Pekerja menjemur jagung di Desa Wegil, Sukolilo, Pati, Jawa Tengah, Senin (13/11/2023). | Antara/Yusuf Nugroho

Ekonomi

Jagung Impor Tiba, Segera Didistribusikan ke Peternak

Jagung pakan impor dijual ke peternak sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah.

SURABAYA – Sebanyak 20 ribu ton jagung pakan impor asal Argentina yang didatangkan dari Vietnam tiba di Pelabuhan Teluk Lamong, Surabaya, pada Rabu (15/11/2023). Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan, masuknya pasokan tersebut merupakan bagian dari 171 ribu ton yang secara bertahap masuk untuk memenuhi kebutuhan pakan peternak mandiri di wilayah sentra produksi ayam dan telur. 

“Kami apresiasi teman-teman Karantina dan Pelindo karena ini harus dilakukan secara cepat dan sangat dinanti untuk memastikan pasokan jagung pakan terpenuhi saat ini bagi para sedulur peternak kita ” kata Arief, Rabu (15/11/2023). 

Arief mengatakan, jagung pakan ini akan segera didistribusikan kepada para peternak mandiri kecil sesuai verifikasi data yang diterima dari Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. Adapun pendistribusian dilakukan oleh Bulog. 

photo
Sejumlah ayam petelur yang diternak di Cilodong, Depok, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. - (Republika/Putra M. Akbar)

Untuk itu, pemerintah melalui Badan Pangan Nasional menugaskan Perum Bulog mengimpor jagung pakan untuk memenuhi kebutuhan pakan peternak yang saat ini kesulitan mendapatkan bahan baku pakan jagung. Dari total penugasan sebanyak 250 ribu ton, saat ini secara bertahap akan masuk sekitar 171 ribu ton yang akan digelontorkan ke para peternak di wilayah sentra seperti di Jawa Timur dan Lampung. 

Pada saat yang sama, Arief menegaskan, produksi dalam negeri tetap terus menjadi prioritas dalam menyerap jagung hasil petani. Arief meminta infrastruktur Bulog seperti Corn Drying Center (CDC) disiapkan untuk menyerap hasil produk petani jagung. 

"Nomor satu tetap mengoptimalkan produksi dalam negeri. Jadi, pada saat panen raya, jagung pada Maret mendatang, silo-silo pengering yang ada di Bulog bisa menyerap hasil produksi petani dengan baik." ujar Arief. 

Perum Bulog memiliki 3 CDC yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat dan Jawa Timur. Dengan kapasitas 9.000 ton per hari diharapkan dapat menyerap hasil panen petani jagung dengan harga yang wajar.  

Direktur Utama Bulog Budi Waseso mengatakan, importasi jagung dilakukan sesuai penugasan dari pemerintah sebagai respons keluhan para peternak mandiri. Sebab, bila harga jagung mahal secara langsung akan memengaruhi harga produksi telur dan daging ayam."

"Kebutuhan pakan ternak dulu kita utamakan karena kalau ini tidak terpenuhi akan memicu harga daging ayam termasuk telur ayam. Ini efeknya ke konsumen dan dampaknya bisa ke inflasi. Karena itu, secepatnya kita salurkan ke kelompok peternak rakyat," katanya.  

photo
Petani memanen jagung di Kedungguwo, Sukomoro, Magetan, Jawa Timur, Kamis (5/10/2023). - (Antara/Siswowidodo )

Kebijakan importasi jagung ini merupakan bagian dari penyaluran Cadangan Jagung Pemerintah (CJP) untuk para peternak mandiri sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas tanggal 09 Oktober 2023 tentang stabilisasi harga jagung dan gula. 

Perum Bulog memastikan akan segera mendistribusikan pasokan impor kepada para peternak ayam petelur agar segera mendapatkan pasokan pakan dengan harga murah. 
Sebab, importasi jagung dilakukan lantaran tingginya harga jagung pakan di tingkat peternak.

“Hari ini saya pastikan langsung kedatangan kapal pertama dari Vietnam sebanyak 20 ribu ton jagung pakan. Ini merupakan kedatangan perdana dari penugasan tahap pertama sejumlah 250 ribu ton, adapun total penugasan yang diberikan kepada Bulog sebanyak 500 ribu ton,” kata Budi.

photo
Foto aerial lahan jagung yang kering dan rusak di Biyonga, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Senin (18/9/2023). Pemerintah Kabupaten Gorontalo mencatat 250 hektare lahan jagung rusak akibat musim kemarau yang melanda daerah itu sejak tiga bulan terakhir. - (Antara/Adiwinata Solihin)

Rata-rata harga jagung pakan di tingkat peternak secara nasional saat ini berada di atas Rp 7.000 per kilogram. Padahal, pemerintah menetapkan harga acuan penjualan (HAP) jagung pakan di tingkat peternak sebesar Rp 5.000 per kilogram. Jagung yang masuk pada tahap pertama ini akan digelontorkan ke para peternak di wilayah sentra seperti di Jawa Timur dan Lampung. 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat