Seorang pria meminum sebotol air sambil beristirahat di bangku pada hari yang panas terik di Beijing, Rabu, 19 Juli 2023. | AP Photo/Andy Wong

Sains

Deretan Alasan Dunia Terasa Makin Panas Saat Ini

Dampak yang ditimbulkan oleh umat manusia terhadap iklim adalah pemanasan global sekitar 1,2 derajat Celsius.

Sekarang dunia sedang panas-panasnya. Ambil contoh anomali suhu rata-rata global awal bulan September sebesar 1,7 derajat Celsius di atas pra-industri. Suhunya mencapai 0,5 derajat Celsius di atas rekor sebelumnya. 

Perbedaan besar antara tahun ini dan 2022 disebabkan oleh peralihan dari La Nina ke El Nino, dan sistem cuaca yang tepat dan waktu yang tepat. Dilansir dari Phys, Ahad (8/10/2023), ada enam faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan suhu global— perubahan iklim menjadi alasan utama begitu tinggi, di antaranya: 

El Nino

photo
Warga mencari ikan di Waduk Tandon yang mengalami penyusutan debit air di Selogiri, Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa (8/8/2023). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak kemarau kering tahun 2023 akan terjadi mulai bulan Agustus hingga September yang berdampak di sejumlah wilayah di Indonesia mengalami kekeringan ekstrem karena dampak dari fenomena El-Nino atau kemarau panjang. - (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha. )


Salah satu penyebab panas yang luar biasa ini adalah kita sedang menghadapi El Nino signifikan yang masih menguat. Selama El Nino, pemanasan permukaan laut hadir di sebagian besar wilayah tropis Pasifik. 

Pemanasan ini, dan dampak El Nino di belahan dunia lain, meningkatkan suhu rata-rata global 0,1 hingga 0,2 derajat Celsius. Dengan mempertimbangkan fakta bahwa kita baru saja mengalami tiga kali La Nina, yang sedikit mendinginkan suhu rata-rata global, dan fakta bahwa ini adalah El Nino besar pertama dalam delapan tahun, maka tidak mengherankan jika kita melihat suhu yang luar biasa tinggi di saat ini. 

Menurunnya polusi 

Upaya Mitigasi Polusi - (Republika)

 Ada spekulasi bahwa udara yang lebih bersih ini berkontribusi terhadap panas yang terjadi baru-baru ini, terutama di wilayah Atlantik utara dan Pasifik yang memiliki suhu tertinggi dan lalu lintas pelayaran yang tinggi. 

Kemungkinan besar hal ini berkontribusi terhadap suhu global yang sangat tinggi, tetapi hanya sekitar seperseratus derajat. Analisis terbaru menunjukkan dampak perjanjian pelayaran pada 2020 adalah peningkatan pemanasan sebesar 0,05 persen pada tahun 2050. 

Meningkatnya aktivitas matahari

Ada beberapa siklus matahari yang berbeda, tetapi  siklus 11 tahun adalah yang paling relevan dengan iklim saat ini. Matahari pun menjadi lebih aktif dari minimumnya pada akhir 2019. Aktifnya matahari juga sedikit berkontribusi terhadap lonjakan global. Secara keseluruhan, peningkatan aktivitas matahari hanya berkontribusi seperseratus derajat terhadap panas global  saat ini. 

Uap air letusan Hunga Tonga

Gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga—Hunga Ha’apai, meletus di Samudra Pasifik pada 15 Januari 2022. Ia mengirimkan sejumlah besar uap air ke atmosfer bagian atas. 

Uap air merupakan gas rumah kaca, sehingga peningkatan konsentrasinya di atmosfer akan meningkat efek rumah kaca. Meski letusannya terjadi hampir dua tahun lalu, dampak pemanasannya masih kecil terhadap planet lain. 

Namun, seiring dengan berkurangnya polusi dan meningkatnya aktivitas matahari, kita berbicara tentang seperseratus derajat. 

Sistem tekanan tinggi yang terus-menerus 

photo
Warga mengecek kondisi air dalam sumur di Pedukuhan Klegung, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, Selasa (3/10/2023). Kemarau panjang pada tahun ini terasa bagi warga Klegung, sumur sumber air bersih turun drastis debitnya dan tidak bisa lagi dipompa keluar. Warga harus menunggu hingga airnya naik dan ditimba secara manual. Sumur bor yang ada di sini belum bisa dipergunakan karena masih dalam proses perbaikan. Kemarau di Gunungkidul membuat krisis air bersih yang berdampak pada 118 ribu jiwa di 16 kecamatan. BPBD Gunungkidul juga memperpanjang status siaga darurat kekeringan hingga 30 November 2023. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Ketika kita memiliki sistem tekanan tinggi yang terus-menerus di wilayah daratan, seperti yang terjadi baru-baru ini di wilayah, seperti Eropa Barat dan Australia, kita akan melihat kenaikan suhu lokal dan kondisi panas yang tidak sesuai musim. 

Sebab, air membutuhkan lebih banyak energi untuk menghangatkan dan lautan bergerak, kita tidak melihat respons cepat yang sama pada suhu di lautan jika kita memiliki sistem bertekanan tinggi. Posisi sistem cuaca yang menyebabkan pemanasan di banyak wilayah daratan ditambah dengan panas laut yang terus-menerus kemungkinan besar juga merupakan penyumbang panas rata-rata global. 

Perubahan iklim 

photo
Data bencana iklim pemicu pengungsi sepanjang 2016-2021. - (UNICEF)

Sejauh ini, kontributor terbesar terhadap keseluruhan anomali suhu global +1,7 derajat Celsius adalah perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia. Secara keseluruhan, dampak yang ditimbulkan oleh umat manusia terhadap iklim adalah pemanasan global sekitar 1,2 derajat Celsius. 

Tingkat emisi gas rumah kaca yang mencapai rekor tertinggi berarti kita memperkirakan pemanasan global juga akan semakin cepat. Meskipun emisi gas rumah kaca yang dihasilkan umat manusia menjelaskan tren suhu yang terlihat pada bulan September selama beberapa dekade, hal itu tidak benar-benar menjelaskan perbedaan besar September lalu (ketika efek rumah kaca hampir sama kuatnya dengan saat ini dan September 2023). 

 
Salah satu penyebab panas yang luar biasa ini adalah kita sedang menghadapi El Nino signifikan. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Perubahan Iklim Ancam Produksi Beras dalam Jangka Panjang

Pemerintah harus menggencarkan program diversifikasi pangan.

SELENGKAPNYA

Libya, Korban Terkini Perubahan Iklim?

Korban jiwa banjir Libya melampaui 5.000 jiwa.

SELENGKAPNYA

Mayoritas Manusia Kepanasan Akibat Perubahan Iklim

Indonesia jadi salah satu yang paling parah terdampak perubahan iklim.

SELENGKAPNYA

Perubahan Iklim dan Meningkatnya Pernikahan Dini

Di seluruh dunia, diperkirakan satu dari lima anak perempuan menikah sebelum berusia 18 tahun.

SELENGKAPNYA