Kesebelasan Denmark dalam pertandingan Piala Eropa 2020 | EPA-EFE/Mads Claus Rasmussen /RITZAU SCANPIX
17 Jun 2021, 09:08 WIB

Duel Emosional Denmark Versus Belgia

Stadion Parken akan dipadati para pendukung untuk menyaksikan tim pemenang, apakah Denmark atau Belgia.

KOPENHAGEN — Timnas Denmark gagal mengamankan kemenangan pada pertandingan pembuka Grup B Euro 2020. Kondisi itu berbanding terbalik dengan Belgia yang justru tengah dalam kepercayaan diri tinggi setelah memetik kemenangan 3-0 atas Rusia. Kedua tim beda nasib ini akan saling berhadapan pada matchday kedua Grup B Euro 2020 di Stadion Hampden Park, Kopenhagen, Denmark, Kamis (17/6) malam WIB.

Denmark datang dengan ambisi untuk bisa bangkit setelah dipermalukan 0-1 oleh Finlandia. Tim besutan Kasper Hjulmand itu sadar hasil negatif pada laga nanti bakal mengakhiri perjalanan mereka di ajang empat tahunan negara-negara Benua Biru.

Hjulmand menegaskan, kekalahan dari Finlandia yang sebelumnya diawali kolapsnya Christian Eriksen tak membuat pemainnya trauma. Meski harus kehilangan sosok kreator lini tengah itu, sang pelatih tetap yakin tim Dinamit bakal tampil dengan kepala tegak.

"Tak ada yang bisa menggantikan Christian Eriksen. Namun, kami akan mencoba memanfaatkan emosi para penonton (Hampden Park) untuk bisa meraih hasil positif," kata Hjulmand menegaskan, dikutip France24, Rabu (16/6).

Terkait

Stadion Parken yang merupakan markas timnas Denmark setidaknya akan dipenuhi 25 ribu penggemar setelah pihak pemerintah memutuskan untuk melonggarkan protokol kesehatan pandemi Covid-19. Denmark masih memiliki kans untuk lolos ke fase gugur dengan syarat harus mengamankan tiga angka ketika bentrok melawan tim peringkat teratas FIFA, Belgia.

Kehilangan Eriksen jadi pukulan berat untuk kampiun Piala Eropa 1992 silam. Sebab, Eriksen merupakan ruh permainan lini tengah tim Dinamit bersama Pierre-Emile Hojbjerg. Gelandang yang bermain untuk Inter Milan bukan hanya sekadar pengumpan dan pelayan juru gedor tim. Eriksen juga kerap jadi ancaman bagi lawan ketika mengeksekusi tendangan bebas.

Namun, Hjulmand tak ingin timnya berlarut dalam kegundahan. Dia berharap Simon Kjaer dan kawan-kawan dapat menggunakan emosi mereka ketika berada di atas lapangan sekaligus tampil habis-habisan demi menjaga harapan untuk lolos ke fase selanjutnya.

"Kami harus menggunakan emosi tersebut dengan baik, mendistribusikannya ketika di dalam pertandingan dan siap untuk bertarung hingga 90 menit," ujar pelatih berusia 49 tahun itu.

Timnas Belgia memiliki modal bagus untuk menjalani pertarungan kedua. Pasukan Roberto Martinez sementara menduduki posisi teratas klasemen Grup B. The Red Devils membawa misi kemenangan sekaligus memastikan tiket untuk lolos ke babak knock-out.

Pelatih Roberto Martinez menjelaskan, Belgia harus menjaga kondisi skuad-nya mengingat mereka harus menjalani pertandingan di dua negara yang berbeda. Setelah berkunjung ke Saint Petersburg, Romelu Lukaku dan kolega bakal bertolak ke Kopenhagen.

 
Kami harus memastikan bahwa persiapan kami berjalan dengan bagus.
ROBERTO MARTINEZ
 

"Bermain di Rusia dan kemudian ke Denmark di laga kedua sebelum kembali ke St Petersburg di laga ketiga. Kami harus memastikan bahwa persiapan kami berjalan dengan bagus," kata Martinez dikutip laman resmi UEFA.

Pada matchday 2 nanti, Belgia akan kehilangan Timothy Castagne yang didera cedera. Bek milik Leicester City itu bahkan dilaporkan harus absen sampai turnamen selesai akibat cedera yang didapatkan saat melawan Rusia.

Lukaku bakal kembali menjadi andalan lini gedor Setan Merah. Dua gol penyerang Inter Milan ke gawang Rusia memberikan garansi kepada Martinez.


×