Bekerja dari Rumah | Dok Sharp Electronics Indonesia

Inovasi

Perangkat Teknologi Andal Kian Dibutuhkan

Seiring peralihan pola kerja, kini para karyawan sangat bergantung pada teknologi,

Pandemi kali ini membawa banyak sekali dinamika dalam kehidupan sehari-hari.  Di industri teknologi, pandemi juga melahirkan urgensi-urgensi baru. 

Salah satunya, tranformasi digital yang teah sejak beberapa tahun belakangan, rajin didengungkan seakan mendapat momentum baru. President Director HP Inc Indonesia, Fiona Lee menjelaskan, dengan pergeseran yang begitu cepat menuju cara kerja baru, banyak orang Indonesia ditantang untuk terus produktif sambil mempertahankan bisnis mereka. 

Saat ini, ada sekitar satu juta orang Indonesia bekerja dari rumah di Jakarta. “Perubahan besar pada gaya kerja ini mengakibatkan permintaan tinggi untuk teknologi terpercaya, andal, platform kolaborasi, dan perangkat yang sangat penting untuk kelangsungan dan kesuksesan usaha,” Fiona menjelaskan. 

Menurutnya, pada masa-masa ini, HP telah mendukung para pelanggan melalui berbagai cara. Salah satunya, melalui platform HP for Business. Platform ini menyediakan pengetahuan dan wawasan yang relevan secara lokal, serta informasi produk dan layanan seperti laptop, printer, dan solusi bisnis.

Seiring dengan makin banyaknya perusahaan yang beralih ke pola bekerja jarak jauh, para karyawan ini sangat bergantung pada teknologi untuk memastikan lancarnya pekerjaan mereka. Teknologi pun dapat memastikan para karyawan ini tetap terhubung, terlibat, dan tergabung dalam kolaborasi tim. 

Dengan teknologi, para pemimpin perusahan atau organisasi bisa menentukan touchpoint harian, menetapkan pedoman yang jelas, menyelaraskan ekspektasi, dan merayakan pencapaian kerja, meski kini karyawan ada di lingkungan kerja yang saling berjauhan. “HP pun terus memenuhi kebutuhan lokal akan inovasi teknologi. Beberapa peluncuran terbaru untuk memenuhi kebutuhan ini termasuk HP ProBook 405 series baru, HP EliteBook x360 baru, HP EliteBook 800 series, HP EliteDesk 800 series, HP ProDesk series dan yang akan segera hadir, HP ZBook Firefly series baru,” ungkap Fiona. 

Meski sempat terkendala pandemi, Fiona mengakui, saat ini, bekerja dan belajar dari rumah, telah meningkatkan permintaan inovasi yang memungkinkan konsumen beraktivitas dari rumah. Permintaan di seluruh lini bisnis HP, termasuk PC dan printer pun terus mengalami peningkatan. 

photo
Fiona Lee, President Director HP Inc Indonesia - (DOK HP Indonesia)

Permintaan untuk PC dan desktop HP yang menyediakan keamanan tingkat perusahaan, seperti kamera fokus otomatis, HP Noise Cancellation, dan engsel fleksibel 360 derajat yang hadir di PC convertible, menunjukkan angka yang menggembirakan. “Portfolio printer rumah kami, termasuk HP Smart Tank dan HP Ink Advantage, juga menanjak popularitasnya seiring pergeseran lingkungan kerja dari kantor ke rumah,” ujarnya. 

Dengan semakin meningkatnya waktu yang dihabiskan keluarga bersama-sama, Fiona melanjutkan, peran printer menjadi semakin penting karena para orangtua mencetak dokumen pekerjaan dari home office mereka dan juga mencetak kegiatan pembelajaran kreatif untuk dikerjakan anak-anak mereka di rumah. 

Deretan produk printer HP, kini telah terhubung dengan HP Smart App. Aplikasi yang tersedia bagi perangkat mobile seperti smartphone ini menyajikan begitu banyak kemudahan untuk Anda dalam mencetak, memindai dan bahkan mendapatkan tinta atau toner. Hal ini diharapkan dapat menciptakan kenyamanan dan kemudahan untuk mencetak dan mengelola tugas-tugas administrasi dari genggaman tangan. 

Dukung Aktivitas WFH

photo
Notebook Dynabook dari Sharp - (Dok Sharp Electronics Indonesia)

Di kuartal ketiga 2020, Sharp Indonesia kembali memperkenalkan lini bisnis baru dengan meluncurkan produk notebook ke pasar IT. Setelah secara resmi mengakuisi 100 persen  saham Dynabook Inc pada akhir Juni 2020 dan diumumkan pada awal Agustus lalu, Sharp  Corporation kini makin serius dalam menggarap pasar notebook

National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia Andry Adi Utomo menjelaskan, diberlakukannya program Work From Home (WFH) dan belajar daring, melatarbelakangi peningkatan permintaan pada produk notebook. “Melihat peluang tersebut, Sharp Indonesia semakin mantap untuk mulai melakukan perluasan bisnisnya dengan menggarap pasar IT Indonesia di tahun ini,” ujarnya.

Menyasar profesional muda, mahasiswa dan pelajar, Dynabook Satellite Pro L40-G memiliki spesifikasi yang memberikan kinerja dan estetika dengan harga yang terjangkau. Hadir dengan prosesor IntelCore generasi ke-10, notebook ini dilengkapi sistem penyimpanan dual SSD dan HDD hingga mampu memberikan kecepatan maksimum dan ruang penyimpanan yang besar. 

Untuk  penyimpanan SSD tersedia dua pilihan kapasitas yaitu 256 Gb dan 512 Gb. Sedangkan untuk HDD tersedia kapasitas satu terabyte. 

Menurut Ardy selaku AUVI product Strategy Assistant General Manager, PT Sharp Electronics Indonesia, tak hanya ditujukan kepada pengguna MS-Office saja, notebook ini pun disisipkan Intel UHD Graphics, Nvidia GeForce MX250 2GB GDDR5 yang dapat menunjang kegiatan desain grafis sederhana. “Sehingga dapat membantu proses pengeditan menjadi lebih cepat dan menghasilkan kualitas gambar yang halus saat digunakan bermain gim,” ujarnya. 

Hadir dalam beberapa spesifikasi yang berbeda, Dynabook Satellite Pro L40-G mulai tersedia di pasaran Indonesia pada 17 Agustus 2020. Untuk tahap awal penjualan, notebook ini dapat dijumpai konsumen di Bhinneka.com dan Hartono Elektronika dengan kisaran harga antara Rp 9 juta – Rp 16 juta rupiah. 

Selama periode peluncuran pada tanggal 17 Agustus – 31 Agustus 2020, Sharp telah menyiapkan promo penjualan di masing – masing toko, mulai dari potongan harga, hingga antivirus.

Membidik pasar korporasi, Sharp menargetkan pangsa pasar sebesar 10 persen, dengan target penjualan dikisaran angka 1.500 unit notebook per tahunnya. Andry mengungkapkan, ke depannya, Sharp akan meluncurkan beragam tipe guna menyasar target konsumen yang lebih luas. 

 
Perubahan besar pada gaya kerja, mengakibatkan permintaan tinggi untuk teknologi dan perangkat yang penting untuk kelangsungan usaha. 
Fiona Lee, President Director HP Inc Indonesia
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat