Aktivis lingkungan yang tergabung dalam Extinction Rebellion Indonesia (XR) melakukan aksi saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (13/11/2022). Dalam aksi tersebut, mereka menuntut kepedulian negara-n | Republika/Thoudy Badai

Sains

Inisiatif Hijau dari Berbagai Belahan Dunia, Bisa Jadi Inspirasi

Kartu nama tradisional menyebabkan rusaknya jutaan pohon setiap tahunnya.

Keberlanjutan bukan lagi menjadi kata kunci, melainkan etos penting yang membentuk keputusan perusahaan. Saat ini, telah banyak para pelaku bisnis yang telah merangkul gerakan ramah lingkungan, serta memiliki inisiatif khusus mulai dari program daur ulang yang inovatif hingga transformasi hemat energi.

Dilansir Forbes, Rabu (22/11/2023), berikut cara-cara inspiratif yang dilakukan oleh pebisnis anggota Forbes Business Council untuk memberikan dampak positif bagi Bumi dan bagaimana inisiatif-inisiatif ini diintegrasikan dengan mulus ke dalam operasi mereka.  

1. Menciptakan rantai pasokan regenerative

Secteur 6, merek fesyen yang sepenuhnya bersifat regenerative, telah menciptakan banyak rantai pasokan regeneratif yang menguntungkan secara ekonomi, dengan dampak yang terukur, di berbagai belahan dunia. Menjadi berkelanjutan bukanlah solusi di banyak sektor, karenanya Secteur 6 membutuhkan proses regeneratif dengan kelayakan ekonomi jangka panjang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Secteur_6 (@secteur__6)

2. Melacak dan mengukur jejak karbon

Sebagai pembuat konten, Thunderbird Entertainment Group mengambil langkah-langkah di depan dan belakang layar untuk menjadi perusahaan yang mengutamakan lingkungan, keberlangsungan hidup manusia, dan net-positif. Salah satu inisiatif yang telah dilakukan adalah kemitraan dengan Watershed untuk melacak dan mengukur jejak karbon, termasuk penggunaan pada produksi animasi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Thunderbird Entertainment (@tbirdent)

3. Melakukan audit efisiensi energi

Health Canal, kanal kesehatan di Ohio, melakukan audit efisiensi energi setiap tiga bulan sekali untuk memastikan energi dan jejak karbon tetap terkendali. “Audit ini sering kali membantu kami mengganti peralatan kantor, menggunakan pencahayaan yang lebih ramah lingkungan, dan mengadopsi teknologi ramah lingkungan yang baru dan sedang berkembang untuk keuntungan kami,” kata Erik Pham dari Health Canal.

4. Transisi menuju kantor tanpa kertas

Salah satu inisiatif dalam upaya keberlanjutan The Pocketbook Agency, perusahaan perekrutan di AS, adalah transisi ke lingkungan kantor tanpa kertas. Untuk mengimplementasikan hal ini, perusahaan mendigitalkan proses manajemen dokumen, mendorong karyawan untuk menggunakan format elektronik untuk komunikasi, dokumentasi, dan pencatatan.

5. Gunakan kartu digital bisnis

Beaconstac, perusahaan penyedia Code Management, memiliki solusi kartu nama digital yang digunakan untuk menyapa calon pelanggan dan klien. Kartu nama tradisional menyebabkan rusaknya jutaan pohon setiap tahunnya, sementara kartu nama digital tidak memerlukan produksi dan pencetakan kertas.

“Kami membuat, mengelola, dan mendistribusikan kartu nama digital secara virtual, sehingga kami dapat meninggalkan jejak karbon nol dalam jaringan kami,” kata Sharat Potharaju dari Beaconstac.

6. Memanfaatkan plastik HDPE daur ulang

The Mountain Shoppe, perusahaan perlengkapan aktivitas luar ruang yang berbasis di AS, telah mengganti pemasok untuk produk terlarisnya. Pemasok baru ini dibuat dari plastik HDPE. Produsen produk ini setiap tahunnya mengalihkan 15 ribu ton plastik HDPE daur ulang dari tempat pembuangan sampah menggunakan proses, yang menghasilkan gas rumah kaca minimal. Itu setara dengan 210 juta botol plastik setiap tahunnya. Hal ini membantu mengurangi deforestasi, paparan racun, dan penumpukan sampah di TPA.

7. Mengurangi plastik sekali pakai

Konsultan keuangan, First Financial Consulting, telah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Selain memberikan edukasi, perusahaan juga memberikan tunjangan kepada karyawan untuk membeli Hydro Flask dan memasang tempat pengisian botol air di kantor.

“Hingga saat ini, kami telah menyelamatkan ribuan botol air agar tidak berakhir di tempat pembuangan sampah. Sederhana namun efektif,” kata Greg Welborn dari First Financial Consulting. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hydro Flask Indonesia (@hydroflask.id)

8. Mendaur ulang

Firma hukum, Ciardi Ciardi & Astin, telah melakukan inisiatif mendaur ulang, akuisisi produk dan menghindari barang sekali pakai yang mengurangi kebutuhan untuk mendaur ulang. “Mantra kami adalah mengurangi kebutuhan di bagian depan dan mendaur ulang 100 persen di bagian belakang,” kata Daniel Astin dari Ciardi Ciardi & Astin.

9. Bahan bakar berkelanjutan

One Million Years of Joy telah memilih untuk fokus membangun kondisi yang dapat mendorong keberlanjutan manusia atau kesejahteraan jangka panjang individu, organisasi, planet, dan masyarakat. “Kami telah berhenti berpikir jangka pendek dan sekarang mendasarkan semua keputusan pada dampak positif jangka panjang yang dapat kami berikan pada ekosistem yang lebih besar, yang mencakup kesejahteraan manusia,” kata Andreea Vanacker, penulis sekaligus podcaster dari One Million Years of Joy. 

10. Berinvestasi dalam teknologi hijau

Salah satu inisiatif dari Svet Solutions Media adalah berkontribusi dalam program penyeimbangan untuk menetralkan 24,97 ton CO2 pada tahun 2023. Selain itu, Svet Solutions Media berinvestasi dalam teknologi ramah lingkungan dengan menggunakan baterai isi ulang berkualitas tinggi dari perusahaan yang peka terhadap kebijakan ramah lingkungan.

 

 
Perusahaan memberikan tunjangan kepada karyawan untuk membeli Hydro Flask dan memasang tempat pengisian botol air di kantor.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Perubahan Iklim, Jokowi Ajak Dunia Gencarkan Transisi Energi

Transisi energi merupakan isu mendesak yang harus menjadi perhatian seluruh negara.

SELENGKAPNYA

Perubahan Iklim dan Mengganasnya Nyamuk Demam Berdarah

Vaksinasi kini direkomendasikan oleh asosiasi medis dalam mencegah demam berdarah dengue.

SELENGKAPNYA

Perubahan Iklim Dipastikan Lebih Ngeri dari Film Horor

Dunia sedang berada di tengah-tengah kepunahan massal keenam,

SELENGKAPNYA