Grup band GIGI saat tampil dalam konser bertajuk Road To 30Th Anniversary GIGI di Basket Hall Senayan, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (17/6/2023). Dalam penampilannya GIGI membuka konsernya dengan membawakan lagu berjudul | Republika/Thoudy Badai

Geni

Nonton Konser Pangkal Sehat, Kok Bisa?

Menghadiri konser itu menyenangkan, sehingga mengurangi tingkat stres.

Sejak pandemi Covid-19 berlalu, berbagai konser musik mulai ramai digelar. Selain bisa menyalurkan hobi nonton konser, ternyata nonton konser musik juga bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

 

1. Mengurangi stres

Dilansir laman Health Fitness Revolution, Ahad (3/9/2023), jika Anda pernah menonton konser, Anda pasti tahu bahwa suasananya berbeda dari biasanya. Anda dikelilingi oleh teman dan orang asing, semua orang tersenyum, menari, dan secara umum bersenang-senang. Dan ternyata berada di lingkungan ini ternyata bisa menurunkan tingkat stres Anda.

Stres terjadi ketika tubuh kita melepaskan kortisol, yang meningkatkan glukosa dalam aliran darah. Hal ini membuat kita merasa perlu bekerja lebih keras untuk menghadapi apa pun yang membuat kita stres, entah itu ujian, presentasi di tempat kerja, atau proyek besar di rumah. Namun, ketika kita bersenang-senang, tubuh kita tidak melepaskan banyak kortisol dan itu berarti lebih sedikit stres.

 

photo
Mengubah mood agar lebih bahagia (ilustrasi) - (Unsplash/Jacqueline Munguia)

 

2. Melepaskan hormon bahagia

 

Jika Anda ingin merasa lebih bahagia, pertimbangkan untuk pergi ke konser. Penelitian telah menunjukkan bahwa tindakan membeli tiket dan merencanakan acara akan melepaskan dopamin di otak Anda, membuat Anda merasa lebih bahagia bahkan sebelum Anda tiba di tempat tersebut. Kemudian, begitu Anda berada di sana, bernyanyi bersama dan menikmati musik akan melepaskan endorfin yang akan membuat Anda merasa lebih baik.

Otak Anda memahami bahwa ini adalah peristiwa yang patut diingat sehingga perasaan bahagia itu akan tetap melekat pada Anda selama berhari-hari berikutnya.

 

3. Pereda sakit

Jika Anda mengalami rasa sakit, Anda mungkin ingin mempertimbangkan konser. Saat menghadiri konser, otak dapat melepaskan hormon endorfin yang membantu meredakan nyeri pada tubuh. Selama pelepasan endorfin, mereka dapat membuat persepsi seseorang terhadap rasa sakitnya berkurang, bahkan dapat menghalangi sinyal rasa sakit sebelum mencapai otak. Untungnya, menghadiri konser itu menyenangkan sehingga mengurangi tingkat stres.

 

4. Memberikan koneksi sosial dan komunitas

Musik adalah bahasa universal spesies manusia. Ini memberikan rasa pemahaman dan keberadaan. Kita semua mengetahuinya dan menyukainya, baik saat kita mendengarkannya maupun memainkannya.

Ada sesuatu tentang musik yang menghubungkan kita semua, tidak peduli berapa usia, ras, jenis kelamin, atau orientasi seksual kita, itu adalah hal yang indah. Dan ketika Anda pergi ke konser atau pertunjukan live, Anda akan merasakan hubungan itu secara langsung.

Tentu, kemungkinan besar orang-orang yang duduk di sekitar Anda di konser tersebut adalah orang asing yang mungkin tidak akan pernah Anda temui lagi. Namun, pada saat itu, kita semua adalah pencinta seni tersebut dan kita berada di sana bersama-sama untuk berbagi kecintaan kita terhadap seni tersebut.

 

5. Membakar kalori

Konser terbaik adalah konser di mana Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda kira. Karena, ketika kita menonton konser, biasanya kita menari sepenuh hati, dan bernyanyi bersama sekuat tenaga.

 

6. Meningkatkan fungsi otak

Anda pasti sudah tahu bahwa mendengarkan musik dapat membantu Anda rileks, fokus, dan bersemangat. Anda mungkin juga tahu bahwa ini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Namun, tahukah Anda bahwa menonton konser live ternyata dapat mengembangkan otak Anda?

Mendengarkan musik secara langsung, alih-alih melalui headphone, memberikan otak Anda media baru untuk merasakan pengalaman. Musik live menjadi pengalaman kreatif seluruh tubuh, bukan hanya sesuatu yang Anda lakukan saat berada di bus atau berolahraga. Konser langsung juga dapat membuka dan mengaktifkan lebih banyak area otak dibandingkan aktivitas lainnya.

Menikmati musik live membantu mempromosikan Neurogenesis, yang menumbuhkan neuron baru di otak. Semakin banyak neuron yang Anda miliki, semakin baik fungsi otak Anda. Jadi, jika Anda ingin memastikan otak Anda tetap sehat di usia tua, perbanyaklah menonton konser. 

photo
Kondisi depresi (ilustrasi) - (Pixabay/PD Pics)

7. Membantu melawan depresi

Musik adalah salah satu hal yang dapat masuk ke dalam jiwa seseorang dan membantu mereka dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh kata-kata. Hal ini memberi mereka harapan, mengetahui bahwa hidup mereka belum berakhir, dan masih banyak pengalaman positif yang bisa mereka dapatkan.

Ada kalanya apa pun yang Anda lakukan, hal itu tidak menyelesaikan masalah. Musik live adalah salah satu cara terbaik untuk membantu orang mengatasi situasi tersebut karena dapat membantu mereka menyadari bahwa mereka tidak sendirian dalam perjuangan mereka dan memberi mereka harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Anda mungkin tidak menganggap konser sebagai bentuk olahraga, tapi bisa jadi! Anda aktif bergerak sepanjang malam, yang berarti Anda membakar banyak kalori. Dan bahkan ketika Anda hanya berdiri dan menonton, detak jantung Anda akan lebih tinggi dari biasanya.

 

 

 

Musik live menjadi pengalaman kreatif seluruh tubuh.

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Musik Dalam Peradaban Islam

Sejumlah cendekiawan Muslim dari era keemasan menulis tentang musik dari segi keilmuan.

SELENGKAPNYA

Pandangan Islam tentang Lagu dan Musik

Para ulama berbeda pendapat tentang kebolehan membawakan dan mendengarkan lagu serta musik.

SELENGKAPNYA

Toko DU 68 Oase Penggemar Rilisan Fisik Musik di Kota Bandung

Memiliki rekaman fisik resmi yang dirilis perusahan rekaman menjadi kepuasan tersendiri.

SELENGKAPNYA