Abdi dalem Keraton Yogyakarta berjalan menuju tempat menabuh Gamelan Kyai Guntur Madu di Pagongan Selatan Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Jumat (22/9/2023). Gamelan Kyai Guntur Madu dan Gamelan Kyai Nogo Wilogo dikeluarkan dan dimainkan di halaman Masjid | Republika/Wihdan Hidayat

Safari

Inspirasi Destinasi Akhir Tahun untuk Habiskan Sisa Cuti

Medan merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia.

Desember yang identik dengan momen pergantian tahun ternyata juga menjadi momen istimewa untuk merayakan sosok luar biasa yang satu ini. Jatuh setiap 22 Desember, Hari Ibu Nasional banyak diperingati dengan menyatakan rasa cinta kepada para ibu sebagai bentuk apresiasi terhadap peran dan jasanya.

Berdekatan dengan libur panjang, traveling bersama ibu bisa jadi cara jitu menikmati hangatnya kebersamaan di tengah perayaan spesial kali ini. SVP of Brand Marketing tiket.com Maria Risa Puspitasari mengatakan, tak terasa 2023 akan segera berakhir.

Manfaatkan cuti tahunan yang tersisa untuk mengambil libur panjang, demi menciptakan lebih banyak lagi kenangan bersama ibu dan keluarga. Semakin tak sabar ingin segera pergi berlibur bersama ibu dan keluarga? Simak beberapa destinasi luar biasa berikut yang akan jadikan perjalanan semakin berkesan. 

photo
Petugas Dinas Pariwisata Kota Medan mengenakan pakaian adat berbagai etnis saat akan mengikuti deklarasi kampanye pariwisata di Lapangan Merdeka, Medan, Sumatra utara, Senin (4/1/2021). Deklarasi tersebut guna kesiapan industri pariwisata Kota Medan pada era adaptasi kebiasaan baru dengan menerapkan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan keberlangsungan lingkungan (K4). - (Irsan Mulyadi/ANTARA FOTO)

1. Berkenalan dengan budaya baru dan kuliner terbaik di Medan

Tak banyak yang tahu, Medan merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Kota yang satu ini menyimpan berbagai daya tarik tersendiri, mulai dari sejarah, budaya, hingga tempat kuliner dengan makanan legendaris yang begitu menggugah selera.

Ajak ibu menikmati perjalanan ke Medan dengan harga tiket pesawat mulai dari Rp 1,4 juta dan lengkapi kebutuhan perjalanan selama liburan untuk kenyamanan keluarga menggunakan layanan sewa mobil dengan harga mulai dari Rp339 ribu. Untuk beristirahat, nikmati juga bermalam dengan fasilitas lengkap di hotel Medan bintang 4 mulai dari Rp 449 ribu dan hotel bintang lima, mulai dari Rp 490 ribu.

photo
Masyarakat berebut gunungan saat acara puncak Sekaten Keraton Yogyakarta di halaman Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Kamis (28/9/2023). Garebeg Maulud yang diadakan setiap 12 Rabiul Awal atau Maulud sebagai perayaan hari lahir Nabi Muhammad yang selalu dinantikan oleh masyarakat dan wisatawan. Garebeg Maulud ini sebagai wujud syukur dan sedekah dari Keraton Yogyakarta atas berkah kemakmuran yang dapat dinikmati bersama masyarakat. Acara puncak ini merupakan rangkaian perayaan Sekaten yang pada awalnya digunakan sebagai sarana dakwah oleh Sri Sultan HB I. Ada tujuh gunungan yang dibagikan kepada masyarakat, sedangkan yang dua masing-masing diberikan ke Kepatihan dan Pura Pakualaman. - (Republika/Wihdan Hidayat)

2. Menelusuri tradisi dan kekayaan ragam batik di Solo

Siapa yang tak mengenal Kota Solo dan keindahan budayanya yang banyak digemari? Dengan batik sebagai ikon wisatanya, tak heran destinasi yang satu ini menjadi tempat tujuan favorit para ibu.

Coba pergi berlibur ke Solo bersama ibu dan keluarga dengan harga tiket pesawat mulai dari Rp 851 ribu atau menggunakan bus dengan harga tiket mulai dari Rp 210 ribu untuk petualangan yang lebih seru. Sesampainya di sana, pastikan berkunjung ke Kampung Batik Kauman yang dinobatkan sebagai pusat batik tertua di kota ini.

Tak hanya bisa melihat bagaimana tradisi membatik khas Solo, sobat tiket juga dapat menyaksikan langsung kegiatan pembuatan batik, mengikuti kursus belajar membatik, hingga membeli berbagai jenis pakaian batik. Untuk beristirahat, nikmati pengalaman menginap nyaman di Solo dengan harga mulai dari Rp 380 ribu per malam.

photo
Foto udara wisatawan berlibur di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (21/5/2022). Pantai yang memiliki batu Meteorit (Tektit/Satam) menjadi daya tarik wisatawan berkunjung pada hari libur. - (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

3. Menginjakkan kaki dan menyusuri keindahan pantai di Belitung

Bagi yang menyukai panorama alam, berlibur ke Pulau Belitung bisa menjadi pilihan yang tepat. Berbeda dengan kebanyakan daerah lain di Indonesia, pantai-pantai di pulau ini berhias dengan banyak batu granit berukuran besar yang menjadikannya semakin eksotis. Manfaatkan waktu libur panjang untuk menjelajahi keindahannya bersama ibu dan keluarga dengan harga tiket pesawat mulai dari Rp 825 ribu.

 

Agar Perjalanan Nyaman

photo
Montir menyelesaikan pengerjaan servis kendaraan motor di salah satu bengkel di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Senin (25/4/2022). Menjelang musim mudik lebaran 2022, bengkel tersebut mengalami peningkatan permintaan jasa servis motor hingga 60 persen atau sekitar 150 kendaraan per hari dari hari biasanya sekitar 70 kendaraan. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Musim liburan panjang sebentar lagi tiba. Karena itu, pada awal bulan ini jadi waktu yang tepat untuk kamu mempersiapkan segala keperluan dengan matang agar nantinya momen liburan bersama keluarga jadi semakin menyenangkan dan sesuai rencana.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan saat berlibur. Dengan memastikan kendaraan dalam kondisi optimal, kamu bisa mencegah potensi masalah teknis yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan. 

Untuk memastikan keamanan dan keselamatan seluruh anggota keluarga, ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh, apalagi jika akan digunakan untuk road trip atau perjalanan jauh. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan meliputi:

1. Kondisi dan kelayakan mesin untuk memastikan performa kendaraan optimal

Pastikan mesin berfungsi dengan baik dengan cek kondisi mesin secara menyeluruh. Komponen yang perlu dicek salah satunya adalah oli dengan melihat tingkat keenceran, besaran volume oli dengan bantuan dipstick oli. Periksa level oli ada pada sekitar pertengahan titik maksimum dan minimum.

photo
Peserta mengikuti pelatihan kerja montir di Balai Latihan Kerja Cibodas, Kota Tangerang, Banten, Kamis (23/6/2022). Badan Pusat Statistik mencatat tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) pada Februari 2022 mencapai 69,96 persen atau naik dari tahun sebelumnya, yang masih 68,08 persen pada Februari 2021. - (ANTARA FOTO/Fauzan)

2. Kondisi kelistrikan untuk mendukung kenyamanan perjalanan 

Bagian kelistrikan menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa. Pasalnya, kondisi kelistrikan dapat memengaruhi kinerja komponen dan fitur kendaraan lain, mulai dari lampu, sistem entertainment, hingga sistem starter. Pentingnya kinerja kelistrikan yang prima membuat aki mobil perlu dicek, termasuk volume dari air aki.

3. Kondisi ban dan rem untuk menjamin keselamatan diri dan keluarga

Musim liburan biasa dihabiskan dengan pergi ke luar kota. Nah, selama perjalanan jauh ini, rem mobil akan sering digunakan dan dapat mengalami aus berlebih karena beban kerja yang lebih berat. Karena itu, penting untuk cek kampas, rotor, hingga minyak rem dan melakukan penggantian bila diperlukan.

Cek juga tekanan ban dengan mengacu pada panduan di sela pintu pengemudi. Pastikan ban masih jauh dari tread wear indicator (TWI) yang tersedia pada beberapa jenis ban.

photo
Montir memperbaiki sepeda motor di bengkel di Jakarta, Selasa (26/4/2022). Menjelang mudik Lebaran sejumlah bengkel kendaraan bermotor kebanjiran pelanggan, dan pelaku usaha tersebut memperkirakan omzet bengkel motor naik 50 hingga 70 persen daripada hari biasanya. - (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

4. Kondisi kaki-kaki untuk menjaga pengalaman berkendara

Saat melakukan perjalanan selama liburan, ada baiknya kita bersiap untuk menghadapi berbagai kondisi jalan. Pastikan juga komponen kaki-kaki lain tidak menimbulkan suara berlebih. Jika diperlukan, lakukan spooring and alignment agar roda dan kaki-kaki tetap aman dan nyaman untuk berkendara.

5. Ketersediaan perlengkapan darurat untuk mengantisipasi situasi di luar dugaan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan liburan, pastikan kamu menyimpan berbagai perlengkapan darurat di dalam kendaraan, baik untuk mengantisipasi kondisi tidak mengenakkan terhadap kendaraan maupun anggota keluarga. Beberapa perlengkapan darurat yang perlu tersedia, di antaranya segitiga pengaman, perangkat pemadam api, dan P3K.

6. Pentingnya memilih kendaraan dengan fitur keselamatan terdepan

Selain persiapan fisik kendaraan seperti di atas, fitur keselamatan pada mobil juga berperan penting untuk menjaga keamanan keluarga. Tak heran jika berbagai produsen mobil menawarkan berbagai fitur keselamatan modern terbaik, termasuk Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif. 

 

 

 
Salah satu yang harus diperhatikan adalah kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan saat berlibur.
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Carbon Passport, Siap Merevolusi Bagaimana Kita Liburan pada Masa Depan

Gagasan paspor karbon berfokus pada jatah karbon tahunan yang harus dipatuhi oleh semua wisatawan.

SELENGKAPNYA

Panduan Nyaman Liburan Bersama Keluarga Besar

Untuk mencapai liburan keluarga yang memuaskan semua pihak, perbedaan itu perlu disadari.

SELENGKAPNYA

Melirik Keindahan Flores untuk Liburan Mendatang

Diharapkan, lebih banyak lagi penggemar sea kayak di seluruh dunia yang melihat Flores sebagai lokasi yang harus mereka jelajahi.

SELENGKAPNYA