Sejumlah pekerja mengerjakan pengaspalan ulang tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). | ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.

Kabar Utama

Marquez dkk Bakal Berparade di Jakarta

Keberhasilan menggelar MotoGP 2022 akan menarik banyak investor berinvestasi di Indonesia.

JAKARTA -- Para pembalap MotoGP 2022 dijadwalkan melakukan parade dan bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta pada Rabu (16/3). Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, ada 17 pembalap yang akan mengikuti parade tersebut.

Erick mengatakan, para pembalap yang akan mengikuti parade dan bertemu Presiden, antara lain, Marc Marquez, Joan Mir, Maverick Vinales, dan Andrea Dovizioso. Parade dimulai dan diakhiri di Istana Merdeka, Jakarta. 

"Pada Rabu (16/3) akan diselenggarakan parade di Jakarta. Alhamdulilah Bapak Presiden nanti yang akan menerima rombongan para pembalap," kata Erick dalam konferensi pers perkembangan persiapan MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia, di Jakarta, Ahad (6/3).

Kata Erick, terdapat 17 pembalap yang akan mengikuti parade. Meski begitu, Erick belum dapat menjelaskan lebih rinci mengenai proses acara para pembalap selama di Jakarta nanti.

"Kedatangan pembalap masih dikoordinasikan dengan pihak Istana, apakah diterima di Istana atau apa, keputusan ada di Bapak Presiden," ucap Erick.

Erick menilai, animo masyarakat terhadap MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia begitu luar biasa. Hal ini terlihat dari tiket balapan utama pada Ahad (20/3) yang sudah habis terjual.

Ia mengatakan, tiket yang habis terjual berkat antusiasme yang meningkat dari masyarakat, baik individu, komunitas, para sponsor, korporasi baik BUMN maupun swasta, serta dukungan penuh dari pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Namun jangan khawatir, kita masih menyediakan tambahan kuota untuk fans Marc Marquez dan Maverick Vinales masing-masing 500 tiket Grandstand yang kami yakin akan diserbu fans," ucap Erick.

Selain itu, tiket harian Jumat (18/3) dan Sabtu (19/3) untuk sesi latihan dan kualifikasi juga masih tersedia. Erick menyampaikan, MotoGP 2022 merupakan gelaran internasional yang harus didukung seluruh masyarakat Indonesia karena ini tonggak sejarah bagi Indonesia. 

photo
Foto udara sejumlah pekerja mengerjakan pengaspalan ulang tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). Pengaspalan ulang lintasan dengan total panjang 1,2 km dikerjakan sesuai spesifikasi dari Dorna Sports dan FIM serta ditargetkan rampung pada 10 Maret. - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.)

"Sejak awal saya secara reguler memonitor persiapannya sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, apalagi ada kolaborasi BUMN yang erat di acara akbar ini," ungkap Erick.

Kata Erick, BUMN bekerja keras dan all out untuk memastikan ajang MotoGP 2022 berjalan baik. Total kontribusi BUMN terhadap gelaran MotoGP 2022 disebut melebihi Rp 3,8 triliun, mulai dari investasi pembangunan sirkuit, infrastruktur pendukung, pembangunan hotel untuk akomodasi, dan juga sponsorship.

Erick menyampaikan apresiasinya kepada sejumlah pihak seperti Komandan Lapangan MotoGP Hadi Tjahjanto dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah atas dukungan dan kerja kerasnya, termasuk kepada para sponsor, baik BUMN dan swasta. "Tentu juga saya berterima kasih atas animo masyarakat yang tinggi, tidak hanya fanbase MotoGP, tapi juga masyarakat Indonesia secara umum dan warga Lombok," kata Erick.

Erick menambahkan, ajang MotoGP 2022 akan memberikan reputasi positif Indonesia di kancah internasional. BUMN berkomitmen penuh mendukung kesuksesan MotoGP 2022 yang akan membawa dampak besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi bangsa.

Olahraga, kata Erick, merupakan salah satu media paling efektif dan efisien untuk promosi. Erick mencontohkan, kesuksesan Asian Games 2018 yang membuat nama Indonesia menjadi perhatian dunia internasional. Erick meyakini MotoGP 2022 juga akan mengikuti keberhasilan Indonesia dalam menggelar Asian Games pada 2018.

"Seperti Asian Games, semua dunia tahu. Pun juga dengan menjadi tuan rumah MotoGP selama sepuluh tahun, dengan siaran mencakup sepertiga penduduk dunia, ini promosi yang luar biasa. Promosi tercepat ya lewat event olahraga," ucap Erick.

Ia mengatakan, keberhasilan menggelar MotoGP 2022 akan menarik banyak investor berinvestasi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat hingga 2045. Apalagi, mayoritas penduduk Indonesia saat ini diisi generasi muda. "Kita lihat pertumbuhan industri motor akan terus berkembang."

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko mengatakan, MotoGP 2022 mendorong sinergitas yang besar antar BUMN. Ia menyampaikan, total investasi BUMN untuk perhelatan MotoGP 2022 yang sebesar Rp 3,8 triliun berasal dari berbagai perusahaan BUMN. 

photo
Serba-serbi Sirkuit Mandalika - (Republika)

Tiko mencontohkan, PT PP turut membangun sirkuit dalam bentuk pengaspalan. Kemudian, anak usaha PT Wijaya Karya (Wika), Wika Gedung, membangun paddock atau pit building modular

"Ada juga sponsorship Pertamina dengan title MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia, lalu ada Mandiri, BRI, Telkom yang nantinya punya lounge di atas bukit 360 derajat yang diharapkan jadi ikon di Mandalika," ucap Tiko.

Komandan Lapangan MotoGP Hadi Tjahjanto mengatakan, persiapan MotoGP 2022 terus dimatangkan, termasuk pembenahan jalur bypass dari Bandara Internasional Lombok-Bundaran Songgong yang sudah mencapai 80 persen. Hadi menyampaikan, proses perbaikan sirkuit juga terus dilakukan dan ditargetkan rampung pada 8 Maret. 

"Kami juga terus berkoordinasi dengan aparat dalam rekayasa lalu lintas untuk jalur darat dari lima pintu, yakni (pelabuhan) Gilimas, Bangsal, Lembar, Kayangan, dan Bandara Internasional Lombok sehingga tidak terjadi crowded," ujar Hadi.

photo
Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales memacu kecepatan sepeda motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Ahad (13/2/2022). - (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan, InJourney sebagai holding pariwisata dan pendukung juga melakukan sejumlah antisipasi dalam menghadapi tingginya animo masyarakat terhadap MotoGP 2022. Dony menyebut, animo tinggi terlihat dengan telah habisnya tiket untuk hari utama balapan pada Ahad (20/3).

"Atas arahan Pak Menteri karena banyaknya permintaan (masyarakat) untuk tidak menginap, maka kami tingkatkan (jumlah) penerbangan Bali-Lombok dan Surabaya-Lombok untuk Ahad (20/3)," kata Dony.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir yang selalu memonitor perkembangan persiapan MotoGP 2022. Zul sepakat dengan gagasan Erick bahwa olahraga menjadi media tepat dalam meningkatkan branding pariwisata NTB.

"Apa yang dikatakan Pak Erick memberikan cara baru dalam mempromosikan daerah kami. Selama ini kami promosi dengan biaya sangat mahal. Dengan MotoGP, saya kira akan membuat Mandalika dikenal di seluruh dunia," kata Zul. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Saudi Longgarkan Protokol Kesehatan

Pelonggaran dilakukan seiring mulai melandainya penyebaran Covid-19. 

SELENGKAPNYA

IMF: Dampak Perang Rusia-Ukraina Sangat Serius

Hingga saat ini, perundingan Rusia dan Ukraina belum membuahkan hasil kesepakatan.

SELENGKAPNYA