Ketua DPP PDIP Puan Maharani (tengah) bersama Bakal Calon Presiden PDIP Ganjar Pranowo (dua kanan) dan jajaran elit partai memberikan keterangan pers di sela Rakernas PDI Perjuangan di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta, Selasa (6/6/2023). | Republika/Prayogi
Puan Maharani mengungkap enam dari 10 nama kandidat calon wakil presiden (cawapres). | Republika/Prayogi
Enam nama tersebut terdiri dari kalangan menteri, ketua umum partai politik, hingga kepala daerah. | Republika/Prayogi
Dari kalangan menteri terdapat nama Mahfud MD, Erick Thohir, Airlangga Hartarto dan Sandiaga Uno. | Republika/Prayogi.
Selanjutnya terdapat nama Agus Harimurti Yudhoyono dan Ridwan Kamil. | Republika/Prayogi

Peristiwa

Puan Ungkap 6 dari 10 Nama Kandidat Cawapres Ganjar

Enam nama tersebut terdiri dari kalangan menteri, ketua umum partai politik, hingga kepala daerah.

JAKARTA -- Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani mengungkap enam dari 10 nama kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar Pranowo. Enam nama tersebut terdiri dari kalangan menteri, ketua umum partai politik, hingga kepala daerah.

Dari sektor menteri, ada nama Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Menteri BUMN Erick Thohir. Kemudian ada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Selanjutnya ada Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Terakhir adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Nama-nama itu ya termasuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan. Kalau boleh saya sebut nama itu dan semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan," ujar Puan di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Enam dari 10 nama tersebut tentunya akan dipertimbangkan dan dibahas bersama Ganjar dengan partai politik pengusungnya. Namun ia menekankan, sosok cawapres Ganjar harus memiliki visi, misi, dan cita-cita yang sama. ';