Gen-i | Republika

Geni

Harmonisasi Lagu, Tari, dan Akting

Peserta yang mengikuti audisi memiliki latar belakang beragam.

Oleh Harmonisasi Lagu, Tari, dan Akting

Adyla Rafa Naura Ayu atau lebih dikenal dengan panggilan Naura dengan lihainya bernyanyi, menari, dan berakting di atas panggung Indonesia Menuju Broad way. Penyanyi cilik ini juga fasih berbicara bahasa Inggris saat mengucapkan dialog demi dialog.Ekspresi wajahnya juga tampak bahagia.

Aura bahagia juga terpancar dari 67 anak lain yang ada di panggung tersebut. Mereka dibagi dalam tiga grup dan memainkan tiga cerita berbe da. Cerita pertama mengisah kan ten tang kehidupan realitas dan yang ada di fantasi anak-anak. Cerita kedua mengenai kehidupan masyarakat dengan kondisi ada yang optimistis dan realistis.

Sementara yang ketiga lebih tentang kehidupan seseorang. Kadang orang baik bisa juga jadi baik. Begitu juga sebaliknya, orang baik bisa menjadi tidak baik. Lalu pada penampilan final mereka, semua peserta muncul bersama dalam satu panggung.

Menurut Deputy Program Manager Bakti Budaya Djarum Foundation Billy Gamaliel, semua cerita tidak berkaitan satu sama lain. Tidak ada makna khusus yang mau disam paikan di pertunjukan yang menam pilkan 45 lagu tersebut.

Secara visual, perpaduan akting, lagu, dan gerak tari pengisi acara tam pak sangat baik. Mereka bisa menguasai semua materi walaupun hanya empat hari latihan. "Pada hari terakhir, penampilan mereka memang hebat-hebat banget. Tadi nya mereka yang bakatnya penyanyi, tapi mau tidak mau dan akhirnya belajar menari hanya dalam beberapa hari.

Mereka yang tidak biasa akting, tidak biasa main teater, jadi belajar akting.Bisa menampilkan suatu per tunjukan bersama dalam waktu em pat hari itu sudah hebat banget, ujarnya kepada Republika, be lum lama ini.

Bakti Budaya Djarum Foundation melalui program Ruang Kreatif mempersembahkan Indonesia Menuju Broadway yang diperuntukkan para seniman muda berbakat di Indonesia.Bekerja sama dengan Passport to Broad way, New York, Indonesia Menu ju Broadway merupakan sebuah program beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar Broad way di Indonesia.

Pendaftaran program Indonesia Menuju Broadway ini telah dibuka mulai 10-28 Januari 2019 melalui website www.indo nesia kaya.comdan di ikuti 672 peserta. Jumlah ter sebut kemudian terpilih sekitar 243 peserta yang mengikuti proses audisi bersama para juri yang berbakat dan berpe ngalaman di dunia seni pertun jukan.Sebut saja Ari Tulang, Garin Nugroho, Andrea Miranda, dan Ufa Sofura.

Peserta yang mengikuti audisi memiliki latar belakang beragam.Mulai dari pelajar, pekerja seni, lulusan ajang pencarian bakat, penyanyi yang sudah memiliki album, penari, hingga pemain film yang pernah masuk nominasi dan memenangkan piala Citra. Audisi oleh para juri ini ber hasil memilih 70 orang peserta yang berhak mengikuti program intensif bersama para pengajar dari StudentsLive-Passport to Broadway.Pelatihan ini berlangsung dari 20-24 Februari 2019 dan bertempat di Balai Resital Kertanegara, Jakarta. Mereka berusia 9-32 tahun.

"Dalam iklim global yang sulit dan terus berubah ini, StudentsLive-Passport to Broadway merasa terhor mat da pat menjalin kerja sama de ngan organisasi seperti Bakti Budaya Djarum Foundation dalam mening katkan pemahaman dan apresiasi akan ber agam budaya dan masya ra kat seluruh dunia melalui pelatihan studi teater yang begitu universal."


Sutradara artistik dari StudentsLive-Passport to Broadway, Amy Weins tein, menjelaskan, ini meru pakan model program pelatihan Broadway Musical Theatre intensif yang melatih para seniman muda bercita- cita tinggi dari seluruh Indonesia dalam keterampilan dan pendidikan seni teater musikal. Ini merupakan kali pertama bagi StudentsLive, A Global Arts Education Company and Passport to Broadway Internasional, bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation dalam program Indonesia Menuju Broadway.

"Dalam iklim global yang sulit dan terus berubah ini, StudentsLive-Passport to Broadway merasa terhor mat da pat menjalin kerja sama de ngan organisasi seperti Bakti Budaya Djarum Foundation dalam mening katkan pemahaman dan apresiasi akan ber agam budaya dan masya ra kat seluruh dunia melalui pelatihan studi teater yang begitu universal," ujarnya.

Program-program ini memungkinkan para pelajar ataupun seniman generasi muda untuk menjadikan seni sebagai bagian utama kehidupan mereka. Kemudian mampu meng eksplorasi beragam seni, tidak hanya sebagai kegiatan tambahan atau hanya sebagai penonton di dalam sebuah pertunjukan.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian mengatakan, selama lima hari, 70 peserta terpilih memiliki kesempatan eksklusif untuk berkolaborasi bersama tim Broadway papan atas.

Mulai dari sutradara, direktur musik, koreografer, hingga tim pendukung produksi dan panggung Broadway.

Dalam pelatihan intensif ini, para peserta akan memainkan karya-karya musikal Broadway ciptaan penulis dan komposer terbaik dari Amerika Serikat. Dari pelatihan ini, dipilih 16 orang yang berkesempatan untuk diberangkatkan ke New York oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan mendapatkan pelatihan di Broad way dari para spesialis teater musikal terbaik selama lima hari pada Juli 2019.

"Peserta terpilih ini akan melihat langsung pertunjukan Broadway, mengikuti tur backstage, melihat pro ses produksi di belakang pang gung, dan mendapatkan akses untuk ber te mu langsung dengan para artis Broad way,ujarnya. (ed:mansyur faqih )

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat