Pedagang melayani pembeli saat acara Bandung Seuhaahh parade seblak dan batagor serta kuliner khas Bandung lainnya yang digelar Dinas Koprasi Usaha Kecil Menegah (Diskop UKM) Kota Bandung, di halaman parkir Balai Kota, Ahad (24/10). Kegiatan tersebut seba | Edi Yusuf/Republika

Kuliner

Sontek Resep Seblak Ala Rafael Tan

Sekarang isi seblak bukan hanya kerupuk saja, tetapi ada makaroni, tulang ayam, telur, hingga ceker,

Makanan seblak buatan eks anggota boyband SMASH Rafael Tan ramai diperbincangkan. Dia pun membagikan resep seblak di akun media sosial Tiktok pribadinya, @rafaell_1616.

Bahan yang diperlukan untuk membuat seblak ala Rafael ini adalah kerupuk mawar, bawang putih, bawang daun, cabai cengek, cabai rawit, kencur, garam, gula, micin, penyedap rasa, dan minyak goreng. Rafael mengungkapkan, semua bahan dikira-kira saja sesuai selera.

Cara memasaknya, iris bawang putih, kencur, cabai cengek, dan cabai rawit. Setelah selesai, ulek semua irisan tersebut sampai halus di cobek. Tambahkan gula, garam, micin, dan penyedap rasa. Kemudian, aduk rata. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rᴀғᴀᴇʟ Tᴀɴ (@rafaell_16)

Setelah itu, iris bawang daun, lalu masukkan ke bumbu halus. Kemudian sisihkan.

Selanjutnya, panaskan minyak hingga mendidih. Ketika sudah mendidih, angkat, dan tuang ke bumbu halus tadi.

Berikutnya, rebus kerupuk mawar. Setelah matang, masukkan kerupuk ke bumbu seblak. Aduk rata.

Sementara itu, chef sekaligus wirausahawan Eki Kramadibrata mengenal seblak sekitar 2000-an di Bandung sewaktu kerja di restoran. Eki mengatakan, sebenarnya kreasi ini bukan menu restoran.

Menurut Eki, dahulu seblak dikenal dengan nama CCUP. CCUP adalah singkatan dari cengek, cikur, uyah, pecin atau cabai rawit, kencur, garam, dan vetsin.

“Menurut chef yang bikin ini makanan khas Cianjur Selatan karena di sana banyak pabrik kerupuk. Jadi, cara nikmati kerupuk selain digoreng, yaitu dioseng dengan CCUP, unik juga,” ujar Eki saat dihubungi oleh Republika, Selasa (30/5/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Seblak Mama Original (SEMAOR) (@seblakmamaoriginal)

Eki juga menjelaskan, perkembangan seblak saat ini luar biasa cepat. Sekarang isi seblak bukan hanya kerupuk, melainkan ada makaroni, tulang ayam, telur, ceker, bahkan ada sayur seperti sawi hijau sebagai pelengkapnya.

Dari segi bumbu, Eki melanjutkan, juga lebih lengkap dengan bawang merah, cabai merah. Penggunaan cabai merah ini, kata dia, supaya warnanya jadi lebih menarik.

"Intinya bumbu merah plus cikur, kalau dulu CCUP cuma pakai cabai rawit hijau, cikur, bawang putih, garam, gula, dan vetsin, tapi baik dahulu dan sekarang sama enaknya sih, makanan murah meriah namun rasa khas dari kencurnya nikmat,” katanya.

 

 
Perkembangan seblak saat ini, luar biasa cepat.
EKI KRAMADIBRATA, Chef
 
 

 

Atiqah binti Zaid, Kesabaran Istri Empat Syuhada

Atiqah dikenal memiliki perangai yang lembut, paras yang cantik, dan berakhlak mulia

SELENGKAPNYA

Mengenali Jebakan Penipu yang Menawarkan Pekerjaan

Kita harus benar-benar berhati-hati ketika kita tidak dapat menemukan profil perekrut kerja kita di LinkedIn.

SELENGKAPNYA

Bangun Budaya Membaca Sejak Dini Melalui Aplikasi

Kebiasaan membaca sejak dini merupakan bagian penting dalam tahapan perkembangan kognitif anak.

SELENGKAPNYA

Ikuti Berita Republika Lainnya