Pemain Argentina Lionel Messi. | EPA-EFE/JUAN IGNACIO RONCORONI

Olahraga

Kualifikasi Piala Dunia: Cile Butuh Menang, Argentina Gengsi

Melawan Cile tak selalu mulus untuk Tim Tango Argentina.

CALAMA -- Argentina berusaha memperpanjang rekor tak terkalahkan di semua kompetisi menjadi 27 pertandingan ketika melawan Cile dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar Zona CONMEBOL, di Stadion Zorros del Desierto, Calama, Jumat (28/1) pagi WIB. Tak ada target khusus bagi Argentina selain itu karena sudah mendapatkan tiket ke Qatar.

Berbeda dengan tuan rumah yang berharap bangkit dari kekalahan terakhir dan kembali ke empat besar klasemen. Cile kini duduk di posisi keenam dengan poin 16 hasil dari 14 pertandingan. Mereka hanya tertinggal satu angka dari tim peringkat keempat Kolombia.

La Albiceleste sudah mengamankan tiket ke Qatar ketika bermain imbang tanpa gol melawan Brasil pada laga sebelumnya. Hasil tersebut cukup bagi mereka menyusul Selecao yang lebih dulu mendapatkan tiket ke Qatar. Argentina duduk di posisi kedua klasemen terpaut enam poin dari pemuncak klasemen Brasil.

Andai kalah dalam lima sisa laga, posisi Argentina sudah dijamin berada di empat besar untuk otomatis lolos ke Qatar. Sebab, Argentina unggul 12 poin dari tim peringkat kelima Peru yang memainkan satu pertandingan lebih banyak.

Pertahanan Argentina tampil kuat pada akhir 2021. Mereka mampu menjaga clean sheet dalam enam pertandingan terakhir dengan empat di antaranya berakhir dengan kemenangan. Namun, melawan Cile tak selalu mulus untuk Tim Tango. Mereka kebobolan dalam dua pertemuan terakhir yang keduanya berakhir imbang 1-1. Argentina juga memiliki hasil beragam ketika berkunjung ke kandang Cile dalam enam pertemuan terakhir, yakni menang, kalah, dan seri masing-masing dua kali.

Scaloni tidak akan ikut serta dalam perjalanan Argentina ke Cile karena positif Covid-19. Tugasnya di pinggir lapangan akan digantikan oleh asistennya, Walter Samuel dan Roberto Ayala. “Saya baik-baik saja, pulih, tapi PCR-nya tetap positif,” kata Scaloni dikutip dari AP, Kamis (27/1).

Kapten Argentina Lionel Messi pun akan absen karena baru pulih dari Covid-19. Karena itu, Paulo Dybala diharapkan menjadi pengganti Messi dalam starting XI. Scaloni mengaku telah berbicara dengan Messi setelah dia dinyatakan positif Covid-19. “Penting baginya untuk pulih, merasa fit karena akan ada momen-momen penting di depan,” kata dia menjelaskan.

Adapun Cile belum kehilangan harapan mengamankan tempat di Qatar karena hanya terpaut satu angka dari Kolombia di peringkat keempat. Cile harus berada dalam top performa pada sisa kualifikasi jika ingin memiliki peluang finis di empat besar.

Sebab, setelah meladeni Argentina, mereka akan melawan dua lawan berat, yakni Brasil dan Uruguay. Absennya Messi, Cristian Romero, dan Joaquin Correa di kubu Argentina sedikit memberikan ruang bagi tuan rumah untuk mengamankan tiga poin.

Sementara, Cile tak bisa memainkan Arturo Vidal karena diskors sehingga Charles Aranguiz, Erick Pulgar, dan Claudio Baeza kemungkinan akan dipasang di lini tengah. Di lini depan, ada Alexis Sanchez, Ben Brereton Diaz, dan Eduardo Vargas yang diperkirakan menjadi tumpuan.

Persaingan mendapatkan dua sisa tiket langsung ke Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL sangat ketat. Tim peringkat keempat hingga sembilan berselisih poin sangat tipis. Paraguay yang menghuni urutan kesembilan mengemas 13 poin, terpaut empat angka dari Kolombia dan Peru di urutan keempat dan kelima.

Bolivia di urutan kedelapan hanya tertinggal dua angka dari dua tim tersebut. Sedangkan, Uruguay dan Cile memiliki poin sama, yakni 16, hanya tertinggal satu angka dari Peru dan Ekuador.

Oleh karena itu, persaingan diperkirakan akan ketat hingga akhir kualifikasi untuk memperebutkan dua tiket langsung ke Piala Dunia dan satu tiket lewat babak play-off.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat