Warga mengenakan masker saat beraktivitas di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (21/8/2023). Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung dalam satu minggu terakhir, Indeks Standar Polusi Udara (ISPU) Kota Bandung berada | ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA

Gaya Hidup

Deretan Pangan Penangkal Bahaya Polusi

Makan brokoli dapat membuang racun yang terkait dengan polusi udara.

Ketika polusi udara mencapai kualitas yang buruk, para ahli menyarankan masyarakat untuk jangan beraktivitas terlalu berat di luar ruangan. Selain itu, seseorang juga bisa memilih makanan yang bisa memerangi polusi udara.

Menurut Konsultan Ahli Gizi dari New Delhi, India, Dr Rupali Datta, paru-paru adalah mekanisme pertama yang terkena dampak kabut asap dan vitamin paling ampuh untuk memerangi kondisi kesehatan terkait paru-paru adalah vitamin C. Makanan, seperti bayam, alpukat, tomat, dan sayuran berdaun hijau adalah yang paling efisien.

Berikut ini makanan yang dapat membantu memerangi polusi udara, seperti dilansir dari NDTV, Senin (28/8/2023).

1. Kunyit

photo
Pedagang rempah-rempah melayani pembeli di Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Seni (23/3/2020). Menurut pedagang sejak merebaknya wabah virus corona atau COVID-19, harga bahan baku untuk pembuatan jamu tradisional atau rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, jeruk nipis dan sirih mengalami kenaikan sekitar 40 persen, akibat permintaan naik hingga dua kali lipat. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/ama. - (ANTARA FOTO)

Kunyit dikenal karena sifat anti-inflamasinya, dan kurkumin, senyawa yang ada di dalamnya. Ini membantu melindungi paru-paru dari efek racun polutan. Mengonsumsi campuran kunyit dan ghee untuk meredakan batuk dan iritasi pada paru akibat polusi udara.

Caranya, campur kunyit dengan jaggery dan mentega, lalu buat pasta. Lebih baik tetap mencampurkan kunyit pada susu hangat dan meminumnya secara rutin pada malam hari.

2. Biji rami (flaxseed)

Biji rami kaya akan asam lemak omega-3 dan fitoestrogen. Asam lemak omega-3 melindungi sistem kardiovaskular dan membantu mengurangi efek kabut asap.

Sedangkan fitoestrogen memiliki sifat antioksidan yang membantu mengurangi gejala asma dan reaksi alergi lainnya pada paru-paru. Anda dapat mengonsumsi biji rami setiap hari dalam salad, smoothie, atau sekadar memanggangnya dan memakannya sebagai pilihan camilan sehat. Makanan lain dengan jumlah asam lemak omega-3 lebih tinggi adalah kenari, telur, ikan, dan kedelai.

3. Bayam

photo
Petani hidroponik Rina Tri Wahyuni merawat tanaman bayam brazil di Azalea Farm, Kebonbimo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2022). Selain dijual dengan harga Rp5 ribu per 200 gram, bayam brazil yang ditanam dengan sistem hidroponik itu juga diolah menjadi minuman sari sayur dan buah yang dijual dengan harga Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per botol dan telah memenuhi permintaan pasar ke kawasan Jabodetabek. - (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Bayam mengandung beta karoten, zeaxanthin, lutein, dan klorofil, yang semuanya bertanggung jawab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut Datta, warna hijau pada bayam disebabkan oleh klorofil, yang merupakan antioksidan kuat dengan sifat antimutagenik. 

Bayam telah terbukti memiliki sifat antikanker yang kuat, terutama untuk paru-paru. Tidak hanya itu, bayam juga kaya akan magnesium, yang memberikan kekebalan yang sangat dibutuhkan untuk melawan kabut asap. Itu meringankan paru-paru dan menghilangkan ketegangan yang disebabkan oleh kabut asap. Selain itu, membantu artikulasi udara di paru-paru.

4. Brokoli

Banyak pakar kesehatan dan ahli gizi menyarankan untuk menambahkan brokoli ke dalam makanan sehari-hari guna melawan dampak buruk polutan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Bloomberg School of Public Health di Johns Hopkins University, makan brokoli dapat membuang racun yang terkait dengan polusi udara. 

Hal ini karena brokoli mengandung sulforaphane, senyawa anti karsinogenik. Itu membantu mengeluarkan tingkat karsinogen yang lebih tinggi yang dikenal sebagai benzena melalui usus kita.

Selain itu, banyaknya vitamin C yang ditemukan dalam brokoli juga membantu meningkatkan tingkat kekebalan kita. Satu porsi 100 gram brokoli mengandung 89 gram vitamin C, lebih banyak daripada kebanyakan buah jeruk. Sayuran ini juga kaya akan beta-karoten dan sejumlah antioksidan.

5. Tomat

photo
Petani menunjukkan tomat hasil panennya di Desa Salu Dewata, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Rabu (10/8/2022). Petani setempat mengaku harga tomat di daerah itu turun dari Rp7.500 per kilogram menjadi Rp5.000 per kilogram karena menurunnya kualitas panen akibat anomali cuaca. - (ANTARA FOTO/Arnas Padda/YU)

Tomat juga merupakan sumber pangan yang kaya akan beta-karoten, vitamin C, dan likopen yang merupakan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan saluran napas. Sehingga mengurangi kemungkinan menyebabkan asma dan masalah pernapasan lainnya.

Dipercaya bahwa likopen adalah salah satu senyawa yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan. Tomat juga menjaga keseimbangan tingkat radikal bebas, melindungi tubuh dari penyakit pernapasan dan kondisi kesehatan lainnya.

Beta-karoten dalam tomat juga diketahui memperlambat penuaan paru-paru. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal, orang dewasa yang makan lebih dari dua buah tomat sehari memiliki tingkat penurunan fungsi paru-paru alami yang lebih lambat.

 

 
Warna hijau pada bayam merupakan antioksidan kuat dengan sifat antimutagenik. 
 
DR RUPALI DATTA, Konsultan Ahli Gizi dari New Delhi, India. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kurangi Polusi Emisi Kendaraan, Pemprov DKI Berlakukan WFH

Pemprov DKI Jakarta menerapkan kebijakan WFH atau bekerja dari rumah untuk 50 persen ASN.

SELENGKAPNYA

Melindungi Masa Depan Anak dari Jahatnya Polusi Udara

Otak anak masih dalam tahap tumbuh kembang, sehingga jika terganggu oleh polutan, maka fungsinya akan terganggu

SELENGKAPNYA

Mengejar Solusi Jangka Panjang untuk Atasi Urgensi Polusi

Patut dicurigai, meningkatnya pasien GERD di ruang-ruang praktik dokter juga disebabkan kualitas udara yang buruk.

SELENGKAPNYA

Upaya Menekan Polusi Jakarta Masih Samar

Kualitas udara di Jabodetabek dalam kategori tidak sehat.

SELENGKAPNYA