Tim Pemburu Covid-19 Polrestro Jaktim melakukan rapid test antibodi kepada warga yang berada di Kawasan Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Rabu (27/1/2022). | Prayogi/Republika.

Nasional

Mayoritas Penduduk Miliki Antibodi Covid-19

Sejumlah daerah yang antibodinya masih rendah diminta menggenjot vaksinasi Covid-19.

JAKARTA -- Sebanyak 86,6 persen penduduk Indonesia disebut sudah memiliki antibodi terhadap Covid-19. Angka itu muncul dalam hasil serologi survei Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Peneliti dari FKM UI Iwan Ariawan menjelaskan, dari hasil serologi survei, 86,6 persen penduduk Indonesia sudah memiliki antibodi terhadap Covid-19. Tingkat antibodi tertinggi ditemukan pada mereka yang sudah divaksinasi dosis kedua.

Sementara, 73,9 persen penduduk Indonesia yang belum divaksinasi memiliki antibodi dari infeksi alamiah. Bahkan, banyak di antaranya yang tidak mengetahui sudah pernah terinfeksi lantaran tidak bergejala.

"Hal ini menunjukkan bahwa proprosi penduduk yang terinfeksi Covid-19 sudah tinggi," ujar Iwan dalam konferensi pers hasil survei itu secara daring, Jumat (18/3).

Ahli epidemiologi UI, Pandu Riono yang tegabung dalam tim itu mengatakan, serologi survei yang dilakukan pada November-Desember 2021 dengan melibatkan sampel di 100 kabupaten/kota. Kemenkes dan FKM UI mengambil 20 orang sampel utama dan 60 serta sampel cadangan di setiap desa atau kelurahan. Penelitian dilakukan dengan mengecek antibodi yang berada di dalam darah.

"Ini jadi masukan yang sangat berharga dan Indonesia jadi salah satu negara di dunia yang memanfaatkan dasar imunitas penduduk untuk perencanaan pengendalian pandemi di masa datang," kata Pandu.

"Dengan imunitas kadar yang cukup tinggi maka kita bisa menekan pasien yang harus dirawat di rumah sakit, ICU, atau sampai wafat," ia melanjutkan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, serologi survei yang dilakukan di Indonesia merupakan terbesar di dunia untuk pandemi Covid-19. Hasil survei menunjukkan persentase penduduk Indonesia yang sudah memiliki antibodi terhadap Covid-19.

Hasil survei mengungkapkan, bila ada orang yang sudah pernah vaksin dan pernah terinfeksi Covid-19, maka akan memiliki antibodi yang tinggi. "Jadi kalau ada teman-teman yang sudah pernah kena terinfeksi Covid-19, kemudian divaksin atau sebaliknya, itu antibodinya paling tahan lama dan paling tinggi,” kata Budi.

Hasil serologi survei akan digunakan pemerintah sebagai dasar kebijakan berbasis bukti atau evidence based policy. Artinya, survei serologi akan dilakukan setiap tahunnya minimal enam bulan sekali.

“Jadi nanti pertengahan tahun ini, (survei) akan kita adakan lagi, untuk bisa melihat perkembangan dari kondisi kekebalan terhadap virus SARS CoV2 di masyarakat Indonesia,” kata dia.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyoroti daerah yang antibodi penduduknya masih rendah. Menurut dia, vaksinasi menjadi salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi.

"Di daerah-daerah yang tadi temuannya rendah antibodi seperti Jayawijaya, Kota Singkawang yang masih di bawah 80 persen, kita harus sama-sama genjot vaksinasi," ujar Tito.

Dalam hasil survei itu, sejumlah wilayah memiliki estimasi antibodi di bawah 80 persen, seperti Aceh Tenggara 72,4 persen dan Kota Singkawang 74,1 persen. Sementara, Jayawijaya hanya memiliki estimasi antibodi Covid-19 45,6 persen. Padahal, masih di Provinsi Papua, Kota Jayapura memiliki estimasi sampai 96,3 persen.

"Ini jomplang sekali di Papua. Jayawijaya yang ibu kotanya Wamena terendah, 45,6 persen. Artinya kalau kumpul 100 orang cuma 45 orang yang punya antibodi, 55-nya rentan," kata Tito.

Tito pun meminta kepala daerah bertanggung jawab atas hal ini. "Bupati tolong tanggung jawab lah pada rakyatnya kalau ada yang kena (Covid-19) kemudian parah," kata Tito. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Polemik Label Halal Indonesia

Kegaduhan terkait label halal Indonesia sesungguhnya tak perlu terjadi.

SELENGKAPNYA

Mengejar Popularitas Langit

Selebritas yang terlibat rupanya tak puas hanya terkenal di bumi, melainkan berharap meraih popularitas di langit.

SELENGKAPNYA

Quartararo Tercepat di Latihan Bebas Kedua, Marquez Jatuh

Menjelang pelaksanaan balap MotoGP yang akan digelar pada Ahad (20/3), berbagai persiapan masih terus dilakukan.

SELENGKAPNYA