Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI Irwan Kuncoro, Executive Vice President Mitsubishi Motors Corporation Hiroshi Nagaoka, President & CEO Mitsubishi Motors Corporation Takao Kato, Executive Vice President Mitsubishi Motors Corporation Tatsuo | Republika/Edwin Dwi Putranto

Gaya Hidup

Barisan Mobil Ganteng di GIIAS 2023

GIIAS 2023 menjadi ajang bergengsi untuk memperkenalkan berbagai model mobil terbaru.

Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi Motors) resmi meluncurkan sebuah model compact SUV baru, Mitsubishi XForce di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Produk yang mengusung tagline “Infinite Xcitement” itu akan diproduksi di Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (Bekasi, Jawa Barat).

Mitsubishi XForce juga dijadwalkan untuk dipasarkan di negara-negara ASEAN lainnya, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika. Mitsubishi XForce merupakan kendaraan penumpang dengan model compact SUV 5-seater yang dikembangkan dengan fokus bahwa model ini digunakan di wilayah ASEAN.

Mitsubishi XForce memiliki karakter stylish dan robust, desain SUV autentik, yang berdasarkan pada konsep “Best-suited buddy for an exciting life”. Menyuguhkan bodi yang berukuran compact, SUV ini menawarkan handling yang sangat baik, kenyamanan, serta utilitas fitur, seperti interiornya yang luas dan berbagai ruang penyimpanan.

photo
The New SUV Mitsubishi ditampilkan saat peluncuran di Jakarta, Senin (31/7/2023). PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan SUV baru berkonsep XFC yang akan dirilis resmi di ajang pameran otomotif GIIAS 2023 pada 10 Agustus 2023. - (Republika/Edwin Dwi Putranto)

XForce adalah compact SUV yang memberikan rasa aman dalam pengendalian, serta dalam berbagai cuaca dan kondisi jalan sekaligus menghadirkan kegembiraan dalam kehidupan sehari-hari. President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato, mengatakan, perusahaan memastikan mobil ini memenuhi kebutuhan akan performa berkendara, kemudahan handling, interior yang nyaman, kemudahan penggunaan berbagai fitur, dan segalanya yang dituntut dari sebuah compact SUV.

“Kami telah mencurahkan hati dan jiwa ke dalam pengembangan XForce untuk menghadirkan kegembiraan berkendara sehari-hari bagi pelanggan kami,” kata Kato dalam jumpa pers di GIIAS 2023 di ICE BSD City Tangerang, Kamis (10/9/2023).

Kato menjelaskan, compact SUV ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pengemudi di kawasan ASEAN. Pun monil ini telah melalui uji coba secara berulang di kawasan tersebut. “Kami berharap Mitsubishi XForce akan menjadi teman yang paling cocok untuk setiap petualangan yang ingin dilakukan oleh para pengemudi, memberi mereka kekuatan ekstra untuk melangkah lebih jauh, dan mengalami sesuatu yang baru,” ujar dia.

photo
Pengunjung melihat Mitsubishi XFORCE yang baru diluncurkan pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (10/8/2023). Mitsubishi XFORCE merupakan kendaraan penumpang dengan model compact SUV 5 seater yang dikembangkan untuk bisa digunakan di wilayah ASEAN dan Indonesia menjadi negara pertama tempat pemasarannya.  - (Republika/Edwin Dwi Putranto)

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKS) Atsushi Kurita mengatakan, kebutuhan akan segmen compact SUV dipicu oleh faktor emosional, seperti status sosial, kepribadian, serta citra prestisius. Namun, faktor fungsional, seperti fitur yang lengkap, kenyamanan dan keamanan, serta performa kendaraan yang kuat juga menjadi elemen penting dalam memilih kendaraan yang tidak hanya dapat mendukung aktivitas sehari-hari, tapi juga rekreasi dan interaksi sosial 

Kurita optimistis kehadiran Mitsubishi XForce akan memberikan definisi baru pada segmen compact SUV di Indonesia, yang sejalan dengan preferensi beragam konsumen akan kebutuhan terhadap mobil SUV yang mengakomodasi sisi futuristik, prestigious, dan nyaman, ditunjang oleh layanan purnajual dalam tingkatan yang optimal. XForce hadir di pasar populer yang telah diisi banyak merek dengan berbagai teknologi, model, dan fitur yang ditawarkan kepada masyarakat. “Untuk itu, XForce harus menjadi game changer, seperti layaknya Xpander pada 2017 saat memasuki pasar small MPV di Indonesia yang juga sangat populer saat itu,” kata Kurita.

Terhitung sejak diluncurkan di GIIAS 2023, Mitsubishi XForce secara resmi dipasarkan di Indonesia oleh MMKSI dalam dua pilihan varian dan enam pilihan warna, dengan harga on the road (OTR):


- Mitsubishi XForce Ultimate CVT seharga Rp 412.900.000 dengan warna Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic.


- Mitsubishi XFoece Exceed CVT seharga Rp 379.900.000 dengan pilihan Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic. 

 

 
XForce harus menjadi game changer, seperti layaknya Xpander pada 2017. 
 
ATSUSHI KURITA, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKS). 
 
 

 

 

Stargazer X Resmi Meluncur

photo
PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) resmi meluncurkan produk terbarunya, Hyundai Stargazer X, di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2023). - (Republika/Umi Nur Fadhilah)

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) resmi meluncurkan produk terbarunya, Hyundai Stargazer X di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2023). Stargazer X merupakan versatile crossover yang menghadirkan pengalaman mobilitas menyenangkan serta dipadukan rangkaian fitur-fitur canggih untuk mendukung kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Indonesia sehari-hari. 

“Hyundai dengan bangga meluncurkan Stargazer X sebagai kendaraan yang bisa menjawab kebutuhan dan permintaan masyarakat dengan fitur superior hingga spesifikasi canggih yang memiliki interior luas, mewah, dan nyaman untuk memaksimalkan performa berkendara yang dinamis,” kata President Director PT Hyundai Motors Indonesia Woojune Cha di GIIAS 2023, Kamis (10/8/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Fransiscus Soerjopranoto, menjelaskan, Stargazer X didesain berdasarkan aspirasi pelanggan Indonesia. “Mengusung konsep ‘Unleash the X in You’, Hyundai Stargazer X hadir sebagai kendaraan yang menawarkan kenyamanan dan penampilan stylish bersama fitur keamanan yang lengkap untuk memberikan pengalaman mobilitas terbaik,” ujar Fransiscus.

Didesain khusus untuk pasar Indonesia, Stargazer X tersedia dalam dua warna unik. Senior Designer, Exterior Design Team Hyundai Motor Company, Jaesup Park menjelaskan Stargazer X memperkenalkan warna eksterior matte kepada pasar Indonesia untuk pertama kalinya, yaitu Optic White Matte dan Gravity Gold Matte. “Warna- warna ini memberikan sentuhan kepercayaan diri dan kekuatan untuk menarik perhatian,” kata dia. 

photo
PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) resmi meluncurkan produk terbarunya, Hyundai Stargazer X di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2023). - (Republika/Umi Nur Fadhilah)

Stargazer X menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman dan dinamis untuk sehari-hari. Mobil ini ditenagai mesin Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang menghasilkan tenaga dan torsi maksimum masing-masing 115ps/6.300rpm dan 143,8Nm/4.500rpm untuk performa mesin yang responsif.

Performa Stargazer X juga didukung oleh intelligent variable transmission (IVT). Transmisi ini dapat meningkatkan efisiensi mesin agar penggunaan bahan bakar lebih efisien. Lalu, bobot IVT lebih ringan dibanding mesin transmisi otomatis konvensional. Agar lebih efektif, Stargazer X juga dilengkapi fitur cruise control, yang menjaga laju kendaraan tetap stabil tanpa harus terus menginjak pedal gas, sehingga membuat berkendara di jalan yang lowong lebih nyaman.

Terdapat empat Drive Mode yang tersedia di Stargazer X, termasuk Eco, Normal, Smart, dan Sport, yang bisa dipilih pengguna sesuai kebutuhannya. Sebagai contoh, mode Eco untuk menghemat penggunaan bahan bakar, sementara mode Sport untuk memaksimalkan akselerasi dan performa kendaraan.

Dari sisi interior, Hyundai Stargazer X mempertahankan DNA lini Stargazer yang menawarkan kenyamanan berkendara dengan mengusung desain one-curve, terbukti dari desain interiornya yang luas. Didukung oleh dimensinya, Stargazer X memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1,710 mili meter, dan wheelbase 2.780 mm.

Stargazer X menyediakan 7-seater type yang menawarkan kenyamanan lebih saat berkendara dengan teman-teman dan keluarga, bahkan untuk jarak jauh. Demi menekankan aspek kemewahannya, Hyundai memberikan opsi konfigurasi captain seat untuk semua varian Stargazer X.

Captain seat memiliki sandaran lengan agar para penumpang di baris kedua mobil bisa rehat, serta para penumpang bisa menyesuaikan tempat duduknya sesuka hati, baik maju, mundur, tegak lurus, atau bersandar. Berkat ruang luas di area kabin mobil, para pengguna bisa merasakan kenyamanan dalam lapangnya interior Stargazer X.

photo
PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) resmi meluncurkan produk terbarunya, Hyundai Stargazer X di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2023). - (Republika/Umi Nur Fadhilah)

Tempat duduk berbahan kain atau kulit dihias dengan jahitan merah untuk menampilkan aspek keberanian dan kemewahan. Selain itu, Stargazer X juga menawarkan meja back seat untuk para penumpang di baris kedua mobil.

Stargazer X menggunakan sistem pendingin kabin Double Blower AC untuk memberikan kenyamanan maksimal. Sehingga baik pengemudi maupun penumpang bisa menikmati suasana terbaik dalam mobil, bahkan penumpang di baris ketiga.

Hyundai Stargazer X tersedia dalam berbagai warna eksterior, seperti Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Dragon Red Pearl. Stargazer X juga menawarkan varian warna eksterior baru, seperti Gravity Gold Matte dan Optic White Matte, dengan biaya tambahan sebesar Rp 3,5 juta. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat