Ilustrasi kegiatan UMKM di masa pandemi. | Dok Telkomsel

Inovasi

Gulirkan Semangat Transfomasi Digital

UMKM di Indonesia diharapkan semakin banyak yang bertransformasi digital.

Selama pandemi berlangsung, proses transformasi digital industri usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus bergulir. Pada Jumat (7/5), Telkomsel berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Kota Surakarta untuk menyukseskan program UMKM Surakarta Go Digital.

Senior Vice President Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir menjelaskan, Telkomsel berkomitmen mendukung UMKM agar dapat terus melesat dalam mengembangkan usahanya. “Ini sejalan dengan visi dalam memperluas peluang pemanfaatan teknologi terdepan di berbagai bidang,” ujarnya. 

Menurut Dharma, melalui kerjasama strategis ini, diharapkan akan lebih banyak UMKM di seluruh Indonesia, termasuk di antaranya UMKM di Kota Surakarta, yang dapat merasakan manfaat dari dukungan solusi digital yang disediakan oleh Telkomsel. Dukungan yang diberikan oleh Telkomsel adalah pemberian 1.000 lisensi Aplikasi Pembukuan Digital, bersama dengan Paket Edukasi Pelatihan dan Pendampingan Digital Aplikasi 99 Persen Usahaku. 

Paket ini merupakan platform layanan berbasis aplikasi digital untuk para pelaku UMKM, dimana di dalamnya menyediakan berbagai konten pembelajaran tentang bisnis mikro dan menengah. Sekaligus juga, forum komunikasi antar pegiat UMKM bagi para pelaku UMKM Kota Surakarta.

photo
Ilustrasi UMKM Go Digital - (Dok Telkomsel )

Kepala Dinkop UKM Kota Surakarta Heri Purwoko JS SH MM mengungkapkan, apresiasinya terhadap dukungan yang diberikan oleh Telkomsel, karena hal tersebut dinilai mampu bantu meningkatkan performa usaha para pelaku UMKM setempat. 

Dalam mengakselerasikan akses gaya hidup digital kepada para pelaku UMKM, ia melanjutkan, pelatihan dan pendampingan UMKM Go Digital akan terus berlangsung hingga akhir 2021, baik secara luring maupun daring. Kolaborasi ini juga didukung oleh Bank Jateng yang menghadirkan serangkaian edukasi tentang pentingnya pengelolaan laporan keuangan yang efisien berbasis digital. 

Hal ini dilakukan agar para pegiat UMKM di Kota Surakarta menjadi bankable, atau memenuhi syarat perbankan untuk mendapatkan kredit usaha. Dharma mengungkapkan, ke depannya, platform 99 persen Usahaku akan menghadirkan berbagai dukungan strategis lainnya bagi para pelaku UMKM, seperti layanan Pinjaman Modal Kerja untuk transaksi di luar produk pulsa dan paket data Telkomsel, layanan procurement yang membantu UMKM dalam melakukan pengadaan secara mudah dan terjangkau, serta layanan marketing untuk membantu pegiat UMKM memperluas jaringan pemasarannya. 

Memperkenalkan Semangat Wirausaha

photo
Ilustrasi usaha kecil di masa pandemi - (Dok FedEx Express)

Upaya untuk memperkenalkan semangat wirausaha juga dilakukan FedEx Express, anak perusahaan dari FedEx Corp yang merupakan salah satu perusahaan transportasi ekspres di dunia. Berkolaborasi dengan Prestasi Junior Indonesia, anggota organisasi non-profit JA Worldwide, FedEx Express menggelar kompetisi International Trade Challenge pada April 2021.

Melalui kompetisi ini, FedEx Express ingin membangkitkan semangat kewirausahaan dan kemampuan berbisnis anak muda Indonesia. Hal ini selaras dengan komitmen perusahaan untuk mendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) dan membantu wirausahawan lokal untuk meraih peluang global dan memicu pertumbuhan bisnis mereka.

Managing Director, Indonesia and Asia Pacific Agent-Served Countries FedEx Express, Rhicke Jennings menjelaskan, FedEx bangga dapat menyelenggarakan kompetisi ini di Indonesia untuk pertama kalinya. “Selama 15 tahun berturut-turut, FedEx, bersama JA Worldwide, telah berhasil mendukung lebih dari 28.500 wirausahawan muda di Asia Pasifik melalui kompetisi International Trade Challenge,” ujarnya. 

Antusiasme dan potensi besar kaum muda Indonesia pun ternyata amat besar. “Kami berharap program ini dapat mendukung perjalanan para bakat-bakat muda dalam meraih sukses dan menimba ilmu sekaligus pengalaman, dan pada akhirnya bias berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan Indonesia,” jelasnya Rhicke melanjutkan. 

Dalam program ini, sebanyak 150 siswa kelas tujuh hingga 11 dari seluruh Indonesia ikut berpartisipasi dalam workshop. Kompetisi ini diadakan dalam tiga tahap dan meliputi dua workshop virtual. 

Kedua workshop ini, meliputi sesi pembelajaran interaktif, diskusi inspiratif, dan bimbingan dari FedEx, PJI dan para pembicara yang akan membahas konsep utama dari logistik, finansial, dan perdagangan global. “FedEx International Trade Challenge adalah kesempatan yang sangat baik bagi kaum muda Indonesia untuk terlibat aktif dalam kegiatan yang menekankan pentingnya interkoneksi dalam ekonomi global,” ungkap Siddharta Moersjid selaku Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia. Hal ini, ia melanjutkan, digarapkan akan mendukung aspirasi kaum muda untuk berpartisipasi dalam peluang ekonomi yang membangun hubungan positif lintas batas. 

 

 

Dalam mengakselerasikan akses gaya hidup digital kepada para pelaku UMKM, pelatihan dan pendampingan UMKM Go Digital akan terus berlangsung hingga akhir 2021.

Dharma Simorangkir, Senior Vice President Enterprise Telkomsel

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat