Warga Palestina yang terluka dari Rumah SAkiot Arab al-Ahli duduk di lantai Rumah Sakit al-Shifa, di Kota Gaza, Jalur Gaza tengah, Selasa, 17 Oktober 2023. | AP Photo/Abed Khaled

Medika

Seluk-beluk Tablet Penunda Haid yang Banyak Dikonsumsi Perempuan Palestina

Tablet penunda menstruasi tidak berfungsi sebagai alat kontrasepsi.

Pertempuran di Gaza antara Palestina dan Israel masih terus berlanjut. Salah satu dampak dari masalah ini adalah minimnya sanitasi dan pembalut untuk kaum hawa. Hal ini akhirnya membuat perempuan Palestina terpaksa menggunakan pil penunda haid. Apa sebenarnya pil ini?

Melansir laman Heca Health, Kamis (2/1/2023), tablet penunda menstruasi tidak berfungsi sebagai alat kontrasepsi dan tidak dapat digunakan untuk menghindari kehamilan. Keduanya adalah obat yang berbeda untuk tujuan yang berbeda.

Tujuan utama dari tablet penundaan siklus menstruasi sesuai dengan namanya untuk menunda siklus atau menstruasi. Tablet penundaan menstruasi mengandung norethisterone, yang merupakan versi sintetis dari progesteron.

photo
Pembalut wanita (ilustrasi) - (Unsplash/natracare)

Hormon progesteron bertugas menjaga pintu lapisan rahim dalam dua minggu mendatang untuk mempersiapkan datangnya sel telur yang telah dibuahi. Jika hal ini tidak terjadi dan kehamilan tidak terjadi, terjadi penurunan tajam kadar progesteron, sehingga rahim melepaskan lapisannya dan menstruasi dimulai.

Hormon progesteron dalam tablet penunda siklus menstruasi memberi sinyal pada tubuh untuk berhenti memproduksi hormon pemicu ovulasi dan menstruasi.

Alasan Mengonsumsi Pil Penunda Haid

Menstruasi membawa banyak ketidaknyamanan dan kegelisahan pada tubuh wanita. Ada beberapa alasan mengapa wanita memilih untuk meminum obat penunda haid. Namun, sebelum mengonsumsi tablet ini secara teratur, seseorang harus mewaspadai efek samping tablet penundaan menstruasi.

photo
Jamaah Umroh Abhinaya Tour & Travel bersiap menuju bus seusai melakukan miqat umroh di Masjid Bir Ali, Madinah, Arab Saudi, Kamis (4/5/2023). Masjid Bir Ali merupakan salah satu tempat kaum Muslimin yang hendak menunaikan ibadah haji atau umrah untuk memulai ihram. Tempat -tempat ini disebut sebagai miqat yang artiny batas atau tempat dimulainya para jamaah umroh atau haji untuk berihram sekaligus memulai niat.Setelah melewati batas miqat dengan niat berihram, maka jamaah terikat pada berbagai aturan ihram selama menunaikan ibadah haji atau umrah. - (Republika/Prayogi)

Beberapa penyebab paling umum wanita yang mengonsumsi tablet hormon ini adalah:

1. Acara Khusus

Sering kali wanita meminum tablet penunda menstruasi ketika mereka harus menjadi bagian dari acara khusus. Kegunaan tablet ini adalah untuk mengabaikan banyak ketidaknyamanan yang berhubungan dengan siklus menstruasi.

2. Kondisi Medis

Wanita dengan masalah kesehatan kronis seperti endometriosis meminum tablet penundaan siklus menstruasi untuk menghindari rasa sakit dan ketidaknyamanan tambahan.

3. Bepergian

Bepergian berjam-jam dalam jangka waktu tertentu bisa sangat tidak nyaman sekaligus menantang. Dari menjaga kebersihan hingga selalu bepergian, menstruasi dan bepergian bukanlah kombinasi yang baik.

Efek Sampingnya

photo
Pembalut wanita (ilustrasi) - (Unsplash/Natracare)

Minimnya akses sanitasi di Gaza membuat perempuan Palestina terpaksa mengonsumsi pil penunda haid. Apakah pil ini aman dikonsumsi? Apa efek sampingnya?

Dilaporkan laman Hexahealth, Kamis (2/11/2023), siklus atau menstruasi pada wanita membawa banyak perubahan pada sistem reproduksi. Siklus hormonal ini biasanya berlangsung sekitar 28 hari, tetapi dapat berbeda dari satu wanita ke wanita lainnya.

Keterlambatan menstruasi dapat memaksa wanita untuk meminum tablet penunda menstruasi. Namun, sebelum melakukan ini, Anda harus mewaspadai efek samping tablet penundaan menstruasi.

Meskipun beberapa wanita mengonsumsi tablet ini secara teratur dan tidak mengalami efek samping, sebagian besar wanita hanya mengalaminya pada bulan pertama. Periode efek samping tablet penundaan mungkin berbeda dari satu orang ke orang lain.

Meskipun ada yang merasa mual, ada juga yang mengalami penambahan berat badan. Beberapa juga mungkin menderita kondisi kesehatan seperti bercak, keputihan, dan banyak lagi. Dalam bacaan kali ini, kita akan membahas tentang tablet penunda siklus menstruasi dan juga apakah aman mengonsumsi tablet penunda menstruasi. 

Sama seperti obat lainnya, ada banyak efek samping dari penggunaan tablet penunda menstruasi. Meskipun gejalanya berbeda-beda pada setiap wanita, efek sampingnya pasti berdampak buruk pada kesejahteraan wanita. Gejala paling umum dari keterlambatan pengobatan menstruasi adalah:

 

photo
Jerawat kerap membuat pasiennya terlihat kurang percaya diri dan merasa depresi.  - (Pixabay)

1. Jerawat

Asupan tablet penunda haid menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan jerawat di antara banyak wanita. Jerawat paling mungkin muncul di wajah, leher, bahu, lengan atas, dan lainnya.

2. Bercak menstruasi

Bercak menstruasi mengacu pada pendarahan vagina ringan yang bukan pendarahan menstruasi biasa. Hal ini tidak hanya dapat mengiritasi wanita dan kulitnya, tetapi juga dapat menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang.

3. Perubahan suasana hati

Kebanyakan wanita mengeluhkan perubahan suasana hati selama menstruasi. Namun, perubahan suasana hati juga sering terjadi sebagai efek samping dari tablet penunda menstruasi. Wanita diketahui mengeluhkan emosi yang naik turun setelah mengonsumsi tablet penunda siklus menstruasi, seperti merasa berada pada titik terendah, menjadi emosional, menangis berjam-jam, dan merasa tertekan.

4. Hilangnya libido

Efek samping tablet penundaan menstruasi lainnya termasuk penurunan tingkat libido yang signifikan. Libido mengacu pada dorongan seks pada seseorang. Wanita yang sedang menjalani pengobatan kurang tertarik pada aktivitas seksual akibat pengobatan hormonal.

5. Nyeri payudara

Banyak wanita juga mengalami nyeri payudara, nyeri tekan, dan bengkak akibat penggunaan tablet penundaan menstruasi. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang luar biasa dan dapat terjadi pada salah satu atau kedua payudara.

6. Mual

Gejala umum lainnya dari keterlambatan pengobatan menstruasi adalah perasaan mual dan, dalam banyak kasus, muntah. Wanita juga mengeluhkan masalah lain, seperti sakit kepala, mudah tersinggung, cemas, dan lain-lain.

7. Penggumpalan darah

Salah satu efek samping tablet penunda menstruasi yang paling menantang adalah pembentukan bekuan darah di dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kondisi medis yang parah seperti strok atau emboli paru.

Jangka Panjang

Penggunaan obat apa pun secara terus-menerus pasti akan menimbulkan dampak buruk pada tubuh. Dalam jangka panjang, efek samping tablet penundaan menstruasi dan dampaknya terhadap tubuh wanita bergantung pada faktor-faktor seperti berapa lama mereka meminum obat, usia, kondisi medis yang ada, obat lain, dan lainnya.

Tidaklah tepat untuk mengatakan bahwa 100 persen aman mengonsumsi tablet penunda menstruasi dalam jangka waktu lama. Beberapa efek samping jangka panjang dari tablet penundaan menstruasi meliputi:

1. Peningkatan risiko penggumpalan darah

Mengonsumsi tablet ini dalam waktu lama dapat menyebabkan benjolan di pembuluh darah dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti trombosis vena dalam (DVT) dan emboli paru (PE).

2. Peningkatan risiko kanker payudara

Menurut banyak penelitian dan laporan, penggunaan obat hormonal dalam jangka panjang dapat memperburuk kondisi mereka yang sudah menderita kanker payudara. Hal ini lebih mungkin terjadi pada wanita yang sudah lama mengonsumsi obat.

3. Masalah terkait jantung

Tablet penunda menstruasi mengandung hormon sintetis seperti progestin, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan kardiovaskular seseorang. Dari tingkat tekanan darah yang berfluktuasi hingga memengaruhi metabolisme lipid dan meningkatkan pembentukan bekuan darah, progestin dapat berdampak pada kesehatan jantung dalam banyak cara.

 

 
Mengonsumsi tablet ini dalam waktu lama dapat menyebabkan benjolan di pembuluh darah. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Memahami Masalah Palestina-Israel

Masalah Israel-Palestina adalah masalah kemanusiaan dan perilaku kesewenangan yang bersifat manusiawi.

SELENGKAPNYA

Gerilya Diplomasi Retno Marsudi demi Palestina

Retno bertemu Menlu AS Antony Blinken hingga Menlu Aljazair Ahmed Attaf

SELENGKAPNYA

Mengenali Tanda Menopause Dini

Kebiasaan merokok dan sindrom kelelahan kronis bisa menyebabkan menopause dini.

SELENGKAPNYA