Masjid Cologne di Jerman adalah salah satu masjid terbesar di seluruh Eropa. | DOK WIKIPEDIA

Safari

Panduan Lengkap Berwisata Aman di Benua Biru

Untuk memberikan ketenangan pikiran kepada keluarga di rumah, kirimkan pesan kepada mereka setiap hari.

Saat ingin liburan ke suatu negara, ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset sendiri mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di negara tujuan serta situasi terkini dari negara yang ingin Anda kunjungi dan pandangan masyarakatnya.

Salah satu destinasi wisata yang banyak diminati adalah Eropa. Berikut beberapa tip berwisata ke Eropa yang akan membuat Anda merasa lebih baik dan aman serta menghemat uang: 

  1. Dilansir dari laman Halal Trip, Senin (29/8/2023), pastikan Anda mendapatkan semua visa, dokumen, serta suntikan vaksin yang diperlukan jauh sebelum keberangkatan Anda. Pastikan juga paspor Anda masih berlaku dan ada foto terbaru Anda di sana.
photo
Taman di Granada, Spanyol (dahulu Andalusia). Peradaban Islam memperkenalkan tata taman kepada publik Eropa. - (DOK WIKIPEDIA)

 

2. Pastikan Anda memeriksa barang atau produk apa yang tidak boleh Anda bawa dalam penerbangan atau moda transportasi lainnya ke negara yang Anda kunjungi. Anda ingin memastikan bahwa pemeriksaan bagasi dan pertanyaan resmi lainnya tidak merepotkan.

3. Usahakan mengatur tur lengkap sebelum keberangkatan Anda. Ini akan memastikan bahwa Anda memiliki rencana perjalanan yang dapat Anda bagikan dengan keluarga.

4. Jika Anda bepergian sendirian, cobalah mengikuti tur yang diselenggarakan oleh agen perjalanan ternama di negara Anda. Ini adalah pilihan bahkan jika Anda adalah pasangan atau unit keluarga kecil Muslim. Pencarian di internet akan memberi Anda pilihan beberapa tur halal yang bisa Anda ikuti.

5. Dapatkan berita terkini tentang negara-negara Eropa yang Anda tuju. Bahkan, saat Anda sedang tur Eropa, luangkan beberapa menit setiap pagi untuk mendengarkan berita.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Germany Tourism (@germanytourism)

6. Saat merencanakan tur Eropa Anda, pastikan untuk mencari hotel ramah Muslim dan halal. Hal ini akan memudahkan perjalanan Anda karena Anda tidak perlu khawatir dengan ketersediaan makanan halal atau fasilitas yang memadai.

7. Jika Anda menginap di hotel atau vila atau penginapan yang tidak menawarkan makanan halal, lakukan riset mengenai restoran halal dan ketersediaan makanan halal di negara tersebut, terutama area di mana Anda akan tinggal.

8. Bawalah sajadah perjalanan dan kompas arah kiblat dari rumah, ini akan memastikan Anda siap salat kapan saja, di mana saja. Pencarian di internet juga akan dengan mudah memberi Anda waktu sholat di negara yang Anda kunjungi. Sebagai alternatif, unduh aplikasi di ponsel cerdas Anda yang akan memberi Anda waktu salat dan arah kiblat.

9. Jika Anda akan berada di suatu negara pada hari Jumat dan ingin menghadiri salat Jumat di masjid, cari tahu terlebih dahulu di mana letak masjid tersebut, apakah mereka mengadakan ibadah khusus, dan bagaimana Anda bisa sampai ke sana, dari hotel Anda atau tempat manapun yang ingin Anda kunjungi sebelum pergi ke masjid.

10. Wanita sebaiknya menghindari memakai perhiasan yang mencolok. Selain itu, saat Anda sedang berlibur, pertimbangkan apakah Anda benar-benar perlu mengenakan dan/atau membawa perhiasan apa pun.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Amsterdam

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Dari Perpustakaan, Islam Sinari Eropa

Islam menyinari Eropa dengan kecintaan terhadap literasi melalui pembangunan perpustakaan.

SELENGKAPNYA

Apa yang Menyebabkan Gelombang Panas Terjadi di Eropa?

Ada juga negara di Eropa yang tak mengalaminya, seperti Inggris.

SELENGKAPNYA

Panas Ekstrem Eropa Bisa Mematikan

Gelombang panas di Eropa meningkatkan potesi serangan jantung.

SELENGKAPNYA