Warga keturunan Tionghoa menyalakan lilin di Vihara Dharma Ramsi, Jamika, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Ahad (22/1/2023). Sembahyang dan penyalaan lilin secara bersama-sama itu dilakukan untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2574/2023. | ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA

Peristiwa

Tahun Baru Imlek di Vihara Dharma Samsi

Imlek tahun ini merupakan tahun ke 2574 menurut sistem kalender kongzili (lunar).

BANDUNG -- Petugas membantu warga keturunan Tionghoa menyalakan lilin di Vihara Dharma Ramsi, Jamika, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Ahad (22/1/2023). Etnis Tionghoa merayakan Tahun Baru Imle 2023 yang jatuh pada hari ini.

photo
Warga keturunan Tionghoa bersembahyang di Vihara Dharma Ramsi, Jamika, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Ahad (22/1/2023). - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

Imlek tahun ini merupakan tahun ke 2574 menurut sistem kalender kongzili (lunar). Di mana penanggalan dihitung berdasar perputaran bulan mengelilingi bumi.

photo
Warga keturunan Tionghoa bersembahyang di Vihara Dharma Ramsi, Jamika, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Ahad (22/1/2023).  - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

Dalam astrologi China tahun ini termasuk tahun shio Kelinci Air. Mayoritas etnis China merayaka tahun baru ini sebagai momen berkumpul dengan keluarga. Menikmat berbagai penganan khas yang hanya ditemui pada tahun baru ini.

 

photo
Warga keturunan Tionghoa menyalakan lilin di Vihara Dharma Ramsi, Jamika, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Ahad (22/1/2023). Sembahyang dan penyalaan lilin secara bersama-sama itu dilakukan untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2574/2023. - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat