ILUSTRASI Ibnu al-Nafis merupakan dokter pribadi sultan Ayyubiyah Mesir sekaligus kepala rumah sakit kerajaan setempat pada abad ke-13. | DOK WIKIPEDIA

Mujadid

Ibnu al-Nafis Meluruskan Teori Galenus

Al-Nafis menyimpulkan, darah di dalam bilik kanan jantung mengalir ke bilik kiri melalui paru-paru, bukan via lubang kecil seperti diduga Galenus.

Jim al-Khalili dalam The House of Wisdom: How Arabic Science Saved Ancient Knowledge and Gave Us the Renaissance memuji Ibnu al-Nafis (1213-1288) sebagai ahli fisiologi terbesar dari abad pertengahan. John Freely dalam Light from the East menyebutnya “Ibnu Sina Kedua.” Semua apresiasi itu mengindikasikan besarnya pengaruh sang ilmuwan Muslim...

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Biografi Ibnu al-Nafis, Sang Bapak Fisiologi Sirkulasi

Ia hidup 350 tahun sebelum William Harvey, ilmuwan yang sering diklaim Barat sebagai penemu teori sirkulasi paru-paru dan jantung.

SELENGKAPNYA

Langkah Cermat Sebelum Menjual Ponsel Kita

Simpan semua bukti transaksi jual beli gawai bekas dan beragam data penting yang terkait.

SELENGKAPNYA

Dorong Gencatan Senjata, Asisten Menlu Inggris Dipecat

Bristow mengatakan gencatan senjata penuh akan menyelamatkan nyawa

SELENGKAPNYA