Personel Satuan Pengamanan (Satpam) mengenakan seragam baru saat mengikuti Upacara HUT ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta, Rabu (2/2/2022). | Republika/Thoudy Badai

Kisah Dalam Negeri

Warna Krem yang Memantik Rindu Seragam Lama

Sebagian petugas keamanan tak sreg dengan warna seragam satpam terkini.

OLEH EVA RIANTI, ALI MANSUR

Tidak suka pada pandangan pertama. Itulah yang dirasakan sejumlah satuan pengamanan (satpam) ketika ditanya tentang seragam baru mereka. Walapun begitu, seragam warna anyar itu telah diresmikan oleh Korbinmas Baharkam Polri pada Rabu (2/2), kemarin.

Seragam baru berwarna krem tersebut langsung membuat sejumlah satpam di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kurang tertarik. Salah satunya Sigit (26 tahun) yang mengaku rindu dengan seragam lamanya. Menurut dia, dari segi warna dan bahan, seragam pada 2018-2019 membuatnya nyaman.

"Lebih enak yang dulu warna biru, bahannya enggak tebal. Warnanya juga enggak cepat kotor, di lapangan kan kena debu," kata dia saat ditemui Republika di lokasi pekerjaannya di Serpong, Rabu (2/2).

photo
Personel Satuan Pengamanan (Satpam) mengenakan seragam baru saat mengikuti Upacara HUT ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta, Rabu (2/2/2022). Korbinmas Baharkam Polri resmi memperkenalkan seragam baru milik personel Satuan Pengamanan (Satpam) berwarna krem saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-41 Satpam. - (Republika/Thoudy Badai)

Jika boleh memilih, Sigit ingin seragam satpam yang dahulu itu kembali digunakan. Namun ia menyadari pilihan itu tidak ada. Sigit akan mengikuti aturan yang diterapkan. "Ngikut saja. Tergantung pemerintah saja," kata dia.

Satpam lainnya, Muslimin (20) mengaku merasakan hal yang sama. Ia telah mengetahui adanya seragam baru tersebut, namun dirinya masih mengenakan seragam yang lama yang membuatnya mirip polisi. "Seragam yang baru menurut saya bagusan yang ini. Kalau yang (seragam baru) itu kurang sreg," kata Muslimin.  

Sejauh ini, dia mengaku hanya keberatan soal warna saja. Sebab, dia belum bisa memastikan akan suka atau tidak setelah mengetahui bahan atau aspek lain pada seragam tersebut.  

"Tapi bagaimanapun, mau enggak mau ya tetap pakai, yang namanya peraturan," kata dia.

Korbinmas Baharkam Polri secara resmi mengenalkan warna baru segaram satuan pengamanan (satpam) dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-41 Satpam, di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2) pagi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menyebutkan, upacara itu sekaligus mengenalkan warna seragam baru satpam yang berganti dari warna cokelat muda menjadi warna krem. “Iya betul, tanggal 2 Februari dikenalkan (seragam baru),” kata Ramadhan.

Ahmad Deny, seorang Satpam di kawasan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, mengaku sedikit kecewa dengan warna baru seragamnya. Dia menilai seragam terbaru terlalu cerah sehingga mudah kotor. "Kalau dibilang rapi, ya rapi, tapi kalau kotor enggak enak kita memandangnya," kata Deny, kemarin.

Sama dengan Sigit, Pria asal Banten itu mengaku lebih suka seragam warna biru. Selain tidak mudah kotor, seragam itu sudah melekat di masyarakat sebagai ciri khas Satpam. "Harapannya balik ke warna biru sepertinya kecil kemungkinan, untuk kita balik lagi ke warna biru khasnya Satpam, tapi kalau bisa cukuplah, enggak usah ganti-ganti lagi," kata Deny.

photo
Personel Satuan Pengamanan (Satpam) mengenakan seragam baru saat mengikuti Upacara HUT ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta, Rabu (2/2/2022). - (Republika/Thoudy Badai)

Sindiran  

Bukan saja perkara tidak suka. Seragam baru itu membuat para satpam juga sebagai bahan sindirian. Sejumlah warganet menyebut seragam itu mirip polisi India. Akun TikTok @normnsyah mengunggah sebuah video para satpam mengenakan seragam mereka yang terbaru.

Ungguhan tersebut pun langsung dibanjiri komentar beragam. "Beneran kaya polisi India lama-lama," kata pemilik akun TikTok bernama Yesyeryn Sebastian pada Senin (31/1).

Pemilik akun w1nd4_93 lebih mendetail. Seragam baru itu, kata dia, mirip seragam polisi di film kartun India Shiva. "Kaya polisi di film shiva, enggak sih?" tanya dia.

Lalu, pemilik akun TikTok bernama Endru mengatakan, lebih suka seragam yang lama daripada yang sekarang. "Jujur aku lebih bangga dengan seragam lama satpam. Kemeja putih celana biru dongker. Salam dari anak satpam," kata dia. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mabes Polri News (@mabespolrinews)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat