Warga menunjukkan aplikasi Digipark (Digital Palangkaraya Kreatif) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (18/1/2022). Pemerintah Kota Palangkaraya meluncurkan aplikasi Digipark tersebut bertujuan untuk mendukung implementasi digitalisasi transaksi da | ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Inovasi

Dukung UMKM Terus Bertransformasi

Solusi perbankan berbasis digital dapat memudahkan nasabah melakukan berbagai transaksi.

Era perkembangan digital saat ini turut meningkatkan kebutuhan masyarakat akan layanan yang mendukung gaya hidup serba cepat dan mudah, tak terkecuali dalam hal berbelanja. Saat ini, masyarakat juga semakin beralih menggunakan platform digital seperti llokapasar untuk berbelanja karena dinilai lebih mudah dan menghemat waktu. 

Tak hanya itu, tingginya kebutuhan masyarakat untuk berbelanja secara digital, juga makin menuntut Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk turut menjajakan produknya melalui platform digital. Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2021 dari Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai gross merchandise value (GMV) Indonesia pada 2021 diperkirakan mencapai total 70 miliar dolar Amerika Serikat (AS), dengan pertumbuhan tahunan sebesar 49 persen dibandingkan 2020. 

Peningkatan yang tajam ini sejalan dengan pertumbuhan nilai total transaksi sektor lokapasar sebesar 52 persen. Pada Senin (21/1), Bank DBS Indonesia mengumumkan kerja sama dengan Carinih, perusahaan berbasis teknologi yang mengutamakan kolaborasi ekosistem guna mendukung transformasi digital bagi UMKM baik secara daring maupun luring. 

Bergabung menjadi nasabah Bank DBS Indonesia sejak Desember 2021, Carinih menghadirkan aplikasi yang dilengkapi dengan DBS Max Qris. “Melihat geliat digitalisasi pada sektor UMKM mendorong Bank DBS Indonesia untuk secara aktif memberikan solusi perbankan yang mudah, aman, dan nyaman,” ungkap Angela Thenaria selaku SVP Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by CARInih (@carinih)

Menurutnya, solusi perbankan berbasis digital dapat memudahkan nasabah melakukan berbagai transaksi, sehingga membantu pertumbuhan bisnis mereka. “Dengan mendukung pengadopsian teknologi digital pada sektor UMKM, maka Bank DBS Indonesia turut menjadi bagian dari ekosistem digital serta mempercepat inklusi finansial di Tanah Air,” kata Angela. 

Layanan DBS Max Qris yang tersedia pada aplikasi Carinih merupakan sistem pembayaran digital menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) yang memberikan pelayanan penyelesaian kredit secara real time dengan memindai untuk membayar atau scan and pay. Layanan ini akan memberikan laporan yang komprehensif dengan mengintegrasikan transaksi dari berbagai QRIS melalui QRIS-Encore report untuk memudahkan proses pembayaran ke mitra. 

Ketika pelanggan ingin menggunakan metode pembayaran QRIS, pelanggan juga dapat memilih sumber pembayaran. Baik menggunakan bank atau e-wallet. Setelah itu, pelanggan akan menerima notifikasi transaksi secara real time melalui instant credit notification.  

Dalam rangka peluncuran aplikasinya, Carinih juga mengajak untuk turut mengambil bagian dalam mendukung UMKM Indonesia dengan memberikan promo menarik bagi pelanggan yang mengunduh aplikasi Carinih di Google Play Store. Yaitu, berupa penawaran harga spesial Rp 22,- untuk seluruh produk teman dan mitra UMKM bertanda khusus, yang dapat dipesan di Aplikasi dari 22 Februari sampai dengan 20 Maret 2022. 

Tingkatkan Online Presence

photo
Membangun bisnis dari rumah di masa pandemi (ilustrasi) - (Dok Niagahoster)

Dengan maraknya bisnis daring yang meraih kesuksesan di masa pandemi dan era digital ini, tidak sedikit orang awam yang ikut tertarik untuk mencoba peruntungan yang sama. Memanfaatkan keterampilan mereka untuk membuat suatu produk, banyak orang pun mulai mencoba masuk ke dunia bisnis.

Pebisnis pemula yang baru memulai bisnis, saat ini akan membutuhkan solusi daring agar mudah ditemukan di mesin pencari internet, seperti Google dan Bing. Dilansir dari Forbes, 84 persen konsumen meriset tentang informasi suatu bisnis lewat mesin pencari dan 81 persen konsumen juga menjelajah internet ketika akan membeli suatu barang. 

Untuk membangun online presence yang ramah pencarian Google atau mesin pencari lain, yang bisa dilakukan oleh pemilik bisnis adalah membuat laman dengan nama domain yang merepresentasikan bisnisnya. Membuat laman sederhana pun tidak sulit karena ada banyak pilihan platform pembuatan laman yang menawarkan kemudahan, seperti WordPress dan Blogger. 

WordPress menjadi yang paling banyak digunakan karena memiliki banyak keunggulan bagi pengguna yang memang ingin fokus pada bisnis, tanpa perlu memikirkan banyak hal teknis, seperti jumlah bandwidth, keamanan, dan penanganan ketika laman diserang peretas. 

Pemilik bisnis juga bisa melakukan upgrade untuk memiliki custom domain dengan ekstensi .com, .id, .co.id atau lainnya, yang akan meningkatkan kredibilitas laman. Namun, kebanyakan dari pengguna WordPress dan Blogger enggan untuk melakukan upgrade tersebut karena biaya yang mahal.

photo
Membuat laman untuk berjualan dari kini lebih mudah dengan WordPress. - (Dok Niagahoster)

Sebagai solusi dari hal tersebut, pekan lalu, Niagahoster menyediakan layanan terbaru, yaitu Simple WordPress yang akan memberikan kemudahan bagi pengguna, terutama para pemula, untuk upgrade lamannya, dengan biaya yang lebih terjangkau. Sesuai namanya, Simple WordPress Niagahoster memiliki panel kelola yang sederhana dan memberikan kebebasan pengguna untuk mengatur websitenya. 

Product Manager Niagahoster, Dani Indra Kusworo, mengatakan, Simple WordPress didesain sebagai layanan yang mudah digunakan.  Tidak hanya bagi pengguna WordPress dan Blogger yang ingin upgrade hosting dan domain, namun juga untuk pengguna yang masih awam dalam mengelola hosting.  

“Pengguna Simple WordPress, pengguna bisa fokus pada konten website dan tidak perlu pusing memikirkan kelola hosting atau mengurus berbagai macam masalah teknis, seperti kecepatan akses website dan keamanan. Website yang digunakan sebagai online presence juga semakin ramah pencarian Google dengan berbagai custom domain gratis yang disediakan,” jelas Dani.

Tim Niagahoster juga akan membantu proses transfer atau migrasi bagi pengguna yang sudah memiliki laman di layanan WordPress atau Blogger. Indra menambahkan, laman yang menggunakan layanan Simple WordPress juga akan terlindungi dari serangan trafik palsu, peretas, malware, dan spam

Selain itu, pengguna juga lebih aman serta aman dari kehilangan data penting dengan adanya keamanan ekstra dan scanning malware setiap pekan. 

 
84 persen konsumen meriset tentang informasi suatu bisnis lewat mesin pencari.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat