Teknisi Palestina menyiapkan lengan myoelectric di RS Rehabilitasi dan Prostetik Sheikh Hamad Bin Khalifa Al Thani di utara Jalur Gaza, Rabu (13/3/2022). | REUTERS/Mohammed Salem

Kisah Mancanegara

Di Gaza, Lengan Palsu Angkat Harga Diri Mereka

Komite Palang Merah Internasional mendaftar setidaknya 1.600 orang yang diamputasi di antara dua juta penduduk Gaza.

OLEH DWINA AGUSTIN

Sebuah tangan palsu pintar yang meniru anatomi dan gerakan manusia telah memungkinkan Ahmed Abu Hamda (36 tahun) bermain dengan anak-anaknya. Ini lebih dari sekadar lengan palsu. Melalui pengganti lengan itu, ia mendapatkan kembali harga dirinya.

Hamda termasuk penerima bagian dari proyek baru di Jalur Gaza yang mendapatkan dana dari Qatar. Ia kehilangan tangan kanannya pada 2007 ketika bom meledak. Dia sekarang bisa bermain dengan kedua anaknya, makan, minum, dan memperbaiki rumah dengan anggota gerak myoelectric yang baru dipasang.

"Sejak saya mendapatkan lengan, penampilan luar saya membaik, orang tidak tahu bahwa lengan saya diamputasi," kata pria ini di Rumah Sakit Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani untuk Rehabilitasi dan Prostetik.

photo
Putra Ahmed Abu Hamda (36 tahun), korban pemboman pada 2007, bermain dengan lengan myoelectric yang telah dipasang di RS Rehabilitasi dan Prostetik Sheikh Hamad Bin Khalifa Al Thani di utara Jalur Gaza, Rabu (13/3/2022). - (REUTERS/Mohammed Salem)

"Di rumah saya bisa minum air, dan kalau ke pasar saya bisa pegang karung dan ponsel,” kata warga Gaza yang bekerja sebagai pemasang parabola itu.

Sejak Maret, sebuah rumah sakit yang didanai Qatar di Gaza telah menyediakan prostesis myoelectric. Proyek ini menyediakan perangkat bermotor yang ditenagai oleh baterai dan dikendalikan oleh sinyal listrik.

Proyek ini adalah yang pertama dari jenisnya di wilayah Palestina. Sejauh ini, 21 orang yang diamputasi di Gaza telah menerima tangan palsu pintar. Ada 40 orang lainnya dalam daftar tunggu.

photo
Teknisi Palestina menyiapkan lengan myoelectric di RS Rehabilitasi dan Prostetik Sheikh Hamad Bin Khalifa Al Thani di utara Jalur Gaza, Rabu (13/3/2022). - (REUTERS/Mohammed Salem)

Komite Palang Merah Internasional mendaftar setidaknya 1.600 orang yang diamputasi di antara dua juta penduduk Gaza. Masyarakat Amal Assalam yang merawat orang-orang yang terluka dan cacat mengatakan, 532 warga Gaza telah kehilangan anggota badan dalam konflik dengan Israel.

Data ini menunjukan keberadaan rumah sakit Hamad yang diresmikan 2019 sangat membantu merawat ratusan orang yang diamputasi.

Sejak 2014, Qatar telah menghabiskan lebih dari 1 miliar dolar AS dalam proyek konstruksi dan bantuan di Gaza, wilayah yang dipimpin Hamas. Untuk program baru ini, menurut Direktur umum rumah sakit Hamad Noureldeen Salah, pasien tidak dikenakan biaya untuk tangan palsu. Untuk biaya pengadaan prostesis pintar rumah sakit mengeluarkan sekitar 20.000 dolar AS. 

Berkat tangan palsu ini, Hamda dapat merangkul putrinya yang berusia empat tahun dan putranya yang berusia 18 bulan dengan lebih baik. "Sekarang saya bisa menggendong mereka, bermain dengan mereka, meraih tangan mereka dan berjalan di jalan," katanya sambil tersenyum.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Habib bin Zaid, Syahid Membawa Pesan Rasulullah

Ketika sakratul maut datang, dalam kepedihan yang tak tertahankan, Habib tetap mempertahankan syahadatnya.

SELENGKAPNYA

BI Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

BI menyampaikan, perbaikan ekonomi domestik tetap berlangsung seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat.

SELENGKAPNYA

Alarm Bahaya Allegri Juventus

belakangan Juventus terlihat sempoyongan.

SELENGKAPNYA