi tempat untuk memunculkan sejarah-sejarah baru berikutnya. Insya Allah,” ujarnya.

Menilik laporan media asal Inggris Daily Mail pada 20 Februari 2021 lalu, JIS memang dinobatkan sebagai 10 stadion termegah di dunia. Dia bersanding dengan Camp Nou, Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro, dan Grand Stade de Casablanca, serta Miami Freedom Park, Lusail Iconic, dan Bramley-Moore Dock. 

JIS memiliki spesifikasi yang mumpuni dengan kapasitas 82 ribu penonton, mengalahkan Camp Nou hingga Old Trafford dan Allianz Arena. Meski diagendakan dibuka pada Maret 2022 lalu, peresmian dan pembukaan JIS hingga April 2022 ini masih dalam rangkaian dan belum pasti kapan diresmikan. 


India Buldoser Bangunan Milik Muslim

Sentimen anti-Muslim dan serangan meningkat di seantero India, dalam 10 hari terakhir.

SELENGKAPNYA

Ummu Sulaim: Jelita Parasnya, Cantik Hatinya

Rasulullah menyebut ia mendengar langkah kaki Ummu Sulaim di surga karena ketakwaannya.

SELENGKAPNYA

G-20 Serukan Hentikan Perang

Dampak perang Rusia-Ukraina akan semakin luas jika perang terus berlanjut.

SELENGKAPNYA
×