Lebih produktif berkat AI (ILUSTRASI) | Pixabay/Pexels

Inovasi

Kerjaan Sehari-hari Lebih Cepat Selesai Berkat AI

Kini kita dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai.

Perkembangan kecerdasan buatan (AI) generatif secara revolusioner mungkin dimulai dengan peluncuran ChatGPT. Berkat aplikasi yang satu ini, orang mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang bagaimana AI dapat membantu berbagai tugas dan pekerjaan kita sehari-hari. 

Kini, teknologi tersebut juga telah diintegrasikan ke dalam semua jenis platform produktivitas yang dirancang untuk mempermudah alur kerja manusia sehari-hari. Dilansir ZDNET, Senin (4/12/2023), berikut lima alat AI yang dapat membantu Anda menyelesaikan tugas sehari-hari yang kecil tapi penting. 

Di mana, dalam jangka panjang, akan makin menambah banyak waktu yang dihemat. Hasilnya adalah Anda menghabiskan lebih sedikit waktu di admin dan lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai atau yang lebih bermanfaat bagi pekerjaan Anda. 

1. Bing Chat


Bing Chat memungkinkan penggunanya memanfaatkan berbagai kemampuan di satu tempat. Termasuk, pembuatan gambar AI dan jawaban berdasarkan informasi web, tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Fasilitas gratis inilah yang membedakan Bing Chat dari pesaing berbasis langganan lainnya di pasar, termasuk ChatGPT, yang memerlukan langganan Plus untuk mengakses internet dan informasi real-time. Bing Chat juga dapat membantu pengguna mengoreksi tata bahasa, menulis ulang teks Ketika Anda tidak bisa mendapatkan kata-kata yang tepat, bahkan menulis pesan, proposal, atau jenis konten lainnya dari awal. 

2. Canva Pro

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Canva (@canva)

Canva mempermudah dan mempercepat pembuatan postingan media sosial, undangan, pamflet, dan presentasi. Kini, Canva Pro sudah dilengkapi dengan serangkaian alat yang mengesankan untuk desain grafis, termasuk Magic Edit. Magic Design, Magic Eraser, Background Remover, dan banyak lagi. Namun, penawarannya menjadi lebih mengesankan dengan peluncuran Magic Studio yang dilengkapi AI. 

Rangkaian alat di Magic Studio mencakup Magic Switch, Magic Media, Magic Design, Brand Voice, Magic Morph, Magic Grab, Magic Expand, dan masih banyak lagi, yang semuanya menyelesaikan serangkaian tugas berat, mengotomatiskan hampir semua visual Anda. 

3. Otter.ai

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Otter.ai (@otter.ai)

Dengan Otter.ai, pengguna dapat mengimpor rekaman suara dan menyalin percakapan sepenuhnya dalam hitungan menit. AI Assistant mencakup penunjukan pembicara, stempel waktu, dan transkripsi yang cukup akurat. 

Otter.ai menawarkan paket gratis, tetapi Anda dibatasi hingga 300 menit transkrip bulanan dengan durasi 30 menit per percakapan untuk semua percakapan yang direkam di platform itu sendiri dan Anda hanya mendapatkan tiga impor seumur hidup dengan akun gratis. Oleh karena itu, jika Anda merekam percakapan yang perlu ditranskrip di tempat lain, paket gratis mungkin bukan untuk Anda. 

4. ChatPDF

PDF sering kali berisi banyak informasi yang sulit dicerna. Mulai dari membaca jurnal ilmiah dan makalah penelitian hingga bisa memakan banyak waktu karena banyaknya jargon. ChatPDF pun membutuhkan waktu beberapa detik untuk memindai PDF dan kemudian siap menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan memberikan ringkasan terperinci.

Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang PDF apa pun dan memberikan kejelasan tentang topik atau halaman yang mungkin masih membingungkan Anda. 

5. Grammarly

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Grammarly (@grammarly)

Grammarly telah ada cukup lama, dan AI telah menjadi bagian integral dari layanannya. Platform ini dikenal karena kemampuannya memeriksa ejaan, tata bahasa, keringkasan, dan banyak lagi dalam tulisan Anda sehari-hari untuk alasan baik. 

Seseorang bisa mengaktifkan ekstensi Grammarly untuk Chrome sehingga AI dapat bekerja di latar belakang untuk menangkap kesalahan apa pun yang saya lewatkan. 

Selain bantuan tata bahasa dasar, alat ini dapat menawarkan bantuan lebih lanjut lainnya berkat integrasi AI generatif. Integrasi ini menambahkan fitur dan pintasan yang dapat memberikan pintasan ke tugas Anda sehari-hari. 

Misalnya, Anda dapat menggunakan Grammarly untuk membuat atau menulis ulang teks, memberikan ide, mengidentifikasi kesenjangan dalam tulisan Anda, mengubah nada teks, menghasilkan balasan cepat, membuat kerangka, dan banyak lagi. Anda bahkan juga dapat memilih suara, yang mencakup opsi formalitas dan nada, untuk membantu menulis pesan untuk berbagai platform, seperti LinkedIn atau surel.

 

 
ChatPDF membutuhkan waktu beberapa detik untuk memindai PDF dan siap menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mahalnya Harga Menggunakan ChatGPT untuk Kelestarian Lingkungan

Pemanfaatan tenaga nuklir untuk menjalankan model AI masih menjadi perdebatan,

SELENGKAPNYA

Produktivitas Melejit Berkat ChatGPT, Mungkinkah?

Hasil yang didapat dari AI juga perlu dicek kebenarannya.

SELENGKAPNYA

PBB Juga Khawatirkan Kecerdasan Buatan

Sekjen PBB menilai perlu agen internasional pengawas AI.

SELENGKAPNYA