Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 2 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). | ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Kabar Utama

Quartararo Tercepat di Latihan Bebas Kedua, Marquez Jatuh

Menjelang pelaksanaan balap MotoGP yang akan digelar pada Ahad (20/3), berbagai persiapan masih terus dilakukan.

LOMBOK -- Pembalap Monster Energy Yamaha berhasil menguasai waktu tercepat sesi latihan bebas kedua MotoGP di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/3). Fabio Quartararo berhasil mencatatkan waktu tercepat dengan catatan 1 menit 31,608 detik. Ini merupakan rekor lap baru yang dicatatnya.

Catatan waktu tercepat yang diraih Quartararo bukan tanpa kendala. Pada saat melakukan latihan bebas, motor Yamaha M1 yang dikendarainya sempat mogok. Itu seakan melanjutkan capaian sang juara bertahan tersebut pada latihan bebas pertama yang hanya berhasil menempati posisi ke-16.

Sepeda motor Quartararo terhenti saat pembalap Prancis itu hendak menikung ke kanan. Gestur tubuh Quartararo menunjukkan ada sesuatu yang tidak beres pada motornya. Saat itu, Quartararo terlihat perlu mendapatkan bantuan marshal untuk mendorong motornya keluar sirkuit.

photo
Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Fabio Quartararo memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 diawali dengan latihan bebas atau free practice selama 45 menit sebelum berlaga pada Ahad (20/3/2022) mendatang. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Sementara itu, rekan satu timnya, Franco Morbidelli, mencatatkan waktu tercepat kedua dengan jarak 0,03 detik. Posisi ketiga ditempati oleh Johann Zarco dengan torehan waktu 1 menit 31,893 detik. Morbidelli mengakui, keberhasilannya mencatatkan waktu tercepat kedua dalam latihan bebas kedua itu karena dia mampu mengatasi masalah cengkeraman ban.

"Kurangnya cengkeraman ban terjadi di mana-mana. Ban kehilangan performa di mana-mana. Dan kita juga harus berusaha untuk mengatasi suhu di sini. Saya tidak tahu, tapi ban memang terasa kurang mencengkeram," kata dia saat press briefing seusai menjalani latihan bebas kedua di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/3).

Semua pembalap, lanjut dia, memiliki masalah yang sama mengenai cengkeraman ban. Namun, pembalap asal Italia itu merasa memiliki keunggulan karena berhasil mengatasi masalah tersebut lebih baik dari pembalap lainnya.

Apalagi, pada sesi latihan kedua tersebut dia juga mengaku berhasil mengatasi masalah kurangnya tenaga motor yang biasanya menjadi isu bagi sepeda motor Yamaha. "(Yamaha) sangat mudah dikendalikan, seperti yang selalu saya sampaikan. Jadi, setiap gerakan, setiap setelan, itu sangat halus. Anda tidak menjadi terlalu takut ketika ini terjadi. Memang kadang kita tidak bisa mengeluarkan tenaga yang sama dengan pembalap lain. Namun, hari ini bukan itu masalahnya," papar Morbidelli.

Pada kesempatan ini, tim Monster Energy Yamaha juga tidak banyak mengubah setelan sepeda motor YZR-M1. "Setelan lebih kurang sama. Tentu kami melakukan sentuhan terhadap motor yang digunakan. Namun, tidak melakukan perubahan yang berarti," ujar pembalap yang melakukan debut di MotoGP pada 2018 tersebut.

Sementara itu, juara MotoGP enam kali Marc Marquez kurang berhasil menunjukkan performa terbaik pada kesempatan ini. Beberapa menit menjelang sesi berakhir, pembalap Repsol Honda itu jatuh di tikungan ke-11. Ketika latihan bebas kedua usai, dia berada di posisi ke-22 dengan waktu 1 menit 32,847 detik.

Dalam laman media sosialnya, Marquez sempat berkomentar mengenai kecelakaan yang dialaminya saat latihan bebas pada hari pertama MotoGP Indonesia. "Hari ini, kami terjatuh keras ketika mencoba memacu untuk meraih satu lap tercepat, tapi kami baik-baik saja," tulis dia dalam akun Instagram @marcmarquez93.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Marc Márquez (marcmarquez93)

Tak hanya Marquez, pemenang MotoGP Qatar 2022 Enea Bastianini juga mengalami nasib serupa. Rider Gresini Ducati itu mengalami kecelakaan di tikungan ke-13. Meski begitu, dia sudah mendapatkan hasil yang cukup bagus pada kesempatan sebelumnya sehingga dapat mengakhiri sesi di tempat kelima dengan waktu 1 menit 31,921 detik.

Gelaran latihan bebas kali ini juga digunakan sebaik mungkin oleh para pembalap muda yang masuk dalam Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 seri kedua. Empat pembalap dan satu wildcard binaan PT Astra Honda Motor (AHM) tampil cukup menjanjikan di depan publik sendiri.

