Penjual melayani pelanggan di salah satu konter pulsa dengan branding Smartfren, Cilebut, Bogor, Rabu (29/6/2022). Smartfren secara konsisten terus meningkatkan layanan pelanggan baik dari kualitas dan jangkauan jaringan serta meluncurkan sejumlah produk | Prayogi/Republika.

Gaya Hidup

Optimalisasi Potensi Negeri Melalui Literasi Digital

Optimalisasi pemanfaatan internet, dapat membuka berbagai peluang pencapaian baru.

Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023.


Jumlah tersebut meningkat 2,67 persen dibandingkan pada periode sebelumnya yang tercatat sebanyak 210,03 juta pengguna. Jumlah pengguna internet tersebut setara dengan 78,19 persen dari total populasi Indonesia yang mencapai 275,77 juta jiwa.

Bila dibandingkan dengan survei periode sebelumnya, tingkat penetrasi internet Indonesia pada tahun ini, juga mengalami peningkatan. Tepatnya, sebesar 1,17 persen dibandingkan pada 2021-2022 yang sebesar 77,02 persen.

photo
Grafis Pengguna Internet d Indonesia - (Dok Republika )


Hadirnya akses internet memang memungkinkan berbagai potensi baru muncul di tengah pasar. Salah satunya sebagai penggerak roda perekenomian. Data pada Juni 2023 menunjukkan, sejak peluncuran Gernas BBI pada 2020, jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang telah onboarding atau melakukan transformasi digital, sudah mencapai total kumulatif 22,68 juta UMKM. 


Akses internet memang bisa membuka banyak jalan. Tak hanya untuk berjualan, internet juga dapat meningkatkan pengetahuan akademik, mengembangkan kreativitas, hingga mengharumkan nama bangsa, melalui kompetisi e-sport. 


Belum lama ini, sebagai perusahaan telekomunikasi dengan akses 4G terluas di Indonesia, Smartfren merespons potensi-potensi tersebut dengan meluncurkan Gerakan 100 persen untuk Indonesia. Dalam gerakan tersebut, Smartfren menghadirkan beberapa pilar kegiatan yang bertujuan mendukung terwujudnya digitalisasi bagi masyarakat. 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Smartfren 4G (@smartfrenworld)

 

Di antaranya, Teman Pintar Indonesia, yang memberikan pemahaman mendalam mengenai literasi digital lewat komunitas edukasi dan pedesaan, Teman Kreasi Indonesia sebagai wadah kreativitas dan entrepreneurship generasi muda Tanah Air, Teman UMKM Indonesia, yang bermanfaat mendorong UMKM untuk terus berkembang dan naik kelas lewat digitalisasi, Bunda Pintar, sebagai sarana literasi digital khusus untuk perempuan dan para ibu, serta Wow 100 persen untuk Indonesia sebagai rangkaian aktivitas komunitas dan keseruan bernapaskan budaya lokal.


Head of Community Development and Public Relation Smartfren Dani Akhyar menyampaikan, Smartfren mengajak masyarakat untuk ikut aktif dalam menyatukan perbedaan dan menjadikan perbedaan yang kita miliki sebagai inspirasi berkarya dan menyebarkan sikap positif. “Harapannya, dari rangkaian inisiatif gerakan 100 persen untuk Indonesia ini dapat memicu perkembangan berbagai potensi sosial, ekonomi, dan budaya di berbagai kota di Tanah Air,” ujarnya. 


Rangkul Komunitas

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Smartfren 4G (@smartfrenworld)


Dalam rangkaian Gerakan 100 persen untuk Indonesia ini, Smartfren menjangkau anak-anak muda dan UMKM melalui kolaborasi dengan Smartfren Community dan berbagai institusi pemerintah dan swasta. Lewat jangkauan Smartfren Community, gerakan ini telah berjalan di lebih dari 118 kota di Indonesia, menjangkau lebih dari 2.200 perempuan, 6.900 pelajar dan lebih dari 202 sekolah untuk memberikan pelatihan literasi digital, serta memberikan pembinaan digitalisasi usaha kepada lebih dari 1800 pengusaha lokal.

Upaya gerakan 100 persen untuk Indonesia ini juga membuka peluang bagi anak-anak muda diwujudkan melalui pilar kegiatan Teman Pintar Indonesia. Dengan literasi digital yang diberikan dalam kegiatan ini, antara lain, berupa pengembangan diri dengan memanfaatkan internet, workshop kreator konten, hingga seminar pendidikan dan minat baca. 


Bukan hanya sekolah, pelajar dan mahasiswa saja yang menjadi kolaborator kegiatan ini. Smartfren juga bersama Smartfren Community juga menggandeng berbagai institusi pemerintah, beberapa kegiatan yang telah dilakukan, antara lain, kolaborasi dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca di Jabodetabek.


Kuota 100 GB

photo
Penjual melayani pelanggan di salah satu konter pulsa dengan branding Smartfren, Cilebut, Bogor, Rabu (29/6/2022). Smartfren secara konsisten terus meningkatkan layanan pelanggan baik dari kualitas dan jangkauan jaringan serta meluncurkan sejumlah produk, seperti paket Smartfren Unlimited Nonstop yang menjadi pilihan terbaik untuk pelanggan yang sangat aktif menggunakan internet. Prayogi/Republika - (Prayogi/Republika.)


Berkarya dan memanfaatkan internet untuk beragam kegiatan tentu tak bisa dipisahkan dari kehadiran kuota data. Smartfren pun menghadirkan paket data terbaru Smartfren Kuota 100 GB yang bisa didapatkan dengan harga Rp 100 ribu untuk pelanggan prabayar.

Chief Commercial Officer Smartfren Andrijanto Muljono mengatakan, paket data dengan kuota melimpah ini merupakan apresiasi dari Smartfren untuk mengobarkan semangat anak-anak muda Indonesia dalam berkarya dan mengukir prestasi dengan memanfaatkan teknologi digital. “Baik karya itu berupa konten media sosial, hobi gaming sampai jadi juara esports, atau menjadi live streamer hingga mengembangkan usaha secara daring,” ujarnya. 


Paket Smartfren Kuota 100 GB seharga Rp 100 ribu, sudah bisa didapatkan oleh pelanggan Smartfren prabayar melalui aplikasi MySmartfren atau menggunakan USSI *123#. Selain itu pelanggan juga bisa mendapatkannya dalam bentuk voucer data di berbagai gerai terdekat.


Pelanggan pra-bayar yang mengaktifkan paket ini akan mendapatkan manfaat berupa kuota yang bisa dipakai sepenuhnya selama 24 jam, selama 30 hari. Adapun total kuota 100 GB yang diperoleh terdiri atas kuota nasional 25 GB dan kuota lokal 75 GB. 


Andrijanto menambahkan, bagi pelanggan Smartfren Elite atau pascabayar, ada pula pilihan kuota superbesar, yaitu dengan Rp 100 ribu per 30 hari, pelanggan bisa mendapatkan total kuota Smartfren Elite 100 GB (40 GB kuota utama, 40 GB kuota ekstra, 10 GB kuota aplikasi, 10 GB kuota loyalty). Khusus untuk pelanggan pascabayar, juga bisa menikmati manfaat gratis nomor cantik untuk aktivasi baru, jaringan prioritas dan kuota antihangus. 

 

 

 
Rangkaian inisiatif ini diharapkan dapat memicu perkembangan berbagai potensi sosial, ekonomi, dan budaya. 
 
DANI AKHYAR, Head of Community Development and Public Relation Smartfren. 
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mengakses Internet dengan Satelit Low Earth Orbit

Satelit dapat membantu menghadirkan konektivitas di wilayah dengan kondisi medan yang menantang.

SELENGKAPNYA

Potret Kelam Perkembangan Industri Provider Internet

Keberadaan kabel internet terus meluas seiring permintaan sambungan internet.

SELENGKAPNYA

Semangat Dongkrak Kecepatan Internet Nasional

Survey dari McKinsey dan AT Kearney memproyeksikan, pangsa pasar fixed broadband di Tanah Air baru tergarap 15 persen.

SELENGKAPNYA