Kepala pelatih Barcelona Xavi Hernandez berbicara dengan Jordi Alba. | AP/Joan Monfort

Olahraga

21 Apr 2022, 12:38 WIB

Menanti Kebangkitan Barcelona

Barcelona melawat ke markas Real Sociedad di Stadion Anoeta, Jumat (22/4) dini hari WIB.

SAN SEBASTIAN -- Selisih lima poin terentang antara peringkat kedua dan penghuni posisi keenam klasemen sementara La Liga Spanyol. Persaingan sengit pun tak terhindarkan dalam perebutan posisi empat besar La Liga musim ini sekaligus kepastian tampil di Liga Champions musim depan.

Hingga jornada ke-32 La Liga tuntas, Barcelona duduk di peringkat kedua klasemen sementara dengan koleksi 60 poin. Namun, tim peringkat ketiga dan keempat secara berurutan, Sevilla dan Atletico Madrid, juga mengantongi poin yang sama.

Di bawahnya, Real Sociedad dan Real Betis masih punya peluang besar finis di empat besar. Betis, yang berada di peringkat kelima, hanya berselisih tiga poin dari Barcelona. Penghuni peringkat keenam, Real Sociedad, hanya berjarak lima angka.

Peta persaingan lima tim ini dalam memperebutkan posisi empat besar kemungkinan besar akan berubah pada jornada ke-33 La Liga. Sebab, dua dari lima tim ini akan saling berhadapan, tepatnya saat Barcelona melawat ke markas Real Sociedad di Stadion Anoeta, Jumat (22/4) dini hari WIB.

Menilik rekor pertemuan dengan Sociedad, Barcelona superior. Blaugrana tidak pernah kalah dalam 11 duel terakhir dengan klub asal Basque tersebut di La Liga. Blaugrana juga tidak pernah kalah dalam lima lawatan terakhir ke markas Sociedad.

Kendati begitu, modal terbesar Blaugrana pada laga ini bukanlah rekor pertemuan, melainkan tekad bangkit. Maklum, Blaugrana menelan kekalahan beruntun dalam dua laga terakhir. Setelah dibekap Eintracht Frankfurt 2-3 pada tengah pekan lalu di Liga Europa, Barcelona dipermalukan Cadiz 0-1 di La Liga.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez menuntut anak-anak asuhnya bisa memberikan respons terbaik pada laga berikutnya. Apalagi, hasil laga ini berpotensi memperbesar peluang finis di empat besar klasemen akhir La Liga. Di sisi lain, keberhasilan membungkam Barcelona pada laga ini akan membawa Sociedad memangkas jarak poin dan merangsek ke peringkat kelima.

Xavi menegaskan, tekad pasukannya segera bangkit dan kembali ke jalur kemenangan. Menurut dia, Barcelona harus berbenah dan memikirkan pertandingan kontra Sociedad serta target mereka tampil di Liga Champions musim depan. "Kami mesti mengubah dinamika sesegera mungkin, mengetahui kesalahan kami, dan tetap menjaga keyakinan. Laga berikutnya akan menjadi pertempuran selanjutnya,'' tutur Xavi seperti dikutip Mundo Deportivo, Rabu (20/4).

Lawatan ke markas Sociedad ini akan menjadi awal dari tujuh laga pamungkas Barcelona pada akhir musim ini. Klub asal Katalan itu punya keuntungan mengantongi satu sisa laga lebih banyak dari empat pesaing terberatnya. Dengan kondisi ini, Barcelona diunggulkan untuk finis di zona empat besar.

Di sisi lain, Sociedad tinggal melakoni enam laga sisa. Barcelona pun bukan satu-satunya lawan berat yang akan dihadapi Sociedad pada periode akhir musim ini. Pada dua laga pamungkas, Sociedad akan menghadapi Villarreal dan Atletico Madrid.

Walau berat, Sociedad memiliki modal cukup besar dalam menyongsong periode sulit tersebut. Tim besutan Imanol Alguacil itu tidak pernah kalah dalam lima laga terakhir La Liga dengan torehan tiga kemenangan dan dua hasil imbang. Rekor penampilan kandang Sociedad pada musim ini pun terbilang impresif. Dari 16 laga kandang, Los Txuri-Urdin hanya menelan dua kekalahan. Sociedad tidak pernah kalah dalam tujuh laga kandang terakhir di pentas La Liga, termasuk torehan empat kemenangan beruntun.

Dukungan publik Stadion Anoeta terbukti mampu mendongkrak performa para penggawa Sociedad. Alguacil pun mengakui kecenderungan peningkatan performa anak-anak asuhnya kala tampil di laga kandang. Ia menyimpan optimisme peluang timnya finis di empat besar, kendati sempat gagal memetik poin penuh saat bermain imbang 0-0 kontra Real Betis, akhir pekan lalu.

"Kami mesti bisa memaksimalkan semua potensi dan kemampuan yang kami miliki pada akhir musim ini. Selain itu, terima kasih atas kerja keras yang terus ditunjukkan oleh para pemain dan dukungan dari fan," kata Alguacil, seperti dilansir Eldesmarque, Rabu (20/4).

Tujuh Laga Terakhir Barcelona di La Liga

22/4/2022 vs Real Sociedad (tandang)

25/4/2022 vs Rayo (kandang)

2/5/2022 vs Mallorca (kandang)

8/5/2022 vs Betis (tandang)

11/5/2022 vs Celta (kandang)

15/5/2022 vs Getafe (tandang)

22/5/2022 vs Villarreal (kandang)

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FC Barcelona (fcbarcelona)


Ibn Abbas, Bayang-Bayang Rasulullah

Pemikiran Ibn Abbas jernih sehingga mampu merekam seluruh tingkah laku dan perkataan Rasulullah hingga akhir hayat.

SELENGKAPNYA

Ramadhan dan Keutamaannya

Para salaf sholeh menghabiskan waktunya di bulan Ramadhan dengan memperbanyak membaca Alquran.

SELENGKAPNYA

Antisipasi Macet Total Saat Puncak Arus Mudik Lebaran

Pemudik dari Jawa Timur diprediksi paling banyak, Jabodetabek terbanyak kedua.

SELENGKAPNYA
×