Pada latihan bebas pertama, Reykat Fadillah dan Veda Ega Pratama mampu masuk ke jajaran lima pembalap tercepat. Reykat mencatatkan waktu lap time terbaik 1 menit 48,163 detik dan masuk ke peringkat keempat, hanya berbeda 0,332 detik dari pembalap tercepat. Sementara itu, Veda mencatatkan waktu 1 menit 48,448 detik dan menjadi pembalap tercepat kelima.

Aan Riswanto juga tampil cukup menjanjikan. Pembalap 16 tahun asal Bantaeng, Sulawesi Selatan, itu membukukan waktu 1 menit 49,980 detik. Tak jauh berbeda, Muhammad Diandra Mahardika menorehkan waktu 1 menit 50,704 detik dan duduk di peringkat ke-11.

Pada sesi latihan bebas kedua, catatan waktu para pembalap bergerak makin cepat. Rata-rata para pembalap mampu memperbaiki catatan waktunya.

photo
Pembalap MV Agusta Forward Racing, Marcos Ramirez (tengah), pembalap American Racing, Cameron Beaubier (kiri) dan pembalap Yamaha VR46 Master Camp Team Keminth Kubo (kanan) memacu kecepatan saat sesi latihan bebas moto2 dalam seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). - (Republika/Thoudy Badai)

Menjelang pelaksanaan balap MotoGP yang akan digelar pada Ahad (20/3), berbagai persiapan masih terus dilakukan. Di beberapa tempat terlihat masih ada pekerjaan pembangunan yang dilakukan. Kondisi jalan di area sirkuit pun belum teraspal dengan baik, masih berupa kerikil yang dipadatkan dan diratakan.

Koordinasi antarpetugas pun terlihat masih kurang, khususnya mengenai informasi dan akses di sekitar sirkuit. Republika beberapa kali terpaksa harus berputar-putar untuk menuju suatu arena karena informasi yang kurang memadai di lokasi atau miskomunikasi antarpetugas.

Antusiasme masyarakat

Atmosfer balapan seketika terasa di gerbang pemeriksaan tiket area Sirkuit Pertamina Mandalika, Jumat (18/3). Meski tidak melihat para pembalap berkendara di atas kuda besinya, pengunjung bisa merasakan keseruan dengan mendengar deru mesin yang menggema di seluruh langit-langit sirkuit.

photo
Sejumlah pengunjung memperhatikan produk UMKM yang dipamerkan di stan UMKM, di Pertamina Mandalika International Street Circuit, di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Deru suara motor memaksa para pengunjung untuk menaikkan volume suara mereka saat mengobrol, tapi pengunjung tampak menikmatinya. Bahkan, tidak semua pengunjung adalah mereka yang mengerti balapan MotoGP. Sebagian besar hanya penasaran ingin merasakan keseruannya.

"Iya, saya sebetulnya enggak terlalu mengerti juga sama balap motor, tapi saya antusias saja untuk datang ke sini karena kan ini pertama kalinya, ya, jadi ingin merasakan suasananya saja. Ngobrolnya memang harus agak teriak, tapi enggak apa-apa, seru," kata salah satu pengunjung, Warda Nurhilda Shofia, kepada Republika.

Wajar bila masyarakat Indonesia antusias menyambut ajang balap MotoGP karena ini adalah yang pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir. Selain itu, pengunjung tidak hanya menikmati ajang balapan, mereka juga dapat menikmati panorama perbukitan dan pantai berpasir putih yang mengelilingi sirkuit sepanjang 4,3 kilometer tersebut.

"Saya juga menikmati pemandangannya, terus banyak jajanan juga di sini, jadi benar-benar seru, ya," kata wanita berusia 22 tahun tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar memastikan penyelenggaraan MotoGP Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) berlangsung aman dan lancar.

"Kenyamanan dan suasana kondusif di wilayah Sirkuit Pertamina Mandalika sangat penting, mengingat dunia sedang mengarahkan matanya ke Mandalika," kata dia saat meninjau lokasi balap MotoGP Mandalika.

Dia menegaskan, BNPT berkomitmen untuk berkolaborasi dengan semua pihak guna menyukseskan acara tersebut tanpa ada gangguan sekecil apa pun. "Oleh karena itu, mari bersama kita jaga muruah Mandalika dengan mengamankan event MotoGP Mandalika 2022," kata mantan kapolda Papua itu.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mafia Minyak Goreng Diburu

Kemendag telah menyerahkan data-data mengenai dugaan mafia minyak goreng ke KPPU.

SELENGKAPNYA

Hakim Lepas Pembunuh Laskar FPI

Keluarga korban menilai proses hukum kasus pelanggaran HAM itu sudah sesat sejak awal.

SELENGKAPNYA

Mengejar Popularitas Langit

Selebritas yang terlibat rupanya tak puas hanya terkenal di bumi, melainkan berharap meraih popularitas di langit.

SELENGKAPNYA