Termometer jalanan menandai 38 derajat Celcius di kota Cordoba, Andalusia, Spanyol selatan, Rabu (26/42023). Anomali dan panas yang menyesakkan, sekitar 40 derajat di Andalusia, diperkirakan akan terjadi di sebagian besar Spanyol pada hari-hari berikutnya | EPA-EFE/Salas

Sains

Kalau Jakarta Terasa Kurang Panas, Bisa Coba Main-Main ke Sini

Assab biasanya hanya mengalami tiga hari hujan per tahun.

Rekor suhu musim panas dipecahkan di seluruh belahan bumi utara pada tahun 2023. Negara-negara Mediterania termasuk Italia, Spanyol, dan Yunani, kini terpanggang oleh gelombang panas Cerberus dan Charon pada bulan Juli 2023. Hal itu yang menyebabkan kebakaran hutan dan kekeringan.

Sementara itu, Death Valley di Amerika Serikat (AS) telah menjadi salah satu tempat terpanas di dunia, suhu tertinggi malam hari mencapai 48,9 derajat celsius yang tercatat di stasiun cuaca Badwater Basin. Lantas di mana saja tempat terpanas di bumi saat ini? Berikut adalah 14 tempat terpanas di dunia, seperti dilansir The Times, Senin (9/10/2023).

  1. Death Valley, Amerika Serikat
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Death Valley National Park (@deathvalleynps)

Suhu rata-rata siang hari di Death Valley adalah 31,4 derajat celsius. Namun, kawasan yang berbentuk lembah dan memiliki panjang sekitar 225 kilometer itu mencatatkan suhu udara tertinggi yang pernah tercatat di dunia, yakni 56,7 derajat celsius.

Pada bulan Juli 2023, stasiun cuaca Badwater Basin mencatat suhu tertinggi pada malam hari sebesar 48,9 derajat celsius pada tengah malam. Meskipun tetap panas, satwa liar mulai dari ikan pupfish hingga kelinci tetap bertahan hidup di tengah-tengah anak sungai garam, ngarai yang diukir air, dan semak belukar mesquite di tempat yang sekarang menjadi taman nasional ini.

2. El Azizia, Libya

Juga dikenal sebagai ʽAziziya, kota kecil ini diduga mengalahkan Death Valley setelah mencapai suhu 58 derajat celsius di pangkalan militer Italia pada 1922. Namun, hal itu dinyatakan tidak valid pada 2012 oleh para ahli meteorologi yang meragukan kehebatan alat pembaca suhu air raksa.

Namun, stasiun cuaca masih sering mengumumkan suhu 48 derajat celsius di sini setiap musim panas. Adapun suhu rata-rata siang hari di kota ini hanya 26,1 derajat celsius.

3. Kebili, Tunisia

Kota di tengah Tunisia ini menjadi lokasi dengan suhu terpanas yang pernah tercatat di Afrika, yakni 55 derajat celsius pada 1931. Sebagai salah satu tempat yang paling lama dihuni di benua ini, Kebili sebelumnya berada di bawah kekuasaan Romawi dan, tragisnya, menjadi pusat perbudakan. Suhu rata-rata siang hari di Kebili adalah 26,6 derajat celsius. Musim panas tetap panas, dengan suhu mencapai 40 derajat celsius.

4. Ouargla, Aljazair

Beberapa sejarawan meteorologi juga memperdebatkan rekor Kebili dan menempatkan Kota Ouargla di peringkat pertama berkat catatan suhu tak terbantahkan, yakni 51,3 derajat celsius di 2018. Namun, yang membingungkan, suhu di kota ini dapat turun di bawah titik beku ketika musim dingin tiba.

5. Gurun Lut, Iran

Dataran tinggi gurun yang tidak dapat dihuni di Iran, yang juga dikenal sebagai Dasht-e Lut, pernah mencatatkan suhu 70,7 derajat celsius pada 2005. Bahkan bakteri pun tidak dapat bertahan hidup di sana.

 

photo
Dunia Kepanasan - (Republika)

6. Dallol, Ethiopia

Tempat ini pernah memegang rekor sebagai tempat terpanas yang dihuni di Bumi berdasarkan suhu tahunan rata-rata dari 1960-1966 sebesar 34,4 derajat celsius.

7. Assab, Eritrea

Assab menduduki peringkat sebagai kota terpanas di planet ini jika menggabungkan suhu rata-rata tahunan siang dan malam hari. Pada Juli dan Agustus, warga di sana akan tidur dengan suhu 30 derajat celsius, bahkan pada pukul tiga pagi. Keringat kemungkinan besar menjadi satu-satunya curah hujan yang turun.

Assab biasanya hanya mengalami tiga hari hujan per tahun. Pantai adalah daya tarik utama bagi para wisatawan meskipun Eritrea dan Etiopia sering terlibat konflik di sepanjang perbatasan mereka.

8. Khartoum, Sudan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Khartoum Now | الخرطوم الآن (@khartoum_now)

Ibu kota Sudan yang besar dan mentereng ini dekat dengan kota terpanas di dunia, yaitu Ahvaz di Iran, dengan suhu rata-rata 32,8 derajat celsius. Dari April hingga Juni, termometer berulang kali melaporkan suhu 40 derajat celsius atau lebih. Adapun bulan terdinginnya, Januari, masih lebih panas daripada bulan-bulan lainnya di Inggris.

9. Kota Kuwait, Kuwait

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KUWAIT

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Deretan Alasan Dunia Terasa Makin Panas Saat Ini

Dampak yang ditimbulkan oleh umat manusia terhadap iklim adalah pemanasan global sekitar 1,2 derajat Celsius.

SELENGKAPNYA

Kapankah Panas Menyengat Ini akan Berakhir?

Suhu maksimum yang tercatat paling tinggi adalah 38 derajat Celsius.

SELENGKAPNYA

Tahun Ini Bumi Catat Rekor Terpanas

September lalu merupakan terpanas yang pernah tercatat secara global.

SELENGKAPNYA

Bumi Makin Panas

Berbagai bentuk anomali dari perubahan iklim akibat pemanasan global itu bisa disaksikan di mana-mana.

SELENGKAPNYA