Penyanyi Isyana Sarasvati yang memerankan karakter Ratih di Petualangan Sherina 2 saat konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023). | Republika/ Meiliza Lavesa

Geni

Pertaruhan Reputasi Isyana Sarasvati

Isyana harus mencari cara untuk mendalami sosok Ratih.

Penyanyi Isyana Sarasvati ikut terlibat dalam Petualangan Sherina 2 dengan memerankan karakter Ratih, seorang sosialita yang suka pamer barang mewah. Sebagai antagonis, Ratih ditampilkan sebagai sosok yang centil dan menggemaskan. 

Karena berbeda dengan sikap aslinya, Isyana harus mencari cara untuk mendalami sosok Ratih. Dalam proses pendalaman karakter, Isyana sangat berterima kasih kepada produser Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza yang selalu membantunya.

"Aku terima kasih sekali ke Mas Riri dan Mbak Mira yang selalu menemani saat reading. Jadi, memang sangat detail ya proses pembangunan karakternya," kata Isyana saat konferensi pers Petualangan Sherina 2 di kawasan Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023).

Satu hal yang terus dia tanamkan untuk bisa memerankan Ratih adalah tidak hanya menghafal naskah. Namun, dia juga menanamkan rasa pada saat memerankan karakter Ratih. "Jadi, saat memerankan karakter lain bukan hanya dihafal, melainkan juga dirasa, dilatih terus," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PETUALANGAN SHERINA (@filmpetualangansherina)

Selama proses syuting, Isyana juga menemui sejumlah kesulitan karena dia juga harus bernyanyi dan menari. Agar penampilannya semakin mantap, sebelum syuting, Isyana bersama Chandra Satria yang merupakan partnernya di film, menjalani latihan selama tiga bulan. 

Dia sangat bersyukur bisa dipasangkan dengan Chandra. Meskipun baru pertama kali bekerja bersama, Isyana langsung mendapatkan chemistry. Dia tidak sabar jika bisa mendapat kesempatan bekerja bersama Chandra lagi.

"Langsung dapat chemistry-nya, padahal baru kerja bareng pertama kali. Nagih kerja lagi sama Mas Chandra. Reputasiku, lagu-lagu metalku gimana. Hidup memang harus warna-warni, lagunya metal tapi main film jadi Atih, nggak apa-apa," ujarnya. 

Petualangan Sherina 2 merupakan film lanjutan dari Petualangan Sherina yang dirilis pada 2000. Sekuel tersebut telah memakan waktu tiga tahun dalam proses pembuatannya dan akan meluncur di bioskop pada 28 September 2023 mendatang. 

 

Adegan Tersulit

photo
Sherina Munaf dan Derby Romero saat konferensi pers Petualangan Sherina 2 di kawasan Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023). - (Republika/ Meiliza Laveda)

Sherina Munaf dan Derby Romero mengungkapkan adegan tersulit yang dilakukan selama syuting Petualangan Sherina 2. Sekuel film musikalisasi Petulangan Sherina itu dihidupkan kembali setelah 23 tahun.

"Kalau ditanya yang susah, menurut gw bagian dialog. Karena saat dialog dilakukan juga harus melakukan hal lain," kata Derby saat konferensi pers Petualangan Sherina 2 di kawasan Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023). 

Untuk koreografi, Derby menjelaskan, dia bersama Sherina sudah mempersiapkan dengan matang sebelum syuting dimulai. Meski begitu, saat syuting, sempat beberapa kali ada yang bagian yang terlupa atau tertukar. 

Namun, dari semua itu, Derby menceritakan satu adegan tersulit, yaitu saat dia bersama Sherina di perahu kolotok. Di adegan itu, Derby harus melakukan banyak hal sambil mengemudi perahu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PETUALANGAN SHERINA (@filmpetualangansherina)

"Banyak adegan yang dibutuhkan untuk belok menukik. Tapi, untuk bisa belok menukik itu, mesin harus dimatikan. Tapi, tangan kiri untuk memegang kemudi, mematikan mesinnya juga pakai tangan kiri. Pada saat yang bersamaan harus berdialog, berakting," ujarnya.

Walaupun kesulitan, Derby mengaku itu sangat menyenangkan. Lain halnya dengan Derby, Sherina mengungkapkan kesulitan lain selama proses pembuatan film, yaitu latihan koreografi.

Karena usianya sudah terbilang tidak anak-anak lagi, terkadang, dia merasa sangat kelelahan setelah latihan. "Bukan haya menghafalnya, tapi sehari setelahnya encok. Bisa kok hari ini enggak bisa bergerak, banyakan kemarin latihannya. Kayaknya, gw nggak bisa sesehat ini kalau bukan di Petualangan Sherina, mager di rumah," ujarnya.

Petualangan Sherina 2 menceritakan Sherina (Sherina Munaf) dan Sadam (Derby Romero), dua teman kecil yang lama terpisah, bertemu kembali di Kalimantan untuk pelepasliaran orang utan. Reuni manis terhenti ketika anak orang utan bernama Sayu dicuri sekelompok orang.

Sherina dan Sadam harus berusaha menemukan kembali kebersamaan, demi menyelamatkan Sayu dan kelangsungan persahabatan mereka yang baru saja tumbuh kembali. Sebuah sekuel dari film legendaris bernuansa musikal dengan sentuhan aksi petualangan. Petualangan Sherina sudah bisa ditonton mulai 28 September 2023. 

 

 
Sekuel tersebut telah memakan waktu tiga tahun dalam proses pembuatannya. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Deretan Film untuk Menggugah Rasa Cinta Indonesia

SELENGKAPNYA

Kisi-Kisi Asyik Petualangan Sherina 2

Mereka mendapat pengalaman yang luar biasa saat berkunjung ke Kalimantan.

SELENGKAPNYA

Nonton Film Layar Tancap di Sinema Rakyat Vol 1

SELENGKAPNYA