Pemanfaatan ChatGPT | Republika/Daan Yahya

Inovasi

Dominasi Laki-Laki dalam Urusan Pemanfaatan AI

Bidang STEM (sains, teknik, dan matematika) secara tradisional didominasi oleh laki-laki.

Chatbot kecerdasan buatan (AI) yang populer, ChatGPT, kini memiliki lebih dari 180 juta pengguna. Namun, penjual perhiasan Harriet Kelsall mengatakan, hal itu bukan untuknya. Karena menderita disleksia, Kelsall mengakui bahwa menggunakan chatbot AI itu dapat membantu meningkatkan kejelasan komunikasinya dengan pelanggan di situs webnya. 

Namun, pada akhirnya Kelsall mengatakan bahwa dia tidak mempercayainya. Kelsall, yang berbasis di Nottingham, Inggris, mengatakan bahwa ketika dia bereksperimen dengan ChatGPT tahun ini, dia melihat kesalahan. Dia mengujinya dengan menanyai chatbot AI itu tentang mahkota yang dikenakan oleh Raja Charles III dalam penobatan pada Mei, Mahkota St Edward. 

“Saya meminta ChatGPT untuk memberi tahu saya beberapa informasi tentang mahkota hanya untuk melihat apa yang akan disampaikannya,” kata Kelsall, dilansir BBC, Kamis (2/11/2023). “Saya tahu cukup banyak tentang batu permata di mahkota kerajaan, dan saya perhatikan ada potongan besar di dalam teks tentang batu permata yang menyebutkan tentang mahkota yang salah,” ujarnya. 

 

Kelsall menambahkan, dia juga prihatin dengan orang-orang yang “menyamarkan apa yang dikatakan ChatGPT kepada sebagai pemikiran independen dan melakukan plagiat”. 

Meskipun ChatGPT telah menjadi sangat populer sejak diluncurkan setahun yang lalu, keengganan Kelsall untuk menggunakannya tampak jauh lebih umum terjadi di kalangan perempuan dibandingkan laki-laki. Meskipun 54 persen laki-laki kini menggunakan AI baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi, angka ini turun hanya sekitar 35 persen perempuan, menurut sebuah survei awal tahun ini. 

Apa alasan kesenjangan gender AI ini dan haruskah hal ini menjadi perhatian? Michelle Leivars, seorang pelatih bisnis yang berbasis di London, mengatakan, dia tidak menggunakan AI untuk menulis untuknya karena dia ingin mempertahankan suara dan kepribadiannya. “Klien mengatakan mereka memesan sesi dengan saya karena salinan di situs web saya tidak terasa seperti cookie cutter dan saya berbicara langsung dengan mereka,” kata Leivars. 

“Orang-orang mengenal saya telah membuka situs web tersebut dan mengatakan bahwa mereka dapat mendengar saya mengucapkan kata-kata tersebut dan mereka dapat langsung mengetahui bahwa itu adalah saya," ujar dia melanjutkan. 

Sementara, Hayley Bystram, yang juga berbasis di London, Inggris, tidak tergoda untuk menghemat waktu dengan menggunakan AI. Bystram adalah pendiri agen perjodohan, Bowes-Lyon Partnership, dan bertemu langsung dengan kliennya untuk memasangkan mereka dengan orang lain yang berpikiran sama, tanpa melibatkan algoritma.

“Tempat di mana kami dapat menggunakan sesuatu seperti ChatGPT ada di profil anggota kami yang dibuat dengan cermat. Pembuatannya bisa memakan waktu hingga setengah hari,” kata Bystram. "Tetapi, bagi saya, hal ini akan menghilangkan jiwa dan personalisasi dari prosesnya dan rasanya seperti curang, jadi kami terus melakukannya dengan cara yang bertele-tele," katanya lagi. 

Bagi Alexandra Coward, ahli strategi bisnis yang berbasis di Paisley, Skotlandia, menggunakan AI untuk pembuatan konten hanyalah "Photoshop yang berat”. Coward juga sangat prihatin dengan meningkatnya tren orang yang menggunakan AI untuk membuat gambar "yang membuat mereka terlihat paling ramping, paling muda, dan paling keren”.

“Kami bergerak menuju ruang di mana klien Anda tidak akan mengenali Anda secara langsung, tetapi Anda juga tidak akan mengenali Anda secara langsung,” ujar Coward. 

Alasan yang Lebih Fundamental 

Meskipun semua alasan di atas tampaknya masuk akal untuk memberi pengaruh besar pada AI, pakar AI Jodie Cook, mengatakan, ada alasan yang lebih mendalam mengapa perempuan tidak menggunakan teknologi ini seperti halnya laki-laki. 

Cook mengatakan, bidang STEM (sains, teknik, dan matematika) secara tradisional didominasi oleh laki-laki. Cook merupakan pendiri Coachvox.ai, sebuah aplikasi yang memungkinkan para pemimpin bisnis membuat klon AI dari diri mereka sendiri. “Tren penerapan alat AI saat ini tampaknya mencerminkan kesenjangan ini karena keterampilan yang diperlukan untuk AI berakar pada disiplin ilmu STEM,” ujar Cook. 

Cook menambahkan, di Inggris Raya (UK) hanya 24 persen tenaga kerja di sektor STEM adalah perempuan dan sebagai konsekuensinya “perempuan mungkin merasa kurang percaya diri menggunakan alat AI. Dia berpendapat meskipun banyak alat yang tidak melakukan kemahiran teknis, jika lebih banyak perempuan tidak menganggap diri mereka terampil secara teknis, mereka mungkin tidak akan bereksperimen dengan alat tersebut. 

“Dan AI juga masih terasa seperti fiksi ilmiah. Di media dan budaya populer, fiksi ilmiah cenderung dipasarkan untuk laki-laki,” kata Cook. 

Cook mengatakan, ke depan dia ingin melihat lebih banyak perempuan menggunakan AI dan bekerja di sektor ini. “Seiring dengan pertumbuhan industri ini, kami tentu tidak ingin melihat kesenjangan yang semakin lebar antar gender,” ujarnya. 

Namun, psikolog Lee Chambers mengatakan bahwa pemikiran dan perilaku perempuan mungkin menghambat sebagian perempuan untuk menggunakan AI. “Ini adalah kesenjangan kepercayaan diri. Perempuan cenderung ingin memiliki tingkat kompetensi yang tinggi dalam suatu hal sebelum mereka mulai menggunakannya,” kata Chambers. “Padahal laki-laki cenderung senang melakukan sesuatu tanpa banyak kompetensi," ujar dia mengungkapkan. 

Chambers juga mengatakan bahwa perempuan mungkin takut kemampuannya dipertanyakan jika mereka menggunakan alat AI. “Perempuan lebih cenderung dituduh tidak kompeten sehingga mereka harus lebih menekankan kredibilitas mereka untuk menunjukkan keahlian mereka di bidang tertentu,” kata Chambers.

Selain itu, Chambers menambahkan, mungkin ada perasaan bahwa jika orang mengetahui bahwa Anda, sebagai seorang wanita, menggunakan AI, hal ini menunjukkan bahwa Anda mungkin tidak memiliki kualifikasi. Menurutnya, sejak awal perempuan sudah diskreditkan dan ide-ide mereka diambil alih oleh laki-laki dan dianggap sebagai milik mereka.

Sehingga mengetahui bahwa Anda menggunakan AI mungkin juga berperan dalam narasi bahwa Anda tidak cukup memenuhi syarat. Menggunakan AI bagi perempuan, kata Chambers, juga dapat memberikan gambaran bahwa perempuan kurang memiliki kapastitas terhadap apa yang tengah dikerjakannya.

 

 
Perempuan lebih cenderung dituduh tidak kompeten sehingga mereka harus lebih menekankan kredibilitas. 
 
LEE CHAMBERS, Psikolog. 
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Rahasia Membuat Poster Gemes AI Ala Kita

Salah satu ide paling populer adalah membuat poster film kartun bergaya Disney yang menggemaskan adalah tentang binatang peliharaan

SELENGKAPNYA

Jejak Emisi Karbon Kecerdasan Buatan

Agar diketahui jumlah penggunaan listrik dan emisi karbon dari setiap penggunaan kecerdasan buatan.

SELENGKAPNYA