ILUSTRASI Aktivitas para intelektual di Bait al-Hikmah, Baghdad. Salah satu proyek terpenting yang ditaja para khalifah Abbasiyah di sana ialah penerjemahan teks-teks ilmu pengetahuan. | DOK WIKIPEDIA

Dunia Islam

Mengenal Sarjana Kristen Ahli Terjemah di Bait al-Hikmah

Terpilihnya Hunain bin Ishaq menunjukkan, khalifah Abbasiyah memberlakukan meritokrasi dalam mengangkat pejabat.

Era keemasan Kekhalifahan Abbasiyah berlangsung dalam masa pemerintahan Harun al-Rasyid (786-809) dan putranya, al-Ma'mun (813-833). Mewarisi semangat semangat progresif ayahnya, al-Ma'mun pun terus menjaga reputasi Baghdad. Kota itu dijadikannya bukan hanya sebagai pusat pemerintahan, tetapi juga mercusuar peradaban dunia. Jantung aktivitas intelektual di Baghdad ialah Bait al-Hikmah, sebuah lembaga yang...

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Ibnu al-Nafis Meluruskan Teori Galenus

Al-Nafis menyimpulkan, darah di dalam bilik kanan jantung mengalir ke bilik kiri melalui paru-paru, bukan via lubang kecil seperti diduga Galenus.

SELENGKAPNYA

Biografi Ibnu al-Nafis, Sang Bapak Fisiologi Sirkulasi

Ia hidup 350 tahun sebelum William Harvey, ilmuwan yang sering diklaim Barat sebagai penemu teori sirkulasi paru-paru dan jantung.

SELENGKAPNYA

Langkah Cermat Sebelum Menjual Ponsel Kita

Simpan semua bukti transaksi jual beli gawai bekas dan beragam data penting yang terkait.

SELENGKAPNYA