Tren Podcast | Unsplash/Jonathan Velasquez

Gaya Hidup

Suksesnya Cerita Horor Penjaga Warkop di Sidoarjo

Konten horror memicu sensasi berbeda yang lebih menegangkan.

Platform konten audio streaming lokal Noice mencatat horor sebagai satu dari tiga genre konten terfavorit yang paling banyak didengarkan para penggunanya. Tak heran, horor memang sudah lama menjadi konten yang paling digemari masyarakat Indonesia, baik dalam bentuk film, video singkat, cerita berseri, maupun siniar atau podcast.

Di sisi lain, saat ini juga semakin banyak konten kreator yang tertarik mengeksplorasi konten bergenre horor ataupun thriller di Indonesia. Zulfikar, misalnya, konten kreator asal Sidoarjo yang juga akrab dikenal dengan nama Chow Sing Sing ini menghadirkan kontennya yang berjudul ‘Podcast Horror Night Story’ di aplikasi Noice dan saat ini telah memiliki lebih dari 600 episode.

Di sela-sela kesibukannya menjaga sebuah warung kopi (warkop) sederhana di kota Sidoarjo, ia juga menjadi pekerja lepas atau freelancer. Zulfikar kini juga mengeksplorasi kreativitasnya dengan menyempatkan diri untuk serius menggarap siniar horor yang saat ini telah memiliki basis pendengar besar dengan total hampir 70 ribu subscribers di Noice dan channel Youtube-nya.

Zulfikar mengatakan bahwa ia membuat podcast karena menyukai konten horor dan ingin agar cerita-cerita seram khas lokal ini bisa didengar oleh banyak orang. Ia pun tidak menyangka jika ternyata banyak yang mendengarkan ‘Podcast Horror Night Story’. "Membuat podcast menjadi salah satu cara saya untuk melepas penat dan menyalurkan hobi yang sangat saya nikmati, setelah seharian sibuk dengan rutinitas,” kata Zulfikar seperti dikutip dari siaran pers, Senin (7/8/2023).

Podcast Horror Night Story” telah menarik antusiasme yang cukup tinggi dari para penikmat konten horor karena pembawaan cerita di tiap episode yang dinilai menarik karena tidak hanya fokus pada cerita horor yang dibawakan, tetapi juga adanya opini atau komentar santai yang dilontarkan oleh Zulfikar sebagai host. Hal ini pun dilakukan Zulfikar untuk memberikan rasa yang lebih personal bagi pendengarnya.

Indonesia, kata dia, sangat dekat dengan kisah horor dari kultur dan klenik di berbagai daerah. Hal ini menjadi salah satu alasan kuat mengapa banyak masyarakat yang tertarik dengan genre horor. Saat dinikmati dalam format audio, konten horor memicu sensasi berbeda yang lebih menegangkan.

Selain karena memacu adrenalin, konten horor dalam format audio menghadirkan theatre of mind, lewat efek suara serta narasi horor dari sebuah konten yang akan membangkitkan beragam imajinasi di benak setiap orang berdasarkan suara yang mereka dengarkan.

“Noice memberi kemudahan bagi saya sebagai konten kreator untuk bisa mengembangkan podcast ini dengan dukungan mentoring, promosi, hingga monetisasi lewat konten VIP. Ke depannya, saya ingin bisa lebih konsisten lagi dalam memproduksi konten dan fokus meningkatkan kualitas serta kuantitas podcast ini,” kata Zulfikar.

Tingkatkan Pengalaman Digital 

photo
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dengan visinya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, berkolaborasi dengan Noice, platform audio streaming lokal Indonesia, untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif yang lebih luas di tanah air. Keduanya akan menggabungkan keahlian masing-masing dalam meningkatkan pengalaman digital dan mendukung gaya hidup masyarakat Indonesia. - (Dok Indosat Ooredoo Hutchison )

Platform audio streaming lokal Indonesia, Noice, berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif yang lebih luas di Tanah Air. Keduanya akan menggabungkan keahlian masing-masing dalam meningkatkan pengalaman digital dan mendukung gaya hidup masyarakat Indonesia.

“Kami sangat antusias dengan banyaknya peluang yang akan dibuka oleh kolaborasi strategis ini. Bersama Indosat, Noice ingin terus mendorong berkembangnya konten positif di kalangan generasi muda sekaligus memperluas ekosistem konten audio dalam industri kreatif di Indonesia,” kata Chief Business Officer Noice, Niken Sasmaya, dalam keterangannya, Senin (7/8/2023).

Kolaborasi Indosat dengan Noice hadir dalam berbagai program. Beberapa di antaranya yang telah berjalan saat ini adalah Collabonation Podcast dan program THIS (The Indosat Show) yang dapat dinikmati juga di aplikasi Noice.

Program THIS merupakan live talk show bersama bintang tamu terkemka yang diselenggarakan setiap sabtu di Indonesia Marvelous Xperience Center. Program ini bertujuan menjadi platform untuk menciptakan dan mempererat hubungan komunitas kreatif di Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NOICE (@noice.id)

Setiap pekannya akan membahas beberapa topik mengenai teknologi, musik, film, komedi dan topik menarik lainnya bersama para bintang tamu serta public figure terkenal. Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh, mengatakan bahwa kali ini bersama Noice, pihaknya ingin berkolaborasi dengan mendorong pertumbuhan industri kreatif. "Layanan Indosat yang tersebar di seluruh Indonesia akan memaksimalkan konten-konten Noice agar terekspos lebih luas lagi dan membuka peluang tanpa batas,” ujar dia.

Di sisi lain, para pelanggan Indosat juga kini bisa menikmati beragam konten podcast unggulan dari Noice di aplikasi myIM3 dan bima+. Pelanggan dari IM3 dan Tri juga akan mendapatkan manfaat dari kolaborasi ini berupa akses khusus ke acara-acara yang diinisiasi bersama, seperti workshop, konser, dan kegiatan seru lainnya.

Ke depannya, Noice dan Indosat akan terus mengeksplorasi potensi kerja sama untuk menghadirkan beragam program lainnya agar bisa terus berkontribusi dalam mengembangkan industri kreatif di Indonesia dengan lebih optimal lagi.

 
Noice memberi kemudahan dengan dukungan mentoring, promosi, hingga monetisasi. 
 
ZULFIKAR, Podcaster Horror Night Story di Noice. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat