Jabra Elite 8 dan Elite 10 | Setyanavidita L/Republika

Inovasi

Intip-intip Earbuds Berstandar Militer, Seberapa Kuat?

Saat ini, earbuds kian dituntut untuk inovatif dan memiliki daya tahan tinggi.

Saat ini, dalam melakukan berbagai aktivitas, keberadaan earbuds makin tak bisa dikesampingkan. Earbuds adalah teman untuk menikmati hiburan, menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, bermain gim, hingga berolahraga.

Oleh karena itu, gawai yang satu ini pun terus dituntut untuk mampu memiliki fitur mumpuni dan inovatif. Beberapa waktu lalu, earbuds dengan baterai yang tahan lama dan fitur active noice cancelling (ANC), sudah dirasa cukup mumpuni untuk menunjang gaya hidup penggunanya. 

Namun, kini evolusi pun terus bergulir. Earbuds kini dituntut untuk berdaya tahan tinggi hingga mampu melekat kuat di telinga pengguna, bahkan ketika pengguna sibuk berolahraga. Pada Selasa (10/10/2023), Jabra memperkenalkan dua perangkat terbarunya, yakni Jabra Elite 8 dan Elite 10 untuk kebutuhan para pengguna saat ini.

Elite 8 Active, menjadi tambahan baru dari keluarga Jabra untuk seri “Active”-nya, akan menetapkan standar baru untuk ketangguhan dan kenyamanan. Perangkat audio yang satu ini, didesain bukan sekadar digunakan untuk berlari atau berolahraga, melainkan juga untuk daya tahan yang kuat.

photo
Jabra Elite 8 dan Elite 10 - (Setyanavidita L/Republika)

Gawai yang satu ini, telah lulus semua tes yang diperlukan dalam Standar Pengujian Militer AS untuk Elektronik Tahan Banting (810H). Pengujian Ini mencakup segala hal. Mulai dari kelembaban, suhu tinggi, hingga hujan dan ketinggian.

Elite 8 Active juga benar-benar kedap air saat tenggelam hingga 1,5 meter. Senior Vice President (SVP) Jabra, Calum MacDougall, menyampaikan Jabra telah berhasil dengan mengidentifikasi kebutuhan pengguna, kemudian menerapkan kemampuan rekayasa audionya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. "Untuk Elite 10, kami fokus pada kenyamanan, panggilan, dan kinerja musik untuk memenuhi kebutuhan pengguna sepanjang hari, dari musik hingga pertemuan. Sementara, untuk Elite 8 Active, kami memenuhi kebutuhan pengguna untuk percaya diri menggunakan earbuds mereka, di mana pun mereka berada, baik ketika bekerja hingga berolahraga," ujarnya. 

Elite 8 active memiliki rating IP68, yang berarti earbuds ini sepenuhnya tahan debu dan tahan air. Sedangkan casing pengisiannya memiliki rating IP54 untuk tahan debu dan tahan percikan air. Selain itu, Jabra telah menguji Elite 8 Active melalui Highly Accelerated Corrosion Testing (HACT). Tes pengujian tersebut mengharuskan earbuds untuk melewati 11 siklus tes secara penuh.

Termasuk bertahan selama dua jam pada suhu 40 derajat Celsius, dengan kelembaban 93 persen, melewati uji percikan selama 15 menit di air laut, dan bertahan di uji pemanasan selama 15 menit pada suhu 40 derajat Celsius, untuk membuktikan kualifikasi antikorosif-nya. 

 

Kolaborasi Dolby

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jabra Indonesia (@jabra_indonesia)

Semangat kolaborasi juga dihadirkan Jabra di seri Elite 10. Earbuds ini menjanjikan kombinasi antara kenyamanan, suara, dan panggilan di mana saja. Baik untuk pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

Earbuds nirkabel ini juga dioptimalkan untuk menikmati konten dalam Dolby Atmos yang benar-benar megah dan mendalam. Sekaligus menjadi earbuds pertama dari Jabra yang mendukung Dolby HeadTracking.

Dolby Head Tracking mengajak pendengar secara realtime dengan menjaga mereka tetap berada di tengah panggung suara saat anda menggerakkan kepala, memberikan pengalaman suara yang lebih alami untuk semua hiburan favorit, termasuk konten Dolby Atmos dan stereo. Dan ketika tersedia Dolby HeadTracking yang dikombinasikan dengan konten Dolby Atmos, maka akan meningkatkan kualitas suara dengan detail dan kejernihan suara, sekaligus menghilangkan kebisingan di sekitar pengguna. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jabra Indonesia (@jabra_indonesia)

Ashim Mathur, Wakil Presiden, Pemasaran APAC, Laboratorium Dolby, mengatakan pihaknya senang bekerja sama dengan Jabra untuk meluncurkan Jabra Elite 8 dengan Dolby Audio dan Jabra Elite 10 dengan Dolby Head Tracking. "Hal ini akan memberikan pengalaman audio yang luar biasa dengan Dolby Atmos yang sangat imersif bagi konsumen di indonesia," ujarnya. 

Fitur Active Noise Cancellation (ANC) yang dibenamkan di dalamnya, memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan disekitar pengguna. Hal tersebut dicapai melalui gelombang infrasonik yang mengukur saluran telinga dan algoritma yang mendeteksi kebocoran suara dan kondisi angin.

Akibatnya, earbuds akan secara otomatis beralih ke tingkat ANC tertinggi di lingkungan yang lebih bising dan mengurangi tingkatannya di tempat yang lebih tenang. Untuk harga, Jabra Elite 8 Active dibanderol dengan kisaran harga Rp 2,6 jutaan dan Elite 10 Rp 3,1 jutaan. 

 

 
Untuk Elite 10, kami fokus pada kenyamanan, panggilan, dan kinerja musik. 
 
CALLUM MCDOUGALL, Senior Vice President (SVP) Jabra. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Senandung Guilty Pleasure Kian Bergema

Spektrum musik dan kreativitas di era saat ini kian berwarna.

SELENGKAPNYA

Siap Merayakan Musik Lintas Genre di Pestapora 2023

SELENGKAPNYA

Musik Dalam Peradaban Islam

Sejumlah cendekiawan Muslim dari era keemasan menulis tentang musik dari segi keilmuan.

SELENGKAPNYA