UNIQLO mengumumkan pembukaan toko terbarunya UNIQLO La Piazza yang merupakan toko ke-67 di Indonesia yang akan dilakukan pada 10 November 2023 mendatang. | Dok UNIQLO

Gaya Hidup

Jangan Buru-buru Beli Baru, Perbaiki Dulu Baju Lama Kita

Pelanggan kini bisa mendapatkan layanan kustomisasi melalui embroidery.

Tren fesyen saat ini begitu cepat datang dan pergi. Era media sosial yang melahirkan tren outfit of the day alias OOTD juga makin membuat perputaran pakaian kian cepat. 

Hal ini kemudian berdampak pula pada menumpuknya sampah pakaian. Dikutip dari Fibre2Fashion, pada 2020, sekitar 18,6 juta ton limbah tekstil dibuang di tempat pembuangan akhir. Selain itu, rata-rata konsumen juga membuang 60 persen pakaiannya, setahun setelah membeli. 

Artinya, tren mengikuti mode fesyen yang berkembang di masyarakat hanya bertahan setidaknya satu tahun. Mode pun akan terus berubah dan meninggalkan tren-tren yang sudah berlalu.

Baru-baru ini Uniqlo, perusahaan ritel global asal Jepang, meluncuran Re.Uniqlo Studio pertama di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan komitmen mereka dalam upaya memperpanjang masa penggunaan pakaian serta menjadikannya lebih bernilai. 

Sebelumnya, Uniqlo telah aktif mengumpulkan pakaian Uniqlo yang sudah tidak digunakan dari para pelanggan setianya melalui recycle box, yang disediakan di toko Uniqlo di seluruh Indonesia untuk didonasikan hingga didaur ulang (upcycle) menjadi pakaian baru. Gerakan ini pun mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat. 

"Kami lihat sebagian besar pelanggan setia kami telah memiliki kesadaran yang cukup baik terkait isu keberlanjutan ini serta bisa memberi value lebih pada pakaian yang mereka beli dan menggunakannya dalam jangka waktu lama," ujar Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo), Irma Yunita, dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (9/11/2023).

photo
UNIQLO mengumumkan pembukaan toko terbarunya UNIQLO La Piazza yang merupakan toko ke-67 di Indonesia yang akan dilakukan pada 10 November 2023 mendatang. - (Dok UNIQLO)

Harapannya, lanjut Irma, Re.Uniqlo Studio bisa memfasilitasi dan mengajak pelanggan setia Uniqlo untuk bisa berkontribusi untuk dunia yang lebih baik. Re.Uniqlo Studio merupakan layanan khusus yang didedikasikan bagi pelanggan setia Uniqlo untuk berkontribusi serta mengejar masa depan baru untuk dunia pakaian.

Sehingga pelanggan dapat menikmati LifeWear sepenuhnya dengan lebih lama. Pada Re.Uniqlo Studio, tersedia layanan spesial perbaikan baju (repair), remake dengan salah satunya melalui embroidery dan menggunakan kembali untuk memberikan nyawa baru pada koleksi LifeWear favorit agar dapat digunakan lebih lama.

Hingga saat ini, layanan Re.Uniqlo Studio tersedia di 35 toko Uniqlo di 16 negara di seluruh dunia. Di Asia sendiri, Re.Uniqlo Studio tersedia di Cina, Jepang, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Thailand. Indonesia pun menjadi negara ketujuh di Asia yang menyediakan layanan tersebut.

 

photo
UNIQLO, perusahaan ritel global asal Jepang, meluncuran RE.UNIQLO Studio pertama di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan komitmen mereka dalam upaya memperpanjang masa penggunaan pakaian serta menjadikannya lebih bernilai. - (Dok UNIQLO)

Berikut adalah layanan yang ditawarkan oleh Re.Uniqlo Studio, yakni : 

 

1. Repair

Layanan perbaikan pakaian yang rusak agar bisa digunakan kembali untuk waktu yang lama. Pelanggan bisa membawa koleksi LifeWear-nya yang ingin diperbaiki dan staf terlatih siap menyambut untuk membantu memperbaikinya dari mulai keliman celana panjang, menjahit kancing, hingga menambal lubang.

 

2. Remake: Embroidery

Pelanggan kini bisa mendapatkan layanan kustomisasi melalui embroidery. Di mana pelanggan dapat memilih tampilan embroidery berupa gambar ataupun kata untuk menjadikan produk favoritnya menjadi semakin personal dan menarik. Terdapat 60 desain gambar tersedia di layanan embroidery ini, selain itu pelanggan juga dapat memilih personalisasi kata sesuai dengan preferensinya, seperti nama, inisial, dan lainnya. 

 

photo
UNIQLO hadirkan koleksi innerwear dan bra sesuai fase kehidupan perempuan. - (undefined)

3. Reuse 

Uniqlo mengumpulkan pakaian yang sudah tidak digunakan dari para pelanggan setianya melalui Recycle Box yang disediakan di toko di seluruh Indonesia untuk kemudian didonasikan kepada yang membutuhkan. Di Indonesia, inisiatif ini sudah dilakukan sejak 2019 dan mendapat sambutan yang luar biasa dari pelanggan setia.

Seperti pada periode Hari Raya, April 2023, lebih dari 5.000 pakaian layak pakai berhasil dikumpulkan dari pelanggan, telah disalurkan untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan melalui Human Initiative. Secara global sendiri, Uniqlo telah mendonasikan lebih dari 46 juta pakaian ke 79 negara dan daerah. Recycle Box ini juga tersedia di Re.Uniqlo Studio.

photo
Peluncuran koleksi UNIQLO C, kolaborasi UNIQLO dengan desain asal Inggris Clare Waight Keller yang bertema Sophistication for Everyday. - (Dok: UNIQLO Indonesia)

Langkah-langkah ini sejalan dengan dua pilar keberlanjutan utama perusahaan, yakni pilar planet sebagai inisiatif untuk membantu dan menjaga keutuhan dan keberlanjutan lautan demi bumi yang lebih baik dan pilar society dengan komitmen untuk berkontribusi pada masyarakat sekitar agar dapat tumbuh bersama dalam lingkungan yang nyaman. 

Uniqlo juga selalu mengembangkan teknologi yang telah menciptakan pakaian-pakaian baru, seperti Fluffy Yarn Fleece, di mana 30 persen dari bahan-bahannya dibuat dari kepingan poliester dari botol plastik yang digunakan kembali, Dry-Ex yang menggunakan polyester yang dibuat dari botol plastik, dan recycle down yang 100 persen dibuat dari recycled down dan bulu hingga memanfaatkan teknologi blue cycle Jeans untuk mengurangi jumlah air, yang digunakan dalam proses finishing jeans hingga 99 persen. 

 

 
Sebagian besar pelanggan setia kami telah memiliki kesadaran yang cukup baik terkait isu keberlanjutan. 
 
IRMA YUNITA, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo). 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Program CSR dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Praktik CSR yang baik menciptakan manfaat bagi ekonomi, sosial, dan lingkungan.

SELENGKAPNYA

Berburu Destinasi Wisata Berkelanjutan

Indonesia mendorong konsep pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism sebagai bagian dari kunci strategis.

SELENGKAPNYA

Perkuat Konsep Berkelanjutan di Aplikasi Perjalanan

Wisatawan terus mencari cara dalam mengurangi dampak perjalanan terhadap lingkungan.

SELENGKAPNYA