Warga mengamati aplikasi-aplikasi | ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Inovasi

Mendampingi Usaha Rintisan Sejak Awal Perjalanan

Alumni Startup Studio Indonesia secara total telah mengantongi pendanaan sebesar Rp 977 miliar.

Indonesia saat ini masuk ke dalam jajaran negara dengan jumlah startup atau usaha rintisan terbanyak di dunia. Menurut data Startup Ranking per 14 Juni 2023, terdapat 2.482 startup di Tanah Air.

Jumlah tersebut menempatkan Indonesia berada di peringkat keenam dunia, mengalahkan Jerman dan Prancis. Amerika Serikat menempati posisi puncak dengan jumlah rintisan terbanyak di dunia, dengan 74.827 usaha rintisan yang kini hadir di Negeri Paman Sam.

Sebagai upaya mendampingi perjalanan para usaha rintisan di Indonesia sejak tahap awal, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), pada Kamis (24/8/2023) resmi memulai program akselerasi Startup Studio Indonesia Batch ketujuh.

Diluncurkan pertama kali pada September 2020, program Startup Studio Indonesia bertujuan memberikan panduan komprehensif kepada startup tahap awal (early-stage) untuk memperkuat lini produk digital, model bisnis, hingga strategi mencapai Product-Market Fit (PMF). Di batch terbaru ini, Kemenkominfo menyeleksi 18 usaha rintisan dari sektor industri yang semakin beragam untuk mengikuti rangkaian pelatihan.

photo
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada Kamis (24/8/2023), resmi memulai program akselerasi Startup Studio Indonesia Batch ke-7. Diluncurkan pertama kali pada September 2020, program Startup Studio Indonesia bertujuan untuk memberikan panduan komprehensif kepada startup tahap awal (early-stage) untuk memperkuat lini produk digital, model bisnis, hingga strategi mencapai Product-Market Fit. - (Dok Kementerian Komunikasi dan Informatika )

Startup Studio Indonesia merupakan solusi Kemenkominfo untuk meningkatkan kemajuan ekonomi digital Indonesia. Pasalnya, jumlah rintisan yang muncul di dalam negeri terus bertambah. Untuk mempertahankan momentum ini, Startup Studio Indonesia hadir sebagai program pembinaan komprehensif.

Di mana rintisan tahap awal bisa memahami seluk-beluk bisnis digital dari para praktisi dan puluhan founder startup ternama di bidangnya. “Dari awal kemunculannya, program ini telah berkembang pesat tidak hanya dari segi jumlah pendaftar, tapi juga dari jumlah mentor yang mencapai 110 orang serta dampak positif yang dirasakan para alumni dan masyarakat secara meluas,” ujar Bonafasius Wahyu Pudjianto, direktur pemberdayaan informatika, Kemenkominfo RI.

Menurut data Kemenkominfo, ia melanjutkan, alumni Startup Studio Indonesia secara total telah mengantongi pendanaan sebesar Rp 977 miliar. Ini tentunya merupakan kebanggaan tersendiri dan menjadi bukti bahwa pembinaan terhadap usaha rintisan.

Pendanaan Perusahaan Rintisan RI - (republika)

  ​

Rangkaian pelatihan yang dihadirkan oleh Startup Studio Indonesia meliputi sesi Founder’s Camp selama tiga hari mulai dari 24-26 Agustus 2023, dan 1-on-1 Coaching selama tiga bulan hingga November 2023. Dalam sesi Founder’s Camp, 18 usaha rintisan terpilih bisa mendapatkan mentoring dan brainstorming dengan para praktisi yang telah berpengalaman untuk memfasilitasi transfer ilmu yang efektif.

Praktisi usaha rintisan ini terdiri atas pendiri atau pelaku startup, kalangan akademis, hingga pimpinan perusahaan venture capital (VC). Sementara itu, sesi 1-on-1 Coaching menyediakan kesempatan yang lebih privat, dengan memberikan insight yang bersifat lebih praktikal dan aplikatif untuk para usaha rintisan. Sehingga, masing-masing startup bisa berdiskusi dan berkonsultasi dengan para Coach.

Tahun ini, praktisi startup ternama yang ikut terlibat sebagai coach Startup Studio Indonesia Batch 7 diantaranya adalah: Abraham Hidayat (managing partner Skystar Capital), Adrianus Hitijahubessy (founder JULO), Anthony Kosasih (COO Mekari), Benedicto Haryono (co-founder KoinWorks), Berdhianto Priyotomo (enterprise sales lead Google), Chrisanti Indiana (co-founder dan CMO Sociolla), Dimas Harry Priawan (co-founder Dekoruma), Fajrin Rasyid (digital business Director Telkom Indonesia), Indra Gunawan (CEO Bobobox), dan Rama Notowidigdo (co-founder AwanTunai dan Sayurbox).

Sementara, 18 startup yang berhasil lolos ke Startup Studio Indonesia Batch ketujuh, antara lain, AyoKenalin yang merupakan jaringan agen daring untuk pemasaran digital, Banoo, yaitu solusi IoT untuk perikanan, CareNow yang berfokus pembiayaan kebutuhan medis, dan FarmaCare yang merupakan platform rantai pasok farmasi.

Aspek Krusial Koneksi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rekosistem (@rekosistem)

Salah satu alumni Startup Studio Indonesia, Joshua Valentino, COO & Co-Founder Rekosistem, membagikan pengalamannya setelah mengikuti program akselerasi intensif ini. Menurut dia, salah satu hal terpenting dalam pengembangan usaha rintisan adalah relasi dan koneksi di lanskap digital.

“Startup Studio Indonesia membekali kami dengan membuka jaringan yang luas agar kami bisa melakukan ekspansi pasar, memperluas jangkauan klien, dan mengoptimalisasi strategi PMF. Kami belajar banyak dari sesi diskusi dengan para praktisi startup dan hal itulah yang mempermudah perjalanan kami hingga sekarang,” ujarnya.

Pengalaman Joshua ini, sejalan dengan misi awal Startup Studio Indonesia, di mana Kemenkominfo menargetkan untuk mencetak 150 usaha rintisan digital pada 2024 yang mampu mengembangkan skala bisnisnya. Baik dari segi jumlah pengguna, jumlah pendapatan, penyerapan tenaga kerja, dan pendanaan.

 

 

 

Kami belajar banyak dari sesi diskusi dengan para praktisi startup dan hal itulah yang mempermudah perjalanan kami hingga sekarang. 

JOSHUA VALENTINO, COO & Co-Founder Rekosistem. 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Pendanaan Perusahaan Rintisan Terjun Bebas

Musim dingin kripto dan ketidakstabilan di pasar, tidak diragukan lagi memainkan peran.

SELENGKAPNYA

Fokus pada Solusi adalah Kunci Bertahan Usaha Rintisan

Kominfo memastikan tren investasi ke usaha rintisan di Indonesia masih bagus.

SELENGKAPNYA