Belanja daring | Pixabay

Inovasi

08 Aug 2020, 13:34 WIB

Ramai-Ramai Pindah ke Toko Virtual

Belanja daring kini telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat.

Selama pandemi, belanja daring telah menjadi bagian penting dalam memenuhi berbagai kebutuhan harian. Para pelaku di industri yang satu ini pun terus berupaya menghadirkan pengalaman berbelanja melalui teknologi yang makin memudahkan masyarakat. 

Pada Jumat (7/8), PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) mengumumkan kemitraannya dengan Grab Indonesia untuk menghadirkan aneka ragam produk makanan dan produk rumah tangga ke GrabMart, layanan on-demand delivery untuk produk kebutuhan sehari-hari. 

Inovasi ini sejalan dengan strategi MPPA untuk memperluas bisnis omni-channel dan melengkapi penawaran daring melalui konsep Chat & Shop melalui Whatsapp dan e-commerce Hypermart Online. Omni-channel merupakan konsep belanja yang menyelaraskan pengalaman berbelanja secara daring dan luring, sehingga konsumen merasakan pengalaman belanja yang lengkap dan nyaman.

Kolaborasi baru ini memungkinkan MPPA untuk menempatkan toko virtual Hypermart, Foodmart, Primo dan Hyfresh ke GrabMart. Tujuannya, memberikan lebih banyak akses dan kenyamanan bagi pelanggan untuk berbelanja berbagai macam produk segar dan barang- barang rumah tangga berkualitas. Dengan kerja sama ini, 27 gerai di Jabotabek, Bandung, Semarang dan Yogyakarta, kini siap mendukung kolaborasi ini.

photo
Kolaborasi Grab dan Matahari Putra Prima untuk hadirkan layanan belanja on demand. - (Dok Grab)

Dengan toko virtual MPPA di GrabMart, pelanggan akan memiliki lebih banyak pilihan dan aneka ragam barang dalam pembelian produk segar, bahan makanan, kebutuhan rumah tangga melalui aplikasi Grab. Untuk memastikan kualitas produk yang segar, MPPA saat ini mengirimkan dalam jangkauan hingga 10 kilo meter dari toko-tokonya. 

Head of GrabMart Grab Indonesia, Rio Aristo, menjelaskan, bekerja dengan MPPA dapat lebih meningkatkan pengalaman all-digital dari konsumen Grab. “GrabMart menyediakan cara mudah bagi konsumen untuk membeli berbagai barang kebutuhan sehari-hari dan mengirimkan barang pembelian dalam waktu kurang dari satu jam atau pada waktu yang dijadwalkan,” ujar Rio. 

Menurutnya, kolaborasi ini akan secara signifikan memperluas ragam penawaran Grab untuk melayani semakin banyak konsumen yang menikmati kenyamanan pengiriman on-demand

GrabMart, yang dimulai sebagai layanan pengiriman barang kebutuhan sehari-hari on- demand, kini telah berkembang ke delapan negara Asia Tenggara, dan saat ini aktif beroperasi di 50 kota di Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar dan Kamboja. 

Sneakers Laris Manis

photo
Gelaran Jakarta Sneakers Day di Tokopedia - (Dok Tokopedia)

Tak hanya belanja kebutuhan sehari-hari secara daring yang kian diminati, belanja sneakers yang lekat dengan gaya hidup pun ternyata masih tetap ramai peminat. Pada 27 hingga 30 Juli lalu, kolaborasi Tokopedia dan JSD (Jakarta Sneaker Day) kembali mendapatkan antusiasme sangat tinggi dari masyarakat. 

Sebelumnya, JSD diselenggarakan sepenuhnya luring. Namun, kegiatan ini mulai beralih ke dunia maya untuk pertama kali pada 28-29 Maret 2020 silam melalui Tokopedia dan menuai kesuksesan besar.

Kesuksesan ini salah satunya didorong oleh pemanfaatan Tokopedia Play, kanal video streaming yang diluncurkan pada 2019. “Pemanfaatan Tokopedia Play bertujuan membantu pegiat usaha, seperti JSD, menjangkau masyarakat dengan cara yang lebih interaktif dan atraktif, mengingat saat ini kita di tengah era social commerce, dimana masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil berbelanja,” jelas Nuraini Razak selaku VP of Corporate Communications Tokopedia.

Menurutnya, pegiat usaha yang memanfaatkan kanal daring diharapkan dapat lebih tangguh mempertahankan bisnis di tengah pandemi. “JSD adalah contoh pegiat usaha yang mengakselerasi adopsi platform digital Tokopedia untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, serta berkontribusi memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi,” kata Nuraini.

Senada, Project Director JSD, Vito Wira Evendye, mengungkapkan, bersama Tokopedia, JSD Future Format Volume 2 dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia di tengah adaptasi kebiasaan baru. Kegiatan ini, menurutnya, sekaligus mendorong industri fesyen yang saat ini terdampak pandemi. “Pemanfaatan Tokopedia Play juga menjadi salah satu langkah kami untuk menginspirasi lebih banyak pegiat usaha dalam mendukung kemajuan industri fesyen dan skena pop-culture di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi,” kata Vito.

Selain menampilkan berbagai produk fesyen dari kreator lokal dan internasional, Tokopedia Play juga telah menyajikan hiburan berupa //talkshow// dan konser musik daring yang memungkinkan masyarakat merasakan pengalaman live shopping yang menghibur.  

 

 

Kolaborasi ini akan secara signifikan memperluas ragam penawaran Grab untuk melayani semakin banyak konsumen yang menikmati kenyamanan pengiriman on-demand.

Rio Aristo, Head of GrabMart Grab Indonesia

   

  ';

×