Warga berada di sekitar bangunan yang hangus terbakar di kawasan pemukiman penduduk, Kembangan Utara, Jakarta, Minggu (9/7). | ANTARA FOTO

Metro

40 Rumah di Kembangan Dilalap Api

Sebanyak 120 jiwa terdampak kebakaran yang menghanguskan rumah tinggal.

JAKARTA -- Permukiman di Jalan Teratai RT 09/09, Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat, ludes dilalap api pada Senin (23/9). Kepala Seksi Operasional Penanggulangan Kebakaran Jakarta Barat Rompis Romli menduga kebakaran berasal dari arus pendek listrik (korsleting) di salah satu rumah warga.

"Api dapat dilokalisasi pada pukul 08.10 WIB, jadi tinggal proses pendinginan. Kalau penyebab kebakaran, diduga korsleting listrik," kata Rompis.

Sebanyak 14 unit pemadam kebakaran diterjunkan dalam pemadaman. Namun, saat pemadaman, petugas mendapat kendala lantaran akses jalan menuju titik api cukup sempit.

Untuk memudahkan pemadaman api, jalan dari arah Basmol menuju Kembangan terpaksa dialihkan ke Pasar Kemiri menuju Bojong dan Kembangan. Hingga saat ini, kasus kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan pihak Polsek Kembangan, Jakarta Barat.

Sebanyak 120 jiwa terdampak kebakaran yang menghanguskan rumah tinggal di kawasan padat penduduk ini. "Kurang lebih 40 rumah, 120 jiwa yang terdampak kebakaran," ujar Camat Kembangan, Agus Ramdani.

Agus mengatakan, saat ini warganya tengah mendapat bantuan dari Suku Dinas Sosial Pemerintah Kota Jakarta Barat. Sebanyak 150 paket makanan, tenda pengungsi, dan kebutuhan pokok lainnya sudah tersedia di lokasi pengungsian.

Agus memperkirakan, total kerugian akibat kebakaran tersebut berkisar ratusan juta rupiah, terhitung dari rumah petak yang terbakar dan masing-masing satu unit mobil, sepeda motor, dan sepeda yang terbakar.

Taksi terbakar

Sementara itu, sebuah taksi warna putih jenis Toyota Vios Limo bernomor polisi B 1990 BTE terbakar di Jalan Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur, pada Ahad (22/9) pukul 21.32 WIB. Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur mengatakan, mobil taksi terbakar akibat korsleting arus pendek listrik pada bagian mesin.

"Arus pendek bagian mesin. Ada yang korslet dan mesin terbakar," ujar Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, Senin (23/9).

Mobil milik perusahaan transportasi umum Taksi Ekspress itu terbakar pada bagian kap mesin mobil hingga sebagian komponen kendaraan meleleh. Kebetulan saat kejadian, taksi tersebut tidak mengangkut penumpang.

Sopir taksi, Rosidin, kata Gatot, dilaporkan selamat dari insiden kebakaran. "Sopir langsung keluar dari mobilnya beberapa saat setelah api mulai membesar," kata dia.

Satu unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api selama setengah jam. "Tepat pukul 22.01 WIB, api berhasil kita kuasai. Kerugian materi akibat peristiwa tersebut ditaksir mencapai Rp 80 juta," ujar dia menambahkan. n antara ed: bilal ramadhan

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat