Pemain film Petualangan Sherina 2, Derby Romero, Quinn Salman, Randy Danistha (Nidji) dan sutradara Riri Riza dalam jumpa pers di Rumah Indofood PRJ Kemayoran, Jakarta, Selasa (11/7/2023). | Republika/Umi Nur Fadhilah

Geni

Kisi-Kisi Asyik Petualangan Sherina 2

Mereka mendapat pengalaman yang luar biasa saat berkunjung ke Kalimantan.

Sekuel film yang paling dinanti penonton Indonesia, Petualangan Sherina 2, akan ditayangkan di bioskop mulai 28 September 2023. Menghantarkan keseruan petualangan Sherina (Sherina Munaf) dan Sadam (Derby Romero), trailer resmi pun telah dirilis dan menampilkan adegan-adegan seru.

“Trailer ini kayak sebuah kisi-kisi film yang asyik. Saya udah nonton beberapa kali, tapi tadi nonton di bawah situ tetep yang ‘Waaa’,” ujar Sutradara Riri Riza dalam peluncuran poster dan trailer Petualangan Sherina 2 yang digelar di XXI Epicentrum Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Setelah penggemar dibuat penasaran saat bocoran adegan dikeluarkan pada Mei 2023 lalu, kini trailer utuh telah memberikan gambaran cerita dari film Petualangan Sherina 2. Jika bocoran adegan memperlihatkan Sherina dan Sadam yang beradu argumen, di trailer justru mereka terlihat manis layaknya reuni dua sahabat yang bertemu kembali.

photo
Sherina Munaf dan Derby Romero dalam peluncuran poster dan trailer Petualangan Sherina 2 di XXI Epicentrum Jakarta, Kamis (20/7/2023). - (Republika/Rahma Sulistya)

Penggemar pun diajak untuk berkenalan kembali dengan Sherina dan Sadam yang telah dewasa. Sherina telah menjadi seorang jurnalis yang cerdas dan pemberani, sedangkan Sadam menjelma jadi manajer program sebuah LSM konservasi di hutan Kalimantan.

Kehangatan di antara mereka langsung terasa, diawali dengan nyanyian yang ceria layaknya dua sahabat yang melepas rindu. Namun, momen nostalgia mereka mendadak berubah ketika sekelompok kriminal mencuri anak orang utan yang dilepasliarkan.

Persahabatan mereka diuji dan mereka kembali terseret dalam petualangan penuh drama dalam bentuk aksi, nyanyian, dan tarian yang menawan. “Ada begitu banyak adegan yang bisa dipilih untuk masuk ke dalam trailer, rasanya kepengen ngasih lihat semuanya. Tapi saya harus memilih,” ujar produser Mira Lesmana dalam kesempatan yang sama.

Tetapi, fokus utama trailer ini adalah memberikan cerita yang jelas tentang akan seperti apa kehidupan Sherina dan Sadam. “Yang penting bisa dirasakan nostalgianya, bisa dirasakan action adventure-nya, juga lagu-lagunya. Ada cuplikan tiga lagu baru di dalam trailer ini, mungkin judulnya secepatnya akan kita rilis,” kata Mira.

Seperti yang dijanjikan sejak awal diumumkan, melalui trailernya, film Petualangan Sherina 2 menampilkan beberapa adegan action, yang merupakan unsur baru dibandingkan filmnya yang terdahulu. “Unsur action dalam film ini adalah bagian dari cerita petualangan dua tokoh utama kita, yaitu Sherina dan Sadam saat menjalani sebuah kisah yang tidak terduga,” ujar Riri lagi.

Sherina dan Sadam dulu dikenal penggemar sebagai individu-individu yang sangat energik, suka menjelajah di luar ruang, dan suka melakukan perjalanan-perjalanan yang seperti sebuah petualangan. Jadi, wajar saja jika mereka menghadapi tantangan-tantangan dalam perjalanan mereka kali ini.

Karakter-karakter baru yang beberapa waktu lalu diperkenalkan melalui media sosial, dalam trailer ini pun turut ditampilkan sehingga penonton dapat lebih dekat lagi mengenal para karakter baru ini. Mereka adalah Ratih (Isyana Sarasvati), Aryo (Ardit Erwandha), Dedi (Randy Danistha), Syailendra (Chandra Satria), Pingkan (Kelly Tandiono), dan Sindai (Quinn Salman).

“Aku sangat tidak sabar ingin teman-teman semua bisa mendengar apa yang sudah kami kerjakan selama tiga tahun terakhir ini. Lagu-lagu yang ditampilkan melalui trailer, walaupun masih berupa potongan, aku harap bisa menjadi excitement untuk menonton film Petualangan Sherina 2 dan menikmati semua lagu-lagunya serta bernostalgia bersama,” kata Sherina Munaf, pemeran utama yang juga menjadi penata musik dan pencipta lagu yang liriknya ditulis bersama Mira Lesmana dan Virania Munaf.

Yang Pertama Berlatar Kalimantan

photo
Pemain film Petualangan Sherina 2, Derby Romero, Quinn Salman, Randy Danistha (Nidji) dan sutradara Riri Riza dalam jumpa pers di Rumah Indofood PRJ Kemayoran, Jakarta, Selasa (11/7/2023). - (Republika/Umi Nur Fadhilah)

Miles Film telah menjalani kiprah industri perfilman sejak 2000. Kiprahnya pun membangkitkan dunia film Indonesia lewat sejumlah judul box office. Telah berkeliling Indonesia, tapi Kalimantan menjadi pulau yang belum pernah muncul dalam film-filmnya.

Pernah syuting di Pulau Sumatra dengan Laskar Pelangi, lalu di Pulau Maluku dengan Cahaya dari Timur, di Nusa Tenggara Barat dengan Atambua 39° Celsius. Dan akhirnya, untuk pertama kali, Miles Film memproduksi film di Pulau Seribu Sungai itu lewat Petualangan Sherina 2.

“Kita kan udah ke mana-mana lah ya, kebanyakan NTT dan berbagai pelosok daerah, tapi terus terang syuting di Kalimantan itu belum pernah,” ujar produser Mira Lesmana dalam peluncuran poster dan trailer Petualangan Sherina 2 di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Awalnya, Mira terpikir untuk membuat ulang film Petualangan Sherina dan hal itu ia sampaikan pada Sherina Munaf yang menjadi peran utama sebagai Sherina saat itu. Namun Sherina justru menanyakan tentang sekuel yang membuat Mira cukup tercengang.

“Maksudnya Sher, sekarang? Di umur yang udah sekarang? Emang kamu mau? Lalu dia bilang, ‘Mau tante’. Top Gun aja udah berapa tahun kan, masa Petualangan Sherina nggak bisa. Jadi, akhirnya yaudah,” ujar Mira.

Kemudian sebelum perbincangan itu, rupanya Mira, sutradara Riri Riza, dan Sherina, sempat pergi ke Kalimantan bersama-sama. Mereka mendapat pengalaman yang luar biasa saat berkunjung ke Kalimantan, bahkan pengalaman itu begitu melekat.

 

photo
Perayaan Ulang Tahun Ke-23 dan Kejutan Hadiah Spesial Film Petualangan Sherina - (Republika/Desy Susilawati)

Akhirnya, karena film bertema petualangan tentu biasanya akan terpikir adalah suasana hutan atau mungkin laut. “Dan kita yang memang sudah punya rencana menyusun cerita bersama, Sherina juga jadi bagian dalam story-nya, jadi ini menjadi kesempatan yang akhirnya kita jadikan bagian cerita kita,” ujar Mira.

Bulat sudah keputusan latar ceritanya, membuat mereka lebih sering terbang ke Kalimantan untuk mencari lokasi-lokasi yang cocok untuk Petualangan Sherina 2. Beberapa panorama keindahan hutan Kalimantan pun telah diperlihatkan dalam trailer Petualangan Sherina 2 yang telah dirilis. 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